Alessandro Bastoni, Bek Tengah Timnas Italia
Alessandro Bastoni, Bek Tengah Timnas Italia

Alessandro Bastoni adalah pemain bola yang berasal dari Casalmaggiore, sebuah kota di provinsi Cremona, Italia. Pemuda yang lahir pada tanggal 13 April di tahun 1999 ini merupakan pesepakbola yang bermain untuk timnas Italia dan klub Inter Milan.

Apa saja yang Perlu Diketahui dari Alessandro Bastoni?

  1. Perkembangan Alessandro Bastoni
Alessandro Bastoni di Atalanta
Alessandro Bastoni di Atalanta

Alessandro Bastoni merupakan seorang pesepak bola dengan posisi bek tengah, dirinya memulai karir di klub muda Rivarolo Mantovano, klub dimana ayahnya melatih. Di usia 7 tahun, Bastoni kemudian bergabung dengan Atalanta Bergamo, tim muda di klub Serie A.

Pria yang satu ini sudah berkembang dari tim Atalanta Bergamo yang terdiri dari berbagai jenis kelompok umur. Perkembangan pria yang satu ini tentunya perlu diketahui oleh masyarakat Asia karena sebagai sepak bola reguler patut untuk dijadikan idola.

Setelah tampil sebanyak 30 kali untuk U-17 Atalanta Bergamo, dirinya maju ke Primavera dimana ia berhasil membuktikan bahawa dirinya memang pantas untuk menjadi starter reguler pada lini pertahanan. Yang pastinya ini disaksikan oleh banyak orang dan merupakan berita bagus.

Pada tanggal 30 Oktober 2016, Bastoni pertama kalinya masuk dalam skuat utama Atalanta Bergamo pada pertandingan kontra Genoa, walalupun saat itu dirinya duduk pada bangku cadangan.

Pada bulan November 2016, dirinya memulai debut dengan bermain selama 90 menit melawan Pescara di Coppa Italia dan berhasil membawa Atalanta menang 3-0.

  1. Debut Bastoni di Serie A
Alessandro Bastoni
Alessandro Bastoni

Bastoni melakukan debut Serie A nya dengan kemenangan 1-0 dari Sampdori pada tanggal 22 Januari 2017. Pemuda yang satu ini mendapatkannya karena bermain selama 90 menit.

Tanggal 31 Agustus di tahun 2017, Inter Milan memanggil Bastoni kembali dari Atalanta saat pengumuman penandatangannya. Pemanggilan tersebut lebih awal daripada masa peminjamannya. Inter kemudian memperbarui kontrak Bastoni hingga 2023 di tanggal 14 Juli 2018.

Bastoni bergabung bersama Atalanta dengan status pinjaman pada saat yang sama dengan penandatanganan bersama Inter di tahun 2017. Selama semusim dengan Atalanta, dirinya bermain sebanyak empat kali di Serie A dan satu kali di Coppa Italia.

Di tahun 2018 pada tanggal 7 Agustus, ia dipinjamkan ke Parma hingga 30 Juni tahun 2019. Dalam debutnya bersama Parma, dirinya berhasil membawa tim tersebut menang 3-1 saat melawan Genoa di tanggal 7 Oktober 2018.

Semusim bersama Parma, Bastoni bermain sebanyak 24 kali di Serie A dan sukses membuat satu gol. Musim selanjutnya, ia kembali ke Inter yang saat itu dilatih oleh Antonio Conte. Saat itu, Bastoni bermain di 33 laga pada semua kompetisi dengan mengemas 1 assist dan 2 gol.

Pemain bek timnas Italia ini telah melakoni 41 pertandingan di semua ajang dengan 4 assist. Sementara pada musim 2021 sampai 2022 bastoni telah melakukan 44 laga dengan 1 gol dan 3 assist.