6 Pesepak Bola Legendaris Yang Sanggup Bermain Hingga Usia 40 Tahun

Rata-rata pemain sepakbola hanya sanggup bersaing sampai batas 35 tahun. Tapi tidak dengan 6 pemain legendaris ini yang sanggup bermain hingga usia 40 tahun:

1. Claudio Pizarro

Werder Bremen dan Bayern Munchen menjadi dua klub Bundesliga yang dijadikan oleh Claudio Pizarro untuk menghabisi sebagian besar karier sepak bola profesionalnya.

Selama bermain untuk dua klub tersebut, Claudio Pizzaro telah menyabet 6 gelar liga, 5 trofi DFB Pokal, dan 1 Piala Liga Champions.

Claudio Pizzaro hingga kini masih tetap aktif bermain meskipun usianya sudah menyentuh angka 41 tahun.

Hebatnya lagi, musim lalu ia dinobatkan sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol di Bundesliga.

Rencananya, akhir musim ini Claudio Pizzaro akan memutuskan untuk gantung sepatu, insya Allah.

6 Pesepak Bola Legendaris Yang Sanggup Bermain Hingga Usia 40 Tahun

2. Gianluigi Buffon

Mantan kiper nomor satu timnas Italia yang kini membela Juventus pada 28 Januari 2020 yang lalu resmi menginjak usia 42 tahun.

Di usianya yang sudah tak muda lagi, pemain yang menjulang namanya saat masih membela Parma itu masih tetap eksis hingga saat ini.

Bergantian dengan kiper asal Polandia, Wojciech Szczesny, Gianluigi Buffon bahu membahu menjaga tembok pertahanan The Old Lady.

3. Rivaldo

Nama Rivaldo di sejajarkan dengan legenda sepak bola terbaik Brazil lainnya, seperti Pele, Zico, Romario ataupun Ronaldo.

Rivaldo sudah menghabiskan waktunya selama 23 tahun sebagai seorang pesepak bola profesional.

Dalam kurun waktu tersebut, Rivaldo pernah bermain untuk 15 klub berbeda, termasuk Barcelona dan AC Milan.

Pada tahun 2015 silam, pemain yang pernah membawa Brazil juara Piala Dunia tahun 2002 ini resmi pensiun di usianya yang ke-43 tahun dan Klub asal Brasil, Mogi Mirim, menjadi klub terakhir yang diperkuat Rivaldo.

4. Francesco Totti

Francesco Totti mulai mengabdikan dirinya untuk AS Roma pada tahun 1993 hingga tahun 2017.

Pria kelahiran 27 September 1976 itu bermain untuk AS Roma hingga usia 40 tahun dan seluruh kariernya dihabiskan hanya untuk klub asal ibukota Italia itu.

Selama bermain untuk I Giallorossi, Francesco Totti telah tampil sebanyak 785 kali dengan torehan 307 gol dan 139 assist.

Prestasi tertinggi Francesco Totti untuk Roma adalah gelar Scudetto dan untuk timnas Italia adalah trofi Piala Dunia.

5. Paolo Maldini

Sama seperti Francesco Totti, sepanjang kariernya, Paolo Maldini yang memulai debutnya bersama AC Milan pada 1 Juli 1985 itu menghabiskan seluruh karier sepak bolanya hanya untuk I Rossoneri.

Paolo Maldini pensiun pada tahun 2009 setelah bermain lebih dari 900 pertandingan untuk AC Milan di usianya yang ke-41 tahun.

26 trofi, termasuk 7 gelar Serie A dan 5 trofi Liga Champions adalah prestasi Paolo Maldini bersama klub asal kota mode itu.

6. Ryan Giggs

Satu lagi pemain yang sepanjang kariernya dihabiskan hanya untuk satu klub dan bermain hingga usia 40 tahun, yakni Ryan Giggs.

Ryan Giggs pertama kali masuk tim utama Manchester United pada tahun 1990 dan gantung sepatu pada tahun 2014 di usia 40 tahun.

Selama membela Manchester United, total pria asal Wales itu sudah mengoleksi 34 gelar juara.

Sebagai salah satu pemain legendaris, ada satu kekurangan terbesar dalam riwayat karier Ryan Giggs, yaitu tak pernah sekalipun merasakan berlaga di Piala Dunia.

Itulah enam pemain legendaris yang masih sanggup bermain hingga usia 40 tahun. Mereka masih sanggup bermain karna sangat menjaga keseimbangan pada tubuh mereka.