Bernd Schuster - Jerman
Bernd Schuster - Jerman
Bagi seorang pemain sepak bola profesional menerima pinangan atau tawaran untuk bermain bagi salah satu klub tersohor di benua biru merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan.
Dari sekian banyak klub besar di Eropa, nama Real Madrid maupun Barcelona menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang pesepakbola.
Selain karena fasilitas latihan, faktor suporter, besaran jumlah gaji juga tentu akan menjadi pertimbangan utama seorang pemain untuk mau bergabung ke salah satu klub raksasa dari negeri matador tersebut.

 

Real madrid sendiri dikenal sebagai klub yang tak segan membayar mahal gaji seorang pemain bintang, begitupun dengan Barcelona.
Keduanya juga dikenal memiliki rivalitas panjang penuh sejarah sejak dimulai pertama kalinya kurang lebih 120 tahun yang lalu.
Meski punya rivalitas panas baik di dalam lapangan maupun di kalangan suporter kedua kubu, hal ini tidak menghalangi kedua klub untuk saling jual beli mantan pemain mereka masing-masing.

 

Berikut ini admin akan mengulas tentang 10 pemain yang sempat berseragam Barcelona maupun Real Madrid selama berkarir di lapangan hijau. Siapa sajakah para pemain tersebut? berikut daftarnya

 

– Luis Enrique | Spanyol
Luis Enrique - Spanyol
Luis Enrique – Spanyol
Enrique memulai karir profesionalnya di la liga saat memperkuat Sporting Gijon di tahun 1989. Dua tahun kemudian atau tepatnya di tahun 1991 ia bergabung ke Real Madrid dengan status bebas transfer.
Enrique berseragam Los Blancos selama lima tahun sebelum hijrah dan memperkuat klub rival, Barcelona di tahun 1996 hingga mengakhiri karirnya dan pensiun di tahun 2004.

 

– Michael Laudrup | Denmark
Michael Laudrup - Denmark
Michael Laudrup – Denmark
Pemain yang berposisi dominan sebagai pengatur serangan ini lebih dulu memperkuat Barcelona usai diboyong dari Juventus di tahun 1989.
Lima tahun kemudian ia menyeberang ke klub Rival, Real Madrid dengan biaya transfer 10 juta Euro.

 

– Gheorghe Hagi | Rumania
Gheorghe Hagi - Rumania
Gheorghe Hagi – Rumania
Pemain tengah yang identik dengan nomor punggung 10 ini memperkuat Los Blancos selama dua tahun sejak 1990 s/d 1992 sebelum kemudian pindah ke klub Serie A, Brescia.
Setelah menghabiskan dua musim bersama Brescia, Hagi kemudian diboyong ke Camp Nou dengan mahar 4 juta Euro di tahun 1994.

 

– Robert Prosinecki | Kroasia
Robert Prosinecki - Kroasia
Robert Prosinecki – Kroasia
Prosinecki membela Real Madrid selama tiga tahun sejak 1991 s/d 1994 sebelum dilego ke klub Real Oveido yang kini mentas di Segunda Liga.
Setahun membela Oveido, ia kemudian diboyong oleh Barcelona dengan biaya sebesar 3 juta Euro di tahun 1995.

 

– Javier Saviola | Argentina
Javier Saviola - Argentina
Javier Saviola – Argentina
Tahun 2001 silam Blaugrana menggelontorkan uang sebanyak 35 juta Euro demi memboyong wonderkid asal Argentina, Saviola dari klubnya River Plate.
Digadang-gadang menjadi salah satu pemain Argentina yang akan sukses di La Liga bersama Los Cules, Saviola justru lebih sering dikirim untuk mengikuti DIklat di klub lain alias dipinjamkan.
Pada tahun 2007 ia pun memilih untuk pindah ke Real Madrid dengan status bebas transfer.

 

– Samuel Eto’o | Kamerun
Samuel Eto'o - Kamerun
Samuel Eto’o – Kamerun
Penyerang asal Afrika ini merupakan produk akademi internal Real Madrid. Ia kemudian promosi ke tim utama di tahun 1998. Gagal menunjukkan performa memuaskan, Eto’o pun dijual ke Real Mallorca di tahun 2000 dengan tebusan sebesar 4 juta Euro.
Dan dari sinilah cerita kesuksesan Eto’o dimulai saat Barcelona memboyongnya ke Camp Nou dari Mallorca tahun 2004 dengan biaya sebesar 27 juta Euro.

 

– Julen Lopetegui | Spanyol
Julen Lopetegui - Spanyol
Julen Lopetegui – Spanyol
Berposisi sebagai penjaga gawang saat masih aktif sebagai pemain sepa bola, Lopetegui memperkuat Real Madrid di tahun 1989 s/d 1991.
Ia pun lalu dijual oleh Los Blancos ke klub CD Logrones dan bertahan disana selama tiga tahun. Barcelona kemudian merekrutnya dengan status bebas biaya transfer di tahun 1994.

 

– Bernd Schuster | Jerman
Bernd Schuster - Jerman
Bernd Schuster – Jerman
Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini memperkuat Barcelona selama 8 tahun sejak bergabung di tahun 1980.
Real Madrid kemudian tertarik untuk menggunakan jasanya dan merekrut sang pemain di tahun 1988.

 

– Ronaldo Nazario | Brasil
Ronaldo Nazario - Brasil
Ronaldo Nazario – Brasil
Meski hanya bermain 49 kali bersama Barcelona, Ronaldo mampu membukukan 47 gol bagi Barcelona sejak bergabung ke Camp Nou di tahun 1996 dari PSV. Ia kemudian dibeli oleh Inter Milan di tahun 1997 dengan biaya 28 juta Euro.
Real Madrid kemudian mulai menjalankan proyek Los Galacticos pertama mereka dengan mendatangkan sederet nama bintang termasuk Ronaldo dari Inter dengan biaya sebesar 45 juta Euro.

 

– Luis Figo | Portugal
Luis Figo - Portugal
Luis Figo – Portugal
Dari kesepuluh pemain yang ada dalam daftar kemungkinan Figo menjadi sosok yang kepindahannya ke Real Madrid akan selalu dikenang oleh Fans Barcelona. Figo yang mulai dicintai publik Blaugrana secara mengejutkan pindah ke klub Rival, Real Madrid.
Hal ini terjadi lantaran Figo memiliki janji pra kontrak dengan Florentino Perez yang menyebutkan bahwa Figo harus bersedia gabung ke Real Madrid jika Perez terpilih sebagai presiden baru El Real usai Nunez mundur dari jabatan presiden Real Madrid.
Figo pun tak bisa menolak untuk pergi dari Barcelona. Karena ada sebuah klausul tambahan yang tertulis, jika Figo menolak untuk pindah ke Real Madrid ketika Perez menjadi presiden, maka ia yang harus membayar kompensasi senilai 30 juta Euro.
Mantan kapten sekaligus legenda hidup Timnas Portugal tersebut sejatinya sempat meminta pertolongan Juan Gaspart (Presiden Barcelona kala itu) agar mau membayar kompensasi tersebut.
Namun Gaspart enggan membayar sepeser pun hingga Figo pun akhirnya berganti seragam dan memperkuat Real Madrid dengan biaya transfer sebesar 62 juta Euro.
Kepindahan ini pun membuat pemain yang selalu beroprasi di sisi sayap ini mendapat cap pengkhianat dari fans Barcelona sampai saat ini.