5 Pelatih Yang Terancam Dipecat Awal Musim Liga Inggris 22/23
5 Pelatih Yang Terancam Dipecat Awal Musim Liga Inggris 22/23

Selain duel antar tim Liga Inggris, nasib para pelatih juga patut dicermati, ada 5 pelatih yang terancam dipecat lebih awal karena tak mampu memenuhi ekspetasi.

Seperti yang kita ketahui, Premier League dikenal sebagai salah satu liga yang paling keras. Layaknya yang terjadi pada musim lalu, ada beberapa pelatih yang harus mengakhiri karirnya dengan lebih cepat.

Sebut saja Xisco Munoz, Steve Bruce, Sean Dyche, Dean Smith Daniel Farke, bahkan Ole Gunnar Solskjaer.

Musim ini pun diyakini tidak akan jauh berbeda, pelatih-pelatih yang dianggap gagal harus segera angkat kaki karena klub harus menjaga level mereka.

Diantara para pelatih Liga Inggris musim ini, ada 5 nama yang harus waspada menghadapi pemecatan. Berikut adalah para pelatih tersebut.

Ralph Hasenhuttl (Southampton)

Ralph Hasenhuttl
Ralph Hasenhuttl

Di tangan Raplh Hasenhuttl performa Southampton musim lalu dinilai amat buruk, terlebih timnya pernah mengalami kekalahan dengan skor 0-9 sebanyak dua kali. Skor tersebut didapat ketika melawan Leicester City dan Manchester United.

Tentu saja hal tersebut membuat posisinya menjadi goyah. Terlebih Hasenhuttl juga tak bisa memberikan dampak positif bagi Southampton untuk menjadi tim yang lebih kuat.

Jesse Marsch (Leeds United)

Jesse Marsch
Jesse Marsch

Pelatih asal Amerika Serikat ini awalnya dianggap mampu untuk meneruskan warisan Mercelo Bielsa. Marsch yang dipercaya untuk menukangi Leeds United membawa mereka bertahan di Premier League dengan susah payah.

Apalagi ia harus kehilangan 2 bintang andalannya yaitu Raphinha yang memilih hengkang ke Barcelona, dan Kalvin Phillips ke Man City.

Ditambah skuad The Whites juga kesulitan untuk mendatangkan pemain baru sebagai pengganti pemain yang keluar. Yang mana apabila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin Marsch menjadi pelatih yang terancam dipecat sebelum pertengahan musim.

Frank Lampard (Everton)

Frank Lampard
Frank Lampard

Everton mempercayakan kursi kepelatihan pada eks legenda Chelsea, Frank Lampard demi membawa tim bangkit dan menghindari degradasi.

Meski musim lalu mampu meraih sejumlah hasil positif di awal tetapi semakin kesini, Everton sepertinya mulai kehilangan arah.

Nyaris degradasi, mereka beruntung bisa meminimalisir kekalahan dalam lima pertandingan terakhir, selain itu hasil buruk dari tim-tim lain turut membantu Everton bertahan di Liga Inggris dengan finis di posisi ke 16.

Eddie Howe (Newcastle)

Eddie Howe
Eddie Howe

Pada November 2021, Eddie Howe ditunjuk untuk menggantikan Steve Bruce melatih Newcastle United.

Dalam waktu singkat, Howe mampu memperbaiki posisi Newcastle dan finis pada peringkat 11 Liga Inggris musim lalu. Namun begitu bukan berarti dirinya lepas dari ancaman pemecatan.

Usai berganti kepemilikan pada Miliarder Arab Saudi, tentunya ekspetasi akan kemampuan Howe semakin tinggi, mengingat Newcastle kini didukung dengan pemain-pemain ternama.

Thomas Tuchel (Chelsea)

Thomas Tuchel
Thomas Tuchel

Pelatih asal Jerman ini tentunya akan menjadi sorotan setelah Chelsea kehilangan beberapa pemainnya dan kesulitan untuk mendatangkan pemain baru.

Karena hal tersebut, penampilan Chelsea di pertandingan pramusim menjadi kurang konsisten. Dari empat kali bertanding, mereka hanya mampu menang sebanyak 2 kali dan 2 kali menelan kekalahan.

Meski mampu mencapai final Piala FA dan Piala Liga Inggris, mereka harus kalah dari Liverpool.