6 Selebrasi Unik yang Dilakukan Pesepak Bola Indonesia
Yabes Roni dan Miftahul Hamdi

Ada banyak hal yang membuat sepak bola menjadi populer di dunia, salah satunya gol selebrasi yang kerap dilakukan pemain-pemainnya. Hal ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri sehingga membuat permainan sepak bola menjadi menyenangkan untuk ditonton. Simak beberapa selebrasi yang dilakukan oleh pesepak bola Indonesia.

Ini Dia 6 Selebrasi Unik yang Pernah Dilakukan Oleh Pesepak Bola Indonesia

Evan Dimas
Evan Dimas

Inilah enam selebrasi gol paling unik yang dilakukan oleh pemain-pemain Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini

  1. Selebrasi Gol Hukum Pelatih

Ada sejarah selebrasi lucu yang pernah dihadirkan oleh pesepak bola Indonesia. Peristiwa itu terjadi ketika Madiun Putra keluar sebagai juara dari PSBI Blitar. Setelah Madiun Putra membuat gol, Nova Arianto selaku pelatih mendapat hukuman dari para pemainnya.

Dimana Nova dihukum push-up di depan para pemain yang sedang melakukan selebrasi. Tidak heran bila momen tersebut berhasil mencuri perhatian massa.

  1. Selebrasi Cinta Untuk Kekasih

Seperti yang kita tahu, selebrasi terkadang menjadi momen khusus untuk menyampaikan pesan, misalnya kepada orang tersayang. Evan Dimas adalah salah satu pemain yang pernah melakukan hal tersebut.

Dikala masih muda, usai cetak gol untuk timnas Indonesia. Dirinya melakukan selebrasi dengan membentuk tanda hati pada tangannya. Diduga, selebrasi itu ditujukan untuk sang kekasih.

  1. Selebrasi Sebagai Bentuk Penghormatan

Empat tahun lalu ada selebrasi luar biasa yang dilakukan Persipura Jayapura ketika mencetak gol atas Persija Jakarta. Usai mencetak gol, para pemain Persipura melakukan perayaan dengan memberikan penghormatan kepada mendiang Choirul Huda.

Ya, kapten Persela Lamongan itu meninggal dunia pada 15 Oktober 2017. Ia tewas setelah bertabrakan dengan pemain lawan ketika sedang membela Persela.

  1. Selebrasi Dalam Bentuk Toleransi

Selebrasi satu ini pernah dilakukan oleh pesepak bola asal Bali ketika melawan Borneo FC empat tahun lalu. Ketika Bali United mencetak gol, dua pemainnya langsung melakukan selebrasi dengan keyakinan masing-masing.

Ia adalah Yabes Roni yang merayakan hal tersebut dengan tangan terkepal sembari berdoa. Rekan setimnya, Miftahul Hamdi, juga ikut merayakan gol tersebut dengan sujud syukur. Inilah yang menjadi bukti keberagaman di tim Bali United.

  1. Selebrasi Ejek Lawan

Tidak bisa dipungkiri, selebrasi terkadang juga mengundang kontra karena mengejek lawan. Hal ini pernah dilakukan ketika PSCS Cilacap melawan PSIS Semarang beberapa waktu yang lalu.

Saat itu, Andesi Setyo Prabowo selaku pemain PSCS melakukan selebrasi. Bagaimana tidak, tangan kiri Andesi mengacungkan jari tengahnya pada bangku pemain PSIS.

Sangat disayangkan karena perilaku ini tidak menjunjung tinggi sportivitas yang harusnya diterapkan pada setiap pertandingan olahraga.

  1. Gaya Tukul Arwana

Jangan salah, Marcio Souza cukup mengagumi komedian asal Indonesia, tidak lain adalah Tukul Arwana. Saking ngefans nya, mantan pemain Brasil tersebut mampu memperagakan gaya Tukul untuk merayakan golnya.

Mantan penyerang Persela tersebut akan bertepuk tangan secara vertikal lalu menarik-narik bibirnya seperti sang tokoh komedian. Momen ini pernah dilakukannya ketika melawan Persib pada 18 April 2007.

Gol yang ia cetak pada menit ke 18 langsung disusul dengan selebrasi ala Tukul Arwana. Lalu pada Mei 2016, Marcio telah menyebabkan kegemparan publik. Pemain asal Brasil tersebut dikabarkan terlibat kasus pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia.

Seperti yang kita tahu, Marcio Souza memulai karirnya dengan bergabung bersama persela lamongan pada tahun 2006. Namun kini dirinya sudah pensiun alias gantung sepatu.

Ya, setiap pemain pasti punya cara tersendiri untuk selebrasi di lapangan. Asalkan tindakan tersebut tidak melanggar aturan permainan, tentu saja diperbolehkan.