Bakal Ada Tekanan, Aji Santoso Siapkan Mental Anak Asuhnya
Bakal Ada Tekanan, Aji Santoso Siapkan Mental Anak Asuhnya

Aji Santoso, selaku pelatih Tim Persebaya Surabaya menghadapi persoalan ketika bertemu dengan Tim Persis Solo. Penyebabnya, pertandingan uji coba Surabaya Game tersebut sudah dapat dihadiri penonton.

Kedua tim, Persebaya dan Persis akan bertemu dalam laga Surabaya Game yang rencananya berlangsung di Gelora Bung Tomo. Pertandingan ini adalah bagian dari peringatan HUT Surabaya ke 729.

Atmosfer pertandingan semakin terasa dengan adanya bonek yang telah lama menunggu momen agar dapat menonton langsung Persebaya bertanding di stadion. Sudah 2 tahun lamanya bonek menahan rindu karena pertandingan harus berlangsung tanpa dapat dihadiri penonton.

Sejumlah pemain baru dituntut segera menyesuaikan diri dengan permainan Bajul Ijo. Maklum, Persebaya melakukan banyak perubahan komposisi skuat, karena mayoritas pemain lama memilih hengkang. Gantinya, pelatih akhirnya mencoba pemain muda.

Ujian Bagi Para Pemain Muda

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya

Aji Santoso mengaku bahwa kemungkinan pemain muda akan tertekan dengan hadirnya penonton yang memenuhi stadion. Sebab, bagi mereka untuk dapat tampil mengesankan di depan ribuan supporter adalah hal yang tak mudah.

Aji Santoso mengatakan para pemain muda nantinya akan dilihat banyak orang, tentu itu menjadi latihan mental. Walaupun uji coba, anak didiknya akan berusaha semaksimal mungkin tampil bagus dan memenangkan laga.

Dirinya juga mengatakan bahwa anak didiknya telah lama libur dan dirinya tidak memiliki ekspektasi tinggi. Anak didik barunya itu masih perlu beradaptasi, ini adalah permainan pertama kali mereka di GBT.

Aji Santoso mengatakan kepada mereka, bahwa mereka bermain untuk ditonton penggemar, jadi harus senang. Karena apabila mainnya bagus dan bisa mencetak gol, para penonton akan gembira.

Bahkan dirinya mengatakan, kalau bisa bermain bagus dan mencetak gol lewat open play. Semisal banyak penonton, harusnya mereka bisa lebih tenang juga bisa menikmati pertandingan.

Disambut Antusias dari Penonton

Supporter Persebaya
Supporter Persebaya

Tidak hanya bonek saja, namun seluruh masyarakat Surabaya juga menyambut pertandingan ini dengan antusias. Cukup dimaklumi, karena sudah lebih dari 2 tahun, pertandingan bola di Indonesia tidak boleh diikuti oleh penonton.

Hal disebabkan karena pandemi COVID 19, tidak hanya itu saja, para pedagang yang biasanya berdagang di stadion juga terkena dampaknya. Keberadaan penonton nantinya juga akan menghadirkan kembali pedagang di stadion.

Duel dalam Surabaya Game ini akan menjadi pertandingan pertama di Indonesia yang bisa dihadiri penonton dalam jumlah banyak di stadion. Panitia pelaksana menyediakan 33 ribu tiket yang telah terjual ludes.

Padahal harga tiketnya tidak murah, untuk tiket ekonomi atau fans dijual dengan harga 75 ribu rupiah. Sedangkan untuk tiket VVIP atau superfans dibanderol harga 350 ribu rupiah.

Semua penjual tiket itu dijual secara online, ada 33 ribu tiket dan semua telah ludes terjual. Syarat penting agar bisa mendapatkan tiket adalah booster atau vaksin dosis ke 3.

Sebelumnya, bahkan para bonek sangat bersemangat mengikuti program vaksin yang diadakan Pemkot Surabaya. Hal tersebut demi bisa menyaksikan kembali secara langsung tim kebanggaannya itu bertanding.

Aji Santoso, sang pelatih mengatakan, tidak itu saja, semua pelatih dan para pemain juga sangat senang sudah diizinkan ada penonton. Dirinya mengatakan, hal ini menjadi motivasi bagi dia dan anak didiknya.

Agar bisa menang di pertandingan nanti dan tidak mengecewakan para penggemar Persebaya. Dirinya juga berharap semoga musim depan prestasi Persebaya dapat lebih baik lagi dari sebelumnya.

Maka dari itu, tim Bajul Ijo terus berlatih keras untuk menyambut pertandingan nanti. Aji Santoso juga tidak lelah-lelahnya terus memberi semangat serta dorongan untuk para pemain mudanya itu.

Sebab ini adalah kali pertama mereka bertanding di Gelora Bung Tomo dan dilihat oleh ribuan supporter. Namun dia tetap yakin, bahwa semua anak didiknya bisa mengatasi ini dan memenangkan pertandingan.