Tradisi penghargaan Golden Glove kepada seorang penjaga gawang dimulai sejak tahun 2004-2005, kategori untuk memenangkannya yakni jumlah clean sheet terbanyak di akhir musim Liga Premier.
pada awal musim 2015-16, nama penghargaan diubah yang sekarang dikenal: Cadbury Golden Glove. Legenda Chelsea Petr Cech memenangkan Golden Glove perdana Liga Premier pada 2005, setelah mencatat 24 clean sheet untuk raksasa London sepanjang musim.
Penghitungannya mencengangkan dan belum dikalahkan oleh kiper manapun di papan atas Inggris. Cech berbagi rekor untuk sarung tangan Golden League terbanyak dengan Joe Hart dari Manchester City.
saat ini sudah 27 pertandingan yang sudah dialkoni, tidak salahnya untuk mengetahui 3 pesaing teratas dalam perebutan Golden Glove musim ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak dibawah ini:
Dean Henderson
3. Dean Henderson
Setelah mendapatkan promosi ke divisi utama Inggris musim lalu, Sheffield United telah menikmati musim yang sukses di bawah pelatih Chris Wilder. Sementara Dean Henderson memainkan bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan klub yang sukses musim lalu, pemain berusia 22 tahun ini terus menunjukkan kualitasnya hingga sat ini.
tidak ayal, dia pantas menyandang kiper nomer 1 The Blades. penjaga gawang yang dipinjamkan dari Manchester United telah mendaftarkan sembilan clean sheet dengan rasio penyelamatan 75%. dia sukses melakukan 2,54 penyelamatan per pertandingan yang tentunya mencerminkan betapa hebatnya dia di bawah mistar.
Henderson dibuang dengan status pinjaman, dan lebih memilih mendatangkan Lee Grant sebagai lapis ke 3 dari stoke city pada 2018. Solskjaer akan berpikir ulang untuk memulangkannya. Dengan 40 poin dari 27 pertandingan, Blades saat ini berada di urutan ketujuh dalam klasemen dan hanya berjarak empat poin dari Chelsea yang berada di urutan keempat, Jika Sheffield United terus menunjukkan konsistensi yang telah mereka tunjukkan sejauh ini, kita bisa melihat mereka bermain di salah satu kompetisi elit Eropa musim depan.
Karena Jordan Pickford atau Nick Pope tidak tampil baik di Liga Premier musim ini, tempat penjaga gawang Inggris untuk Euro 2020 mendatang masih siap diperebutkan. Oleh karena itu, tidak mengejutkan melihat pelatih kepala Three Lions, Gareth Southgate, memilih Henderson sebagai kiper utama.
Ederson
2. Ederson
Ederson Moraes bergabung dengan Manchester City dengan biaya transfer £ 35 juta dari Benfica pada tahun 2017. Sejak bergabung dengan tim Pep Guardiola, sang kiper tampil mengesankan di Liga Premier, menjaga 45 clean sheet di 98 penampilan.
meskipun absen dalam 3 pertandingan karena cedera musim ini, pemain Brasil ini telah berhasil mencatat sembilan clean sheet dalam 24 penampilan Liga Premier. Jumlahnya tentu akan lebih baik jika cedera pada pemain bintang individu tidak membuat pertahanan mereka rentan. dan Ederson faktor krusial dari buruknya pertahanan bek.
kehilangan Laporte, Ederson harus membuat 46 penyelamatan sejauh ini dengan tingkat keberhasilan 67,65%. Pemain berusia 26 tahun ini memiliki rata-rata 1,92 penyelamatan per pertandingan dan telah mempertahankan dirinya dengan baik dan benar-benar dalam pertarungan untuk penghargaan Golden Glove Liga Premier 2019-20.
Dengan Laporte kembali di pertahanan, City berhasil memasukkan dua clean sheet dalam dua kemenangan terakhir mereka atas West Ham United dan Leicester City. Ederson sekarang harus mencari penghargaan individu karena gelar Liga Premier musim ini tampaknya semakin dekat dengan Liverpool.
Alisson Becker
1. Alisson Becker
Alisson Becker telah menjadi salah satu penandatanganan yang paling terkenal bagi tim Liverpool sejak Jurgen Klopp mengambil pekerjaan manajerial di klub Merseyside pada tahun 2015.
Musim lalu, pemain berusia 27 tahun ini memenangkan Premier League Golden Glove dengan menjaga 21 clean sheet untuk tim merah Anfield. Musim ini, pemain Brasil ini mencatatkan clean sheet terbanyak (10) di papan atas Inggris dan hanya kebobolan delapan gol yang menunjukkan betapa kuat pertahanan Liverpool yang berfilosofi menyerang.
Meskipun bermain di belakang salah satu garis pertahanan paling andal di liga, Alisson telah mencatat 2,26 penyelamatan per pertandingan dengan rasio keberhasilan yang luar biasa sebesar 84,31%. Pertahanan yang solid juga bisa membantu Alisson mengumpulkan clean sheet terbanyak di akhir musim dan mengamankan Golden Glove keduanya di Premier League.