Euro 2020 Telah Memasuki Fase Gugur Babak 16 Besar

Saat ini turnamen 4 tahunan Euro 2020 sudah memasuki pada putaran 16 besar atau fase babak gugur, 16 negara tim yang sebelumnya berjumlah 24 ini akan kembali bertanding mulai sabtu 26 Juni 2021.

Tentunya format yang akan berlangsung pada babak 16 besar ini akan berbeda dengan fase sebelumnya yaitu fase penyisihan grup. Dimana pada fase penyisihan grup tersebut para negara peserta bertanding untuk pengumpulan poin pada grup masing-masing. Negara dengan pengumpul poin terbanyak akan keluar sebagai juara grup dan otomatis akan lolos ke putaran selanjutnya yaitu babak 16 besar atau fase gugur.

Sang juara grup dan runner up yang berjumlah 12 tim negara otomatis masuk ke babak 16 besar, sedangkan 4 negara lainnya adalah tim yang mempunyai peringkat terbaik dari 6 grup pada babak penyisihan.

Bagaimana Cara Penentuan Peringkat Ketiga Terbaik?

Cara menentukan 4 tim tambahan yang merupakan 3 terbaik untuk melengkapi peserta putaran 16 besar menjadi 16 tim adalah sebagai berikut, tetapi sebelum ke pembahasan tersebut ada baiknya kita memahami dahulu mengenai aturan UEFA untuk klasemen di babak penyisihan grup.

Jika diurutkan prioritasnya adalah seperti ini :

  1. Jumlah point.
  2. Selisih goal.
  3. Total goal.
  4. Total kemenangan.
  5. Total kartu hukuman.
  6. Rangking atau peringkat di UEFA.

Nah sekarang kita masuk ke dalam pembahasan bagaimana menentukan peringkat ketiga terbaik dari 6 grup yang ada.

Langkah awalnya adalah UEFA akan mengambil semua peringkat ketiga dari enam grup tersebut dan memasukkannya ke dalam sebuah klasemen virtual.

Dari situ maka akan ditentukan peringkatnya berdasarkan :

  1. Total point yang paling tinggi
  2. Selisih goal yang paling tinggi
  3. Total goal yang lebih banyak dicetak
  4. Fair play point : Paling minimal terkena kartu di babak penyisihan grup.
  5. Posisi dalam peringkat UEFA saat turnamen berlangsung

Dan setelah ditentukan 4 negara dari peringkat ketiga terbaik maka lengkaplah sudah 16 tim untuk mulai bertanding di fase knockout atau gugur.

Pada fase gugur ini otomatis mempunyai format yang berbeda dengan dengan fase sebelumnya yaitu babak penyisihan grup. Di fase 16 besar ini setiap pertandingan harus menentukan pemenangnya.

Jika pertandingan berakhir draw atau imbang dalam waktu full time 90 menit, maka pertandingan akan dilanjutkan pada babak extra time atau tambahan waktu 2×15 menit.

Dan seandainya pertandingan masih berakhir imbang maka laga akan dilanjutkan ke adu penalti.
Pada fase ke 1 adu penalti setiap tim akan mengerahkan 5 eksekutor atau penendang.
Jika hasil masih imbang, maka semua pemain harus melakukan tendangan penalti sampai keluar salah satu pemenangnya.

Untuk daftar negara yang lolos ke fase gugur atau babak 16 besar beserta jadwalnya bisa Anda cek di Jadwal babak 16 besar Euro 2020.