Corona di Lingkaran Premier League Tottenham Terinfeksi

nonleaguezone.com – Tes Covid-19 dilingkungan Premier League telah dilaksanakan untuk yang kelima kalinya. Tes tersebut dilakukan pada Senin dan Selasa lalu tanggal 1 dan 2 Juni 2020. Ada 1.197 orang yang mengikuti, terdiri dari pelatih, pemain dan staf dari 20 tim peserta.

Hasilnya, satu orang dinyatakan positif Covid-19 dan akan melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari. Total dalam lima kali melakukan tes, dari 5.079 orang Premie League menyatakan ada 13 orang yang positif.

Pada tes pertama telah dinyatakan enam orang dari tiga klub positif. Tes yang kedua tercatat dua orang dari dua klub positif, kemudian pada tes yang ketiga ditemukan empat kasus baru dari dua klub Liga Inggris.

Kasus nihil hanya ditemukan pada tes keempat yang dilakukan pekan lalu. Sejak semua tim kembali berlatih pada 18 Mei 2019, Premier League akan terus melakukan tes Covid-19 secara berkala. Penyelenggara Premier League diharapkan dapat lebih memperhatikan keselamatan pemain.

Tottenham Konfirmasi Satu Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Tottenham telah mengonfirmasi bahwa temuan kasus pada tes yang kelima adalah salah satu anggotanya. Namun identitasnya tak dijabarkan sesuai ketentuan yang ada. Mereka menyebutkan orang tersebut tidak mengalami gejala apapun.

Selain anggota dari Tottenham yang dirahasiakan identitas dan jabatannya, beberapa individu justru mengaku ke publik. Mereka ialah Ian Woan (asisten pelatih Burnley), Adrian Mariappa (bek Watford) dan Aaron Ramsdale (kipper dari Bournemouth).

Sementara itu beberapa nama seperti Pepe Reina (kipper Aston Villa), Callum Hudson Odoi (winger Chelsea), dan Mikel Arteta (manajer Arsenal) terkena virus Covid-19 ketika virus itu baru saja menginfeksi Inggris.

Setelah menerima hasil tersebut, melalui pernyataannya pada Sky Sports, Tottenham akan memastikan pusat latihan mereka tetaplah menjadi lingkungan kerja yang aman dan bebas virus.

Tottenham tetap menyelenggarakan latihan sesuai dengan protokol “Return to Training” dari Premier League. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa sejauh ini jadwal Premier League musim ini tak terganggu. Meskipun di tengah sempat mengalami penundaan.

Tidak hanya Tottenham, klub-klub papan atas yang telah kembali menginjak lapangan menjalani latihan tertutup. Mereka akan terus mematuhi saran terbaru dari pihak medis Pemerintah dan Kesehatan Masyarakat Inggris.

Tottenham yang kini menempati posisi kedelapan dengan poin 41 tetap optimis. Masih ada peluang yang cukup bagus untuk Tottenham lolos ke Liga Champions musim depan. Mereka hanya berjarak tujuh angka dari Chelsea. 

Protokol Premier League Menjelang Bergulirnya Laga

Menindaklanjuti kasus-kasus Covid-19 di dalam Liga Inggris, maka perlu adanya perhatian lebih. Sebelum melanjutkan musim ini, pihak Premier League telah merilis draf protokol. Isi dari protokol itu membahas tentang ketentuan jumlah orang yang diizinkan terlibat maupun memiliki akses di dalam stadion pada tiap aga yang berlangsung.

Penyelenggara telah mengirimkan draf protokol ke setiap klub yang akan berlaga. Hanya 300 orang yang memiliki izin akses masuk ke stadion. Jumlah itu sudah mencakup pemain, pelatih, staf dan para petugas yang mengatur jalannya pertandingan.

Berikut adalah rincian rekomendasi pihak Premier League tentang jumlah orang dari masing-masing klub yang mendapat izin untuk masuk ke stadion:

  1. 20 pemain dari tiap klub (18 orang yang terdaftar di line up dan dua orang sebagai cadangan)
  2. 12 orang staf yang terdiri dari staf pelatih dan petugas medis
  3. 10 orang direktur dan eksekutif dari masing-masing klub

Selain jumlah orang dari tiap klub, jumlah petugas pertandingan juga diatur dalam draf protokol, yaitu:

  1. satu wasit
  2. dua asisten wasit
  3. satu pejabat, dan
  4. satu wasit cadangan.

Draf tersebut juga mengungkapkan adanya rencana agar staf VAR berkerja di ruangan terpisah, di Kantor Pusat Stockley Park. Konferensi pers sebelum dan sesudah pertandingan akan  diadakan melalui video saja.

Untuk para awak media, mereka hanya diberikan kuota sebanyak 98 orang dari pihak tuan rumah yang diizinkan untuk memiliki akses di dalam stadion. Sisanya 75 orang akan berada di luar. Pers tertulis yang akan diizinkan hadir sebanyak 25 orang, lalu 15 dari penyiar radio.

Pedoman protokol ini dirasa tampak adil namun kemungkinan dapat menimbulkan masalah. Ini dikarenakan besarnya jumlah staf dari klub-klub ternama. Dengan begitu, pertandingan Premier League ini akan digelar tertutup dan tanpa penonton.