BArcelona
Saat Barcelona mendatangkan mantan striker Middlesbrough Martin Braithwaite, beberapa orang mungkin akan bertanya-tanya, apa iya klub Catalan itu ingin memperpanjang daftar pemain yang terlupakan dalam sejarah klub?
Memang sih, saat memikirkan Barcelona, kalian akan teringat dengan nama-nama pemain hebat yang bisa dipilih dengan mudah. Lionel Messi, Xavi, Andrés Iniesta, Romario, Rivaldo, hingga Ronaldinho. Tentu tidak sulit untuk mengeluarkan daftar tersebut. Namun, tidak semua karier setiap pemain yang membela Barcelona berjalan mulus. Beberapa di antaranya susah payah untuk meninggalkan jejak dan kesan terbaik, yang pada akhirnya berujung dengan sia-sia. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), berikut adalah sederet nama pemain Barcelona yang sudah dilupakan publik Camp Nou.
CHRISTOPHE DUGARRY
1. CHRISTOPHE DUGARRY – DARI AC MILAN (1997)
Barcelona membuat sebuah gebrakan ketika pada tahun 1997 mendatangkan Dugarry dan Michael Reiziger dari AC Milan dengan total biaya 9 juta Euro. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), Reiziger memang membuat lebih dari 200 penampilan untuk Barca, tapi Dugarry malah menjalani musim yang buruk dan hanya tampil total tujuh kali untuk Barcelona. Payahnya lagi, Dugarry yang berposisi sebagai striker sama sekali tidak sanggup mencetak satu gol pun untuk mengesankan Louis van Gaal. Dugarry kemudian dibekukan sebelum pindah ke tanah kelahirannya untuk bermain dengan Marseille dan Bordeaux. Namun, secara mengejutkan, Dugarry malah memenangkan Piala Dunia bersama Prancis pada tahun 1998.
PHILIPPE CHRISTANVAL
2. PHILIPPE CHRISTANVAL – DARI MONACO (2001)
Bek tengah asal Prancis, yang juga merupakan penggemar Barca sejak kecil ini dibeli dengan harga 6,5 juta Euro dari Monaco pada musim panas 2001. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), Christanval menghabiskan dua musim di raksasa Catalan sebelum kembali ke Prancis untuk bergabung dengan Marseille pada tahun 2003. Christanval kemudian pindah ke Liga Inggris dan bergabung dengan Fulham, menyusul uji cobanya yang gagal di Arsenal. Ia kemudian pensiun pada usia 31 tahun.
DOUGLAS
3. DOUGLAS – DARI SÃO PAULO (2014)
Barcelona telah memiliki beberapa bintang Samba yang luar biasa selama bertahun-tahun, dan sayangnya, Douglas bukan salah satu dari mereka. Douglas bergabung dengan Barca pada musim panas 2014 dengan harga 4 juta Euro dari São Paulo, tetapi ia menjalani debut yang buruk saat melawan Malaga. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), Douglas akhirnya hanya membuat delapan penampilan dalam dua musim bersama Barcelona. Pemain berusia 29 tahun tersebut saat ini bermain untuk klub Turki, Beşiktaş.
4. GEOVANNI – DARI CRUZEIRO (2001)
Geovanni hanya mencatatkan sekitar 30 penampilan selama dua musim bersama Barcelona. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu didatangkan dari Cruzeiro pada 2001, tetapi kemudian dipinjamkan ke Benfica, sebelum raksasa Portugal itu mengikatnya dengan status permanen secara gratis. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), Geovanni mungkin lebih dikenang sebagai pemain Liga Inggris karena pernah membela Manchester City dan Hull.
Dmytro Chygrynskiy
5. DMYTRO CHYGRYNSKIY – DARI SHAKHTAR DONETSK (2009)
Melansir FourFourTwo (01/3/2020), pembelian Chygrynskiy bisa dibilang cukup aneh. Pertandingan terakhir pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu untuk Shakhtar adalah ketika timnya kalah di Piala Super UEFA melawan Barca, tim yang kelak akan dibelanya. Chygrynskiy dibeli dengan harga 25 juta Euro pada 2009. Pemain asal Ukraina ini menghabiskan satu musim di Catalonia dan hanya tampil 14 kali, sebelum kembali ke Shakhtar dengan biaya 15 juta Euro pada tahun berikutnya.
HENRIQUE
6. HENRIQUE – DARI PALMEIRAS (2008)
Henrique tak pernah sekali pun tampil dalam empat musim kariernya di Camp Nou. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), ia kemudian dipinjamkan tiga kali ke Bayer Leverkusen, Racing Santander, dan ke klub asalnya Palmeiras. Henrique bahkan bergabung lagi dengan Palmeiras secara permanen. Henrique sempat kembali ke Eropa dalam waktu yang singkat, menghabiskan satu musim di Napoli. Terakhir, ia bermain untuk Ittihad Kalba di UAE Pro League.
ALEX SONG
7. ALEX SONG – DARI ARSENAL (2012)
Alex Song direkrut Barcelona pada musim panas 2012. Melansir FourFourTwo (01/3/2020), pemain asal Kamerun itu diharapkan bisa menjadi gelandang bertahan sekaligus bek tengah yang berpengaruh bagi Barcelona. Namun, ia tidak pernah cocok dengan gaya permainan Barcelona dan kerap tampil buruk ketika dipercaya bermain sejak menit awal. Setelah dua musim, Song pergi untuk bergabung dengan West Ham.