Daftar Stadion Netral Penyelenggaraan Sisa Liga Inggris 2019-2020
Daftar Stadion Netral Penyelenggaraan Sisa Liga Inggris 2019-2020

Situasi dunia yang masih menghadapi pandemic covid-19 memang telah merubah berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah industri sepak bola. Sempat mengalami arus keuangan yang tak stabil karena penangguhan jadwal permainan, kini beberapa liga juga harus kembali menyesuaikan kebijakan dalam menyelenggarakan permainan di tengah pandemic.

Hal ini tetap dilakukan untuk menyelesaikan pertandingan yang sebenarnya sudah berlangsung. Salah satunya adalah liga inggris yang sudah berjalan namun belum terselesaikan. Untuk menghindari adanya penumpukan di stadion maka semua sisa laga diselenggarakan di tempat netral. Persatuan federasi dikabarkan telah memilih 8 stadion yang akan dijadikan sebagai venue permainan sisa liga netral di tahun 2019-2020.

Federasi sepak bola inggris telah memutuskan liga inggris akan tetap dijalankan mulai 17 juni 2020. Bahkan di hari yang sama telah dijadwalkan dua pertandingan besar yang akan mempertemukan aston villa dengan Sheffield United serta Man City dengan Arsenal. Tentunya merupakan pertandingan yang ditunggu semua pecinta bola.

Dua buah laga tersebut adalah laga pertandingan yang sempat ditunda pada pekanke-28 liga inggris tahun ini. Sehingga pada tanggal 20 juni 2020 nantinya akan diselenggarakan pekan ke-30 yang masih tersisa 20 kontestan di dalamnya. Tak heran jika pertandingan ini menjadi pertandingan yang dinanti semenjak penyebarluasan pandemic covid-19.

Stadion Emirates Sebagai Tuan Rumah Liga Inggris

Salah satu pembeda penyelenggaraan sisa liga inggris tahun ini adalah tempat penyelenggara. Tahun ini liga inggris tak akan diselenggarakan di tempat kandang atau pun tandang namun diselenggarakan di tempat netral. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari supporter demi terselenggaranya permainan dengan protocol kesehatan yang ketat.

Banyak yang mempertanyakan lantas stadion mana saja yang akan dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan liga inggris tahun ini? Menurut The Sun, terdapat 8 buah stadion yang dipersiapkan untuk menyelenggarakan sebanyak 92 sisa pertandingan liga inggris tahun ini. Salah satu stadion yaitu Stadion Emirates sebaga tuan rumah.

Tak hanya itu saja, masih terdapat daftar stadion lainnya yakni stadion old Trafford, King Power, Etihad Stadium, American Express, Villa Park, London Stadium, hingga St Mary’s Stadium. Tentunya penyelenggaraan pertandingan kan dibuat dengan skema sedemikian rupa agar tetap memerhatikan dan menggunakan protocol kesehatan.

Lalu, banyak pula yang mempertanyakan terkait klub yang stadionnya dijadikan sebagai tempat netral. Apakah nantinya akan memiliki keistimewaan agar dapat bermain di tempat sendiri atau harus bermain di stadion lainnya? Seperti yang dikatakan oleh The Sun, tim-tim tersebut masih harus bermain di tempat netral layaknya tim lain.

Contohnya saja jika laga Man City vs Arsenal yang semula dijadwalkan di Stadion Etihad. Nantinya, permainan tersebut akan segera dipindahkan ke markas Arsenal, London stadium, atau pun Stadion Emirates. Tentunya akan dipikirkan terkait skema terbaik penyelenggaraan pertandingan agar tetap berjalan di era new normal.

Catatan terakhir sebelum permainan ditangguhkan pada pekan ke-29, puncak klasemen masih diduduki oleh Liverpool dengan 82 poin. Menyusul terdapat Man City dengan selisih 25 poin di posisi kedua. Liverpool hanya membutuhkan 6 poin saja untuk memperoleh gelar juara dari 9 buah pertandingan yang masih tersisa.

Daftar Stadion Netral Penyelenggaraan Sisa Liga Inggris 2019-2020
Daftar Stadion Netral Penyelenggaraan Sisa Liga Inggris 2019-2020

Prediksi Sisa Pertandingan Liga Inggris 2019-2020

Layaknya tim lain yang bermain, Liverpool juga tak bisa bermain di kandangnya sendiri. Jadwal pertandingan sebelumnya dituliskan memiliki 4 laga kandang. Namun, berdasarkan keputusan FA membuat Liverpool harus menjalani sisa pertandingan di tempat netral. Seperti yang diketahui Liverpool hanya membutuhkan 2 buah kemenangan saja untuk menyabet gelar juara.

Meskipun memiliki perbedaan skor yang nyata dengan Liverpool, namun tetap tak menyurutkan permainan Man City untuk menyabet gelar juara. Pasalnya, Man City belum memainkan laga di pekan ke-36 yang akan diadu dengan Burnley. Hal tersebut secara matematika diartikan Man City masih memiliki peluang banyak untuk mendapatkan poin akhir.

Man City diprediksi dapat mendapatkan poin akhir hingga 98. Sedangkan Liverpool hanya mampu menyabet poin akhir sampai 97 saja. Sehingga tinggal bagaimana antar tim mempersiapkan diri dalam sisa liga pertandingan nantinya. Jangan sampai terpeleset di sisa permainan karena dapat menyebabkan kesalahan krusial bagi tim.