Arsenal FC
Arsenal FC
Arsene Wenger terkenal dengan penandatangan pemain cerdas sebagai pelatih Arsenal. selain itu ia juga tahu mana pemain yang pantas dijual. selama waktunya di Arsenal, Wenger selalu mengedepankan promosi tim muda Arsenal walau tidak menampik mengincar pemain bintang dan menjualnya kembali dengan harga cukup mahal. berikut 11 penjualan termahal Arsene Wenger di Arsenal:

 

11. Alex Song
Song memantapkan dirinya sebagai anggota kunci dari pasukan Wenger dan membangun kerja sama apik bersama Robin van Persie pada 2011-12. penampilan apiknya dibawah Wenger, Barcelona menggelontorkan dana besar sebesar 15 juta poundsterling. Song kemudian hijrah ke West Ham dan Rubin Kazan sebelum bergabung dengan klub Liga Super Swiss Sion pada tahun 2018.

 

10. Thierry Henry
Barcelona menghabiskan £ 16,1 juta untuk Henry pada 2007, dan ia meninggalkan Arsenal sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub, dengan dua gelar Liga Premier dan tiga Piala FA. “Saya tidak pernah mempertimbangkan untuk meninggalkan Arsenal. ‘Henry memberi tahu BeIN Sports pada tahun 2015.“ Tapi saya berusia 29 tahun dan dalam bentuk karir yang hebat, saya pikir semua orang pergi dan saya tidak tahu apakah Arsene [Wenger] akan tinggal. “Itu tidak mudah dan ketika saya pergi saya menangis. Saya tidak malu mengatakannya. Saya seorang pesaing dan saya harus pergi. ” Pemain Prancis itu membentuk trio penyerang mematikan bersama Lionel Messi dan Samuel Eto’o di Nou Camp, memenangkan treble pada 2008-09. Setelah itu di musim berikutnya, Henry bergabung dengan New York Red Bulls dan memiliki musim singkat di Arsenal sebelum menggantung sepatu pada tahun 2014.

 

9. Olivier Giroud
Giroud terbukti menjadi penjualan termahal terakhir Wenger sebagai manajer Arsenal, dengan sang striker dijual ke Chelsea seharga £ 18 juta pada hari batas waktu pada Januari 2018. Keputusan itu kembali menghantui The Gunners ketika Giroud mencetak gol melawan Arsenal dan membantu Chelsea memenangkan final Liga Eropa 2019, tetapi ia kini jarang main di tim utama Stamford Bridge.

 

8. Theo Walcott
Walcott bergabung dengan Arsenal pada tahun 2006 dan dianggap sebagai pemain besar, harus mengakhiri karirnya selama 12 tahun di klub. pemain sayap memutuskan untuk pindah sebesar £ 20 juta ke Everton untuk mencari tempat utama. Tetapi pemain berusia 30 tahun itu belum benar-benar sukses meraung di Goodison Park sejauh ini dan hanya berhasil mencetak 10 gol dalam 72 penampilan untuk The Toffees.

 

7. Nicolas Anelka
Anelka tiba di Arsenal dari PSG dengan harga hanya £ 500.000 pada tahun 1997 dan berhasil menggantikan striker legendaris Ian Wright di starting line-up. Potensi striker yang sangat besar menjadikannya salah satu properti terpanas di sepakbola dunia, dan ia bergabung dengan Real Madrid seharga £ 23 juta di tahun 1999. Namun kepindahannya tidak sama seperti di Arsenal, dan Anelka kemudian kembali ke Inggris bersama Liverpool, Manchester City, Bolton, Chelsea dan West Brom. Anelka mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 2015 setelah bermain di 12 klub yang berbeda dalam karir 19 tahun.

 

6. Robin van Persie
Van Persie menjadi musuh publik nomor satu di Arsenal pada 2012 setelah menyelesaikan kepindahannya £ 24 juta yang kontroversial ke Manchester United. “Saya pikir Anda dapat membandingkannya dengan menikah,” kata Van Persie kepada BT Sport pada tahun 2019. “Saya dan Arsenal menikah selama delapan tahun dan setelah delapan tahun istri saya agak bosan dengan saya. “Aku merasakannya. Saya memiliki banyak obrolan dengan Arsene Wenger dan Ivan Gazidis tentang penandatanganan kontrak baru tetapi mereka tidak menawarkan saya kontrak baru sehingga saya harus mencari pilihan. ” pemain asal Belanda memenangkan gelar Liga Premier di musim debutnya di United. Namun, ia tidak disukai Louis van Gaal dan dikirim ke Fenerbahce sebelum mengakhiri karirnya di Feyenoord pada 2019.

 

5. Emmanuel Adebayor
Pengambilalihan Sheikh Mansour dari Manchester City menyaksikan sejumlah besar uang mengalir ke klub dan mereka membelanjakan £ 25 juta untuk Adebayor pada 2009. Setelah mencetak gol keempat dalam kemenangan City 4-2 melawan The Gunners beberapa minggu kemudian, ia berlari sepanjang lapangan sebelum meluncur dengan lutut di depan mantan fansnya. tetapi karirnya di Man City dibekukan oleh Roberto Mancini dan menyelesaikan kepindahan permanen ke Tottenham pada 2012. Pemain internasional Togo baru-baru ini menandatangani kontrak dengan klub Paraguay Olimpia dengan status bebas transfer dan itu adalah klub profesional ke 10 yang berbeda dalam karirnya.

 

4. Samir Nasri
Nasri mengikuti jejak Adebayor dua tahun kemudian, pindah ke Etihad dengan biaya yang sama. Gelandang ini memenangkan dua gelar liga dan menghasilkan momen jenius selama lima tahun di Manchester, tetapi tidak pernah benar-benar berhasil menempati posisi tim utama. Pada 2017 dia diskors dari sepakbola selama 18 bulan setelah pelanggaran doping, dan Nasri sekarang mencoba untuk membangun kembali karirnya di Anderlecht.

 

3. Marc Overmars
Overmars mencetak 41 gol dalam 142 penampilan untuk Arsenal dan membantu klub memenangkan Liga Premier dan Piala FA di musim penuh pertama Wenger. Penampilannya tidak luput dari perhatian dan Barcelona mengontraknya dengan nilai 25 juta poundsterling pada tahun 2000, menjadikannya pemain Belanda paling mahal sepanjang masa pada saat itu. Namun, cedera mencegah Overmars mencapai ketinggian yang dia capai di Arsenal dan pemain sayap itu mengumumkan pengunduran dirinya pada 2014.

 

2. Cesc Fabregas
Fabregas baru berusia 16 ketika ia bergabung dengan Arsenal dari Barcelona dan kemudian membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia di Emirates. Menyusul saga transfer yang berlarut-larut, Barcelona menghabiskan £ 28 juta untuk membawanya kembali ke Nou Camp pada 2011, tetapi ia tidak bisa menembus kokohnya Xavi atau Andres Iniesta. Pemain berusia 32 tahun itu membuat marah para penggemar Arsenal dengan meneken kontrak bersama Chelsea tiga tahun kemudian dan ia memenangkan dua gelar liga bersama The Blues sebelum bergabung dengan Monako pada 2019.

 

1. Alex Oxlade-Chamberlain
Karier Oxlade-Chamberlain di Arsenal terhenti pada 2017 dan gelandang itu menolak menandatangani kontrak baru dan dipaksa dijual seharga £ 35 juta ke Liverpool. “Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar Arsenal yang selalu mendukung saya,” Oxlade-Chamberlain mengatakan kepada Times pada 2017. “Tapi saya tidak bisa meminta maaf atas keputusan saya untuk pergi. Saya ingin mendapatkan lebih banyak dari diri saya sendiri. “Saya merasa hal utama adalah mengeluarkan diri dari zona nyaman saya. Itu sebabnya Liverpool meminati untuk saya. ” Pemain berusia 26 tahun telah bangkit kembali dari cedera ligamen serius untuk menjadi bagian penting taktik Jurgen Klopp.