5 Kiper Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League, Manchester United Kirim 2 Wakil

Memiliki kiper handal pasti membuat rekan setimnya tenang dalam bermain. Karna peran kiper sangat penting untuk mengawal gawangnya agar tidak dibobol. Kali ini kami akan memberikan 5 kiper terbaik sepanjang sejarah premier league:

5. David James

Hingga kini David James masih memegang rekor sebagai kiper dengan penampilan terbanyak di Premier League.

Selama kariernya, mantan pemain Portsmouth itu sudah tampil sebanyak 572 pertandingan dengan durasi bermain 51.299 menit.

Pemain yang juga pernah membela Liverpool itu sudah mengumpulkan 172 clean sheet dan telah kemasukan 665 gol di Premier League.

Pada tahun 1995 James memenangi Piala Liga bersama Liverpool dan FA Cup saat bermain untuk Portsmouth di tahun 2008.

James memutuskan pensiun pada tahun 2014 bersama Kerala Blasters, tim elite asal India yang merupakan klub terakhirnya.

 5 Kiper Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League, Manchester United Kirim 2 Wakil

4. Peter Cech

15 musim malang melintang di Premier League, Peter Cech tercatat sebagai kiper dengan jumlah clean sheet yaitu 331 clean sheet dan kebobolan sebanyak 657 gol dalam 749 penampilan.

Cech meraih puncak kesuksesannya kala masih bermain untuk Chelsea dengan memenangi sejumlah gelar, seperti 4 gelar Liga Premier Inggris, 4 FA Cup, 1 trofi Liga Champions, dan 1 gelar UEFA Europe League.

Sementara ketika membela Arsenal, Cech sukses merengkuh FA Cup dan Community Shield.

3. David Seaman

Belum ada yang bisa menggantikan posisi David Seaman sebagai kiper terbaik sepanjang sejarah Arsenal hingga kini.

Selama berkiprah di Premier League, Seaman sudah bermain di 344 pertandingan dengan 144 clean sheet dan jumlah kebobolan 291 gol serta 30.754 menit bermain.

Bersama Arsenal, mantan kiper nomor satu timnas Inggris itu memenangi tiga gelar Liga Inggris, yakni pada musim 1990/91, 1997/98, dan 2001/02, 4 gelar FA Cup dan satu gelar UEFA Cup Winners.

Seaman menggantungkan sarung tangannya di musim 2003/2004 setelah memperkuat Manchester City dan tampil 19 kali.

2. Edwin Van Der Sar

Siapa sangka penjaga gawang sekelas Edwin Van Der Sar pernah dibuang Juventus dan setelah itu hanya memperkuat tim seperti Fulham sebelum akhirnya menemui kesuksesan bersama Manchester United setelah direkrut oleh Sir Alex Ferguson untuk menggantikan posisi Peter Schmeichel.

Van Der Sar sudah tampil di 313 pertandingan dengan durasi bermain 27.874 dengan kebobolan 302 gol serta mengoleksi 135 clean sheet di Premier League.

Pemain yang pernah membela Ajax Amsterdam itu berhasil mengumpulkan banyak gelar bergengsi bersama Manchester United, diantaranya adalah gelar Liga Premier Inggris, 2 Piala Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, dan 1 gelar FIFA Club World Cup.

Pada tahun 2011, Van Der mengumumkan untuk pensiun dengan menyandang predikat salah satu penjaga gawang terbaik Manchester United dan Premier League.

1. Peter Schmeichel

Diantara semua penjaga gawang di daftar ini, nama Peter Schmeichel sangat layak berada di peringkat nomor 1 sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah Premier League.

Schmeichel melakoni 310 pertandingan dengan durasi bermain 27.586 menit dan kebobolan 287 gol serta mencetak 129 clean sheet.

Schmeichel yang memperkuat Manchester United dari tahun 1991 hingga 1999 telah berhasil mempersembahkan banyak gelar bergengsi bagi The Red Devils.

Beberapa diantaranya adalah 5 gelar Liga Premier Inggris, 3 trofi FA Cup, 1 gelar Liga Champions dan 1 piala UEFA Super Cup.

Namun dari semuanya yang paling fenomenal dan tak terlupakan adalah raihan Treble Winners pada tahun 1999.

Schmeichel resmi mengakhiri kariernya pada 1 Juli 2003 di Manchester City setelah sebelumnya sempat bergabung dengan Sporting Lisbon dan Aston Villa.

Schmeichel bukan penjaga gawang yang dibekali skill komplit saja tapi juga penjaga gawang yang memiliki karakter keras yang bisa mengintimidasi setiap lawannya.