Dikalahkan Leicester, Blunder Alisson Becker Buat Liverpool Terpuruk

Liverpool meraih hasil kurang memuaskan setelah skuad Jurgen Klop berhasil dikalahkan Leicester City dalam laga pekan ke-24 Liga Inggris 2020-2021. Pertandingan antara Liverpool dan Leicester berlangsung pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 di King Power Stadium.

Salah satu gol Leicester yang berhasil membuat Liverpool takluk adalah akibat dari kesalahan atau blunder kiper Alisson Bekcer. Pada menit ke-67, The Reds berhasil unggul melalui Mohamed Salah. Pemain asal Mesir tersebut bisa memanfaatkan umpan Roberto Firmino dengan baik di kotak penalti.

Tuan rumah masih terus berupaya untuk membalas gol dari Mohamed Salah dan menyamakan kedudukan. Akan tetapi, upaya mereka masih belum membuahkan hasil hingga menit ke-75. Beruntung, James Maddison mampu menembus gawang Alisson di menit ke-78.

Leicester Menaklukkan Liverpool dengan Skor 3-1

Blunder Alisson yang sangat merugikan The Reds terjadi di menit ke-81. Awalnya, kiper asal Brasil itu beranjak dari sarangnya demi menangkis umpan jauh. Akan tetapi, terjadi kesalahan komunikasi dengan Ozan Kabak, yaitu bek tengah yang baru melakukan debut setelah direkrut oleh The Reds.

Komunikasi yang berlangsung tidak baik ini membuat bola gagal dibuang dan justru diterima oleh kaki Jamie Vardy. Pemain asal Inggris itu berhasil membawa timnya unggul setelah mencetak gol dengan mudah. Selang empat menit setelah gol dari Jamie Vardy, Harvey Barnes mencetak gol ketiga untuk Leicester.

Gol dari Barnes dimulai dari skema serangan balik cepat yang dilakukannya. Barnes yang saat itu bebas di sisi kanan mendapat umpan dari Wilfred Ndidi. Umpan tersebut kemudian disempurnakan Barnes menjadi gol dan mengunci kemenangan 3-1 untuk Leicester.

Kekalahan yang ditelan Liverpool kali ini membuat The Reds semakin menjauh dari posisi puncak klasemen Liga Inggris. Mereka telah mengumpulkan 40 poin membuat poin terpaut 13 angka dari Manchester City. The Reds kini berada di urutan keempat klasemen Liga Inggris. Sedankan Leicester naik ke posisi kedua dengan perolehan 46 poin menggeser MU.

Bunder Alisson Becker Lebih Buruk dari Kepa Arrizabalaga

Blunder yang dilakukan sang kiper, Alisson Becker, mengulangi kesalahan pada penampilan laga sebelumnya. Saat itu Liverpool berhadapan dengan Manchester City. Alisson telah melakukan dua blunder hanya dalam kurun waktu tiga menit. Blunder terjadi ketika kedudukan keduanya imbang. Hal ini membuat timnya dikalahkan dengan skor 4-1.

Berdasarkan pertandingan ini, bisa dilihat bahwa blunder dari Alisson Becker yang berujung gol lebih buruk dari kiper Chelsea. Hal ini dihitung sejak Alisson dan Kepa Arrizabalaga memperkuat timnya masing-masing sejak 2018 lalu. Alisson Becker telah membuat tujuh kali blunder dan berujung gol.

Sedangkan Kepa Arrizabalaga baru tiga kali melakukan blunder. Akibat kesalahan yang berujung gol dari Kepa pada musim lalu membuat posisi dirinya harus digeser. Chelsea memutuskan untuk mendatangkan Edouard Mendy. Hal ini membuat kepa tersisih dari posisi kiper utama kiper Chelsea untuk musim ini.

Jurgen Klopp yang menyikapi aksi blunder Alisson merasa sangat kecewa. Klopp menyayangkan minimnya koordinasi yang harusnya dilakukan di lini belakang. Jurgen Klop mengatakan jika gol kedua dalam laga Liverpool kontra Leicester kali ini merupakan sebuah kesalahpahaman.

Seharusnya pada situasi itu, skuad Jurgen Klopp bisa saling berteriak untuk saling berkoordinasi. Akan tetapi, sang pelatih tidak mendengar hal itu di lapangan sehingga mereka kebobolan satu gol. Sang pelatih mengatakan bahwa semua tim seharusnya bisa terbiasa satu sama lain untuk bisa bermain dengan baik.