Besaran Uang Hadiah untuk Pemenang Penghargaan Ballon d’Or
Besaran Uang Hadiah untuk Pemenang Penghargaan Ballon d’Or

Baru saja sekitar beberapa jam yang lalu, tepat pada hari Senin (20/7) malam muncul kabar berita mengenai event penghargaan Ballon d’Or di tahun 2020 yang sengaja dibatalkan. Pemberitahuan tersebut muncul langsung secara resmi dan terbuka dari majalah France Football.

Di majalah tersebut, pihak penyelenggaraan France Football menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan penghargaan individual yang paling bergengsi Ballon d’Or pada tahun 2020. Pihak France Football juga menuturkan alasan mereka membatalkan penghargaan bagi insan pesepakbola tersebut.

France Football pun menjelaskan bahwa hal ini dikarenakan terjadinya gangguan di musim ini. sejumlah kompetisi liga domestic secara terpaksa pun diberhentikan untuk sementara waktu, seperti yang terjadi di Prancis dan Belgia, sementara itu pun untuk kompetisi internasional Euro 2020 dan Copa America juga ikut di berhentikan.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan ketidakadilan di setiap kompetisi yang sedang berlangsung. Sebagian dari para pemain juga dinilai dari jumlah laga yang lebih sedikit mereka mainkan akibat dari penghentian kompetisi. Penghentian kompetisi ini memang salah satu dampak dari pandemic virus corona yang menyerang seluruh dunia.

Prediksi Besaran Hadiah Penghargaan Ballon d’Or

Penghargaan bergengsi Ballon d’Or ini memang menjadi sebuah peristiwa dan juga pusat perhatian seluruh dunia terhadap para pemain sepak bola. Berbagai media pula akan fokus untuk menaikkan brand dari para pemain yang memenangkan penghargaan ini.

Kemudian untuk klub yang bersangkutan juga mendapatkan liputan tambahan bernilai cukup besar untuk ekonomi klubnya. Salah satu contoh dari pemenang penghargaan Ballon d’Or adalah Cristiano Ronaldo.

Menurut laporan yang dilansir oleh media Jerman menyebutkan bahwa sempat melihat salinan dari rancangan tanda tangan kontrak Ronaldo dengan pabrik olahraga, Nike, bintang Portugal tersebut juga menandatangani kontrak 10 tahun dengan nilai Rp 2,7 Triliun di tahun 2016.

Kesepakatan kontrak tersebut dilaporkan berlangsung sampai tahun 2026 dan memberikan Ronaldo uang sebesar Rp 272 Miliar per musim. Ditambah lagi dengan hadiah uang Rp 68 Miliar untuk setiap penghargaan dunia yang ia peroleh termasuk dalam penghargaan Ballon d’Or.

Secara garis besar, hadiah uang secara langsung yang didapatkan oleh pemenang ini tidak ada. Kecuali jika pemain berani untuk menjual ataupun menggadaikan trofi tersebut. Di prediksi emas solid dari trofi tersebut berharga sekitar 1,5 juga euro per unitnya atau setara dengan Rp 25 Miliar Rupiah.

Besaran Uang Hadiah untuk Pemenang Penghargaan Ballon d’Or
Besaran Uang Hadiah untuk Pemenang Penghargaan Ballon d’Or

Messi Berbahagia Memegang Trofi 24 Bulan

Pembatalan dari penghargaan Ballon d’Or 2020 ini sontak saja mengejutkan dan juga mengecewakan banyak pihak termasuk pemain bintang. Di antaranya ada Cristiano Ronaldo, top skor Bundesliga Lewandowski dan juga striker Real Madrid Karim Benzema yang sempat menunjukkan performa bagus dalam beberapa laga di liga Spanyol usai lockdown.

Banyak dari berbagai pihak yang kecewa dengan keputusan ini, namun hal ini tidak berpengaruh bagi Lionel Messi. Dikarenakan hal ini tentu akan membuatnya berbahagia bisa mempertahankan Ballon d’Or selama 24 bulan atau 2 musim lamanya.

Lionel Messi termasuk pemenang yang cukup bisa tersenyum dengan lebar karena dapat mempertahankan gelar sebagai pemain terbaik dunia ini selama 12 bulan kedepan dengan total dua tahun. Tentu hal ini jadi rekor yang membanggakan untuk pemain bola tersebut.

Peristiwa kali ini untuk pertama kalinya penghargaan individu paling bergengsi ini dihentikan sejak pertama kali di mulai pada tahun 1956. Pada periode di tahun 2010 dan 2015, terdapat perjanjian yang melibatkan FIFA

Hal ini dilakukan untuk sengaja menggabungkan penghargaan dari Ballon d’Or dengan hadiah dari FIFA World Player of the Year / pemain terbaik dunia. Namun setelah itu kedua penghargaan ini kembali dipisahkan. Adapun daftar pemenang dari penghargaan Ballon d’Or ini, Messi adalah pemain yang paling banyak memenangkan penghargaan ini.

Dengan total sebanyak enam kali pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019. Kemudian disusul oleh mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, dengan perolehan sebanyak lima kali pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017.

Penghargaan Ballon d’Or ini dibatalkan tentu saja mengejutkan banyak pihak. Namun langkah yang diambil oleh pihak penyelenggara tersebut sangat tepat. Alasan utama mereka adalah dampak dari pandemic Covid – 19 virus corona.