Scott McTominay (Manchester United)
Scott McTominay (Manchester United)
Siapa yang tak kenal dengan pelatih yang selalu dikeliling prestasi dan kontroversi yaikni Jose Mourinho. Selama ia berkarir banyak pemain muda yang diorbitkannya menjadi pemain bintang. Dan berikut ini diantaranya ada 5 wonderkid yang berhasil ia orbitkan.

 

1. John Obi Mikel (Chelsea)
John Obi Mikel (Chelsea)
John Obi Mikel (Chelsea)
John Obi Mikel diboyong Jose Mourinho dari klub asal Norwegia, Lyn, di masa terakhir kepemimpinannya di Chelsea. FYI, sebelum mendarat di Stamford Bridge, John Obi Mikel sebenarnya hampir saja bergabung dengan Manchester United.
Tapi di masa injury time Chelsea berhasil menikung Manchester United untuk mendatangkan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu.
John Obi Mikel berhasil merebut hati Mourinho karena mampu tampil sebanyak 42 kali di musim debutnya bersama Chelsea. Pria asal Nigeria itu bertahan di Chelsea hingga tahun 2017 sebelum pindah ke negeri tirai bambu.

 

2. Mario Balotelli (Inter Milan)
Mario Balotelli (Inter Milan)
Mario Balotelli (Inter Milan)
Usai berpisah dengan Chelsea, Jose Mourinho melanjutkan karier kepelatihannya di Serie-A untuk membesut Inter Milan. Di klub asal kota mode itu, Jose Mourinho mengorbitkan pemain muda berbakat milik klub tersebut, yaitu Mario Balotelli.
Pada pertandingan persahabatan melawan Sheffield United, Jose Mourinho menurunkan Mario Balotelli yang waktu itu masih berusia 17 tahun. Jose Mourinho sendiri baru memberi debut mantan pemain Manchester City dan Liverpool debut di Serie-A pada Desember 2007.
Mario Balotelli yang memperkuat Inter Milan selama 3 musim sudah bermain sebanyak 86 pertandingan dengan koleksi 28 gol. Sebenarnya, Mario Balotelli memiliki potensi untuk menjadi pemain bintang jika saja ia tidak bermasalah dengan kedisiplinannya. Karena dikenal sebagai pemain yang bengal, karier Mario Balotelli pun terus merosot.

 

3. Raphael Varane (Real Madrid)
Raphael Varane (Real Madrid)
Raphael Varane (Real Madrid)
Ketika menangani Real Madrid, Jose Mourinho merekrut seorang bek muda, Raphael Varane dari klub asal Perancis, Lens, seharga 10 juta euro pada tahun 2011. Sebelumnya, Jose Mourinho mendapat informasi jika ada pemuda berusia 18 tahun yang tampil mengesankan di Liga Perancis.
Raphael Varane hanya diberi kesempatan bermain sebanyak 15 kali di musim perdananya bersama Los Blancos, tapi di musim keduanya Jose Mourinho memberi jatah bermain lebih banyak dengan 33 kali pertandingan.
Meskipun sering mengalami cedera, tapi bersama Sergio Ramos, Varane hingga kini masih menjadi andalan di lini belakang El Real.

 

4. Arjen Robben (Chelsea)
Arjen Robben (Chelsea)
Arjen Robben (Chelsea)
Jose Mourinho pernah mendatangkan sejumlah pemain muda kala masih melatih Chelsea dan salah satunya adalah Arjen Robben.
Arjen Robben yang waktu itu berusia 20 tahun didatangkan Mou dari klub asal Belanda, PSV Eindhoven dan langsung menjadi pemain andalan di lini tengah Chelsea.
Bersama Chelsea, Arjen Robben membuat 105 penampilannya dengan sumbangan 19 gol. Setelah Jose Mourinho angkat kaki dari Stamford Bridge pada tahun 2007, Robben pun memutuskan untuk hengkang menuju Real Madrid.
Di klub asal ibukota Spanyol itu, penampilan Arjen Robben justru malah menurun. Arjen Robben baru bisa menunjukkan kembali permainan terbaiknya setelah bermain untuk Bayern Munchen.

 

5. Scott McTominay (Manchester United)
Scott McTominay (Manchester United)
Scott McTominay (Manchester United)
Wonderkid terakhir yang berhasil diorbitkan Jose Mourinho adalah pemain milik Manchester United, Scott McTominay.
Jose Mourinho memberi kesempatan debut bagi McTominay di tim senior Manchester United menjelang akhir musim 2016/2017.
Tapi di musim berikutnya, Jose Mourinho lebih sering menurunkan pria asal Skotlandia itu. Di masa kepemimpinan Ole Gunnar Solskjaer, posisi McTominay di lini tengah Manchester United tetap tergantikan.
Bersama Fred, McTominay mampu mengendalikan dan menjaga keseimbangan permainan The Red Devils.