Final Piala FA Inggris Akan Hadirkan Suporter di Wembley

Kabar gembira kini datang untuk supporter sepak bola karena gelaran final piala FA yang akan berlangsung di Wembley rencananya akan dilangsungkan dengan kehadiran penonton. Laga tersebut kemungkinan dihadiri 20.000 penonton. Kejuaraan Snooker Dunia ini merupakan salah satu laga percontohan yang diusulkan di tengah masa pandemi.

Pihak penyelenggara berencana menjadikan kejuaraan itu sebagai upaya mengembalikan kerumunan besar dalam tempat pertandingan tahun ini. Bukan hanya acara olahraga, Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga (DCMS- Department for Digital, Culture, Media & Sport) Inggris bahkan akan melangsungkan banyak acara budaya di musim ini.

Laga final Piala FA akan berlangsung 15 Mei 2021 di Wemble. Namun, DCMS belum memutuskan jumlah penonton yang akan memenuhi stadion di pilot proyek ini. BBC Sport mengatakan bahwa kemungkinan 20.000 penggemar hadir dalam acara final Piala FA. Hal ini sedang dieksplorasi pihak DCMS bersama Asosiasi Sepak Bola.

Untuk bisa mengadakan rencana tersebut, proposal mereka harus mendapat persetujuan dari Dewan Brent. Pemerintah memberi pernyataan bahwa 10.000 orang diizinkan hadir di stadion untuk pergelaran acara olahraga jika proyek ini sukses diselenggarakan. Tentu saja pemerintah Inggris mempertimbangkan rencana empat bagian dalam rangka mencabut kebijakan lockdown akibat corona.

Tetapi, izin tersebut baru bisa dikeluarkan setelah tanggal 17 Mei 2021. Laga besar FA bisa menghadirkan kerumunan dengan kapasitas sebesar itu, bahkan bisa lebih besar. DCMS mengatakan jika pilot rencana mereka akan meliputi penonton beserta penggemar yang hadir tanpa terpengaruh jarak sosial. Sedangkan beberapa tetap harus menerapkan kebijakan jarak sosial.

Jadi Contoh untuk Rencana Penghapusan Kebijakan Pembatasan Kontak Sosial

Crudible Theatre di Sheffield menjadi lokasi berlangsungnya kejuaraan Snooker Dunia tahun ini dari tanggal 17 April sampai 3 Mei 2021. Upaya uji coba ini sangat penting bagi penyelenggara sepak bola demi menemukan cara untuk menghadirkan penggemar dan penonton secara aman meski tidak menerapkan jarak sosial.

Hal itu disampaikan langsung oleh Oliver Dowden selaku Sekretaris Kebudayaan. Downden juga mengatakan bahwa mereka sedang bekerja keras mewujudkan keinginan itu dengan melakukan bimbingan bersama ahli medis hingga ahli sains. Mereka sangat ingin mewujudkan keinginan dari orang-orang yang rindu menikmati acara kesukaan mereka.

Selain itu, mereka memastikan jika beberapa industri penting bisa bangkit kembali di tengah pandemi yang sempat redup selama lebih dari satu tahun belakangan akibat pandemi. Proyek percontohan ini sendiri merupakan bagian dari program Riset Acara.

Hasilnya akan menjadi informasi penting bagi pemerintah yang berencana melakukan langkah keempat peta jalan keluar menghentikan lockdown. Paling cepat rencana ini dimulai pada 21 Juni 2021. Besar harapan mereka untuk bisa mencabut semua kebijakan pembatasan kontak sosial.

Laga Percontohan Sebagai Sumber Data Penting

Dari percontohan yang dilakukan, mereka akan mendapat informasi penting tentang bagaimana dampak dari menghadirkan kerumunan besar. Sehingga aka nada jalan keluar bagaimana mereka bisa penonton dengan aman kembali ke stadion. Langkah terpenting adalah melakukan tes kepada peserta sebelum acara dan memastikan negatif dari virus.

Hal tersebut juga wajib dilakukan setelah acara selesai. Selain itu, acara yang diselenggarakan tanpa menerapkan jarak sosial ini akan jadi upaya pengujian intervensi mitigasi non-farmasi. Yaitu seperti memahami bagaimana tata letak tempat, ventilasi, dan penutup wajah yang tepat.

ERP juga mempelajari bagaimana faktor-faktor penting perjalanan menuju acara dan setelah acara selesai. Acara Liga Primer direncanakan menghadirkan penggemar dalam stadion pada dua putaran terakhir pertandingan musim ini. Caranya dengan memindahkan pertandingan yang semula berlangsung pada 23 Mei 2021 menjadi 18-20 Mei 2021.

Liga Sepak Bola Inggris ikut andil dalam rencana pemerintah mewujudkan upaya untuk menghadirkan penggemar dalam acara final Piala Carabao pada 25 April 2021 di Wembley. Besar harapan berbagai pihak untuk bisa membuka peluang kerumunan besar demi menghidupkan kembali laga-laga sepak bola. Seperti diketahui, hampir satu tahun pertandingan olahraga tidak menghadirkan penonton akibat pandemi.