2 Kesalahan Zidane Hingga Membuat Timnya Kalah Melawan Chelsea

Dari tahun kemarin, memang manajer dari Los Blancos tidak luput dari kritikan fansnya. Bagaimana tidak? Segala taktik yang diberikan terhadap tim, kurang berakhir baik, hingga membuatnya mengalami kekalahan. Kali ini, terjadi saat melawan Chelsea.

Ketika Los Blancos telah menyerah akan ketidak berdayanya terhadap tim Thomas Tuchel, tercium beberapa keanehan dari beberapa keputusan Zidane selama pertandingan berlangsung. Setelah diselidiki, memang ada 3 kesalahan hingga mereka kalah.

Skor agregat hingga 3-1 dari mulai leg pertama hingga dua, membuatnya harus mengakui kekuatan Chelsea memang sulit ditembus. Dalam laga pagi tadi di Stamford Bridge, berikut yang mungkin menjadi sebab kenapa Los Blancos bertekuk lutut dari Chelsea.

Keputusannya Menurunkan Vinicius Pada Posisi Salah

Skor agregat akhir hingga 1-3 dengan kemenangan Chelsea, membuat banyak spekulasi bermunculan mengenai strategi yang dirancang oleh sang pelatih. Hal pertama yang dicurigai adalah posisi untuk Vinicius Junior.

Vinicius diletakkan oleh Zidane di Wing back bagian kanan. Tidak sampai disitu saja, ia meletakkannya dengan cara memaksa. Belum lagi, paksaan juga terjadi pada Eden Hazard dan Sergio Ramos untuk turun ke lapangan padahal baru sembuh dari cederanya.

Karena hal tersebut, pemilihan personil untuk masuk ke lapangan, menjadi pertanyaan untuk sang pelatih, Zinadine Zidane. Padahal sudah jelas bahwa Vinicius itu akan lebih baik bermain di sayap kiri.

Meski begitu, Zidane memiliki alasan tersendiri atas keputusan penuh resiko itu. Melihat faktanya, bahwa sekarang timnya diserang badai cedera, banyak sekali perombakan posisi di antara pemain.

Pada lama resminya, sang pelatih menyatakan bahwa posisi laga melawan Chelsea sedikit lebih berbeda. Terdapat tiga wing tengah, membuatnya harus menurunkan dua wing back, dan Vinicius bisa main di sana, yakin Zidane.

Ia kembali mengatakan bahwa semua perubahan posisi tersebut, ternyata tidak berpengaruh besar terhadap permainan mereka. Chelsea bermain dengan sangat baik. Mau tidak mau mereka mengakuinya an harus memberikan selamat.

Karena merasa dicurigai dengan alasan Vinicius salah ditempatkan hingga membuat tim kalah, Zidane kembali menegaskan bahwa segala pertimbangan sudah dipikirkan secara matang, melihat dari kondisi tim.

Zidane kembali mengatakan bahwa Vinicius telah bermain dengan baik. Tidak usah mencari-cari alasan atas kekalahan mereka. Dilihat dari laga dini hari tadi, sudah jela tim lawan bermain sangat baik hingga menang.

Formasi 3-5-2 yang Cukup Berisiko

Bertajuk pertandingan leg kedua melawan Chelsea, Los Blancos menggunakan formasi 3-5-2 untuk mempertahankan klubnya dari serangan. Banyak netizen mengungkapkan bahwa formasi tersebut membuat si raksasa Eropa justru kalah.

Maka, Zidane langsung membantah hal tersebut. Ia mengungkapkan bahwa tidak ada yang salah mengenai formasi tersebut. Sudah berulang kali juga digunakan dan cukup memberikan hasil bagus.

Hanya saja pada pertandingan di Stamford Bridge sedang kurang beruntung dan The Blues tampil luar biasa. Meski begitu, jangan salahkan formasi itu. mereka sudah tampil maksimal meski ada hal yang kurang. Dan begitulah sepak bola ada kalah dan menang.

Sang pelatih kembali menambahkan, bahwa bukan formasi yang menjadi masalahnya. Namun, terdapat minimnya peluang untuk mencetak skor. Andai saja mereka mampu mencetak 1 gol saja, mungkin hasil akhir akan seimbang.

Meski begitu, fakta di lapangan malah tim lawan yang begitu bagus memanfaatkan peluang hingga 2 kali mencetak gol. Mau disalahkan apa lagi mengenai Real Madrid. Badai cedera dan minimnya jumlah pemain bagus untuk bertanding, tidak dapat dielakkan.

Meski kalah, Zidane dan timnya telah mengakui kekuatan The Blues yang sangat bagus. Ia mengungkapkan kembali, bahwa mereka pantas menang, memang begitu keadaannya.