DPR RI Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh
DPR RI Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Pada rapat yang dilaksanakan hari Senin tanggal 29 Agutus 2022, Komisi III DPR RI secara resmi menyetujui proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Rapat tersebut dipimpin oleh Bambang Wuryanto yang menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI. Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga turut hadir pada rapat.

Dalam kesempatan tersebut, Jordi dan Sandy dites apakah mengetahui Pancasila yang merupakan dasar negara. Setelah keduanya bisa membuktikan apabila mereka menghafal Pancasila, seluruh peserta sidang menyatakan persetujuannya untuk menyetujui proses naturalisasi.

Meski hanya melalui media virtual, Bambang Wuryanto bahkan memuji kedua pemain tersebut yang datang memakai batik pada sidang tersebut.

Sementara itu, Zainudin Amali bersyukur Komisi III DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi. Sebelumnya, berkas mereka tertahan cukup lama karena DPR sedang dalam masa kunjungan kerja.

Bentuk Support kepada Timnas

Sandy Walsh dan Jordi Amat
Sandy Walsh dan Jordi Amat

Menpora menyatakan, keputusan DPR hari ini merupakan bentuk support terhadap Timnas Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Menpora juga menyatakan apresiasinya atas keputusan tersebut, khususnya bagi para penggemar sepak bola nasional.

Setelah mendapatkan persetujuan dari DPR, berkas kedua pemain itu akan dikembalikan ke Sekretaris Negara, kemudian selepas  Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden, kedua pemain akan bersumpah sebagai WNI.

Sebelumnya, proses naturalisasi keduanya sudah diajukan oleh PSSI. Namun, prosesnya tertahan akibat masa reses yang dialami oleh DPR.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap agar proses naturalisasi kedua pemainnya itu cepat selesai. Dirinya menganggap apabila mereka merupakan rekomendasi dari Shin Tae-yong yang memang dibutuhkan untuk mempertajam Timnas Indonesia.

Rencananya, Jordi dan Sandi akan mengikuti uji coba pada September mendatang tanggal 24 dan 27 di Bandung dan Jakarta.

Seperti yang diketahui, Indonesia akan menghadapi Curacao di tanggal tersebut dalam gelaran FIFA Match Day. Iriawan berharap agar keduanya bisa datang dan bermain pada pertandingan tesebut.

Menpora Zainudin Amali memberitahukan apabila Presiden Joko Widodo telah menandatangani berkas naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Sebelumnya kedua pemain tersebut juga sudah menjalani proses naturalisasi seperti sesi wawancara dengan Badan Intelejen Negara dan proses lainnya di Jakarta.

Pemain Lain yang Akan Dinaturalisasi

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, terdapat satu nama lagi yang akan diproyeksikan untuk dinaturalisasi yaitu Shayne Pattynama. Sayangnya, berkas pemain kelahiran Belanda itu masih diproses di Sekretariat Negara.

Kabarnya, PSSI juga berniat untuk menaturalisasi beberapa pemain Timnas Indonesia U-19. Terdapat setidaknya 4 nama yang dilirik oleh Shin Tae-yong yaitu Jim Roberto Croque, Max Christoffel, Kai Boham, dan Ivar Jenner.