Forest Datangkan Taiwo Awoniyi, Liverpool Ketiban Rejeki
Forest Datangkan Taiwo Awoniyi, Liverpool Ketiban Rejeki

Nottingham Forest telah mengaktifkan klausul pelepasan Taiwo Awoniyi yang akan memberikan The Reds rejeki nomplok. Setelah bergabung bersama Liverpool sejak tahun 2015 dengan hanya 400 Ribu Poundsterling atau setara dengan 7,2 Miliar Rupiah, Awoniyi yang diperkirakan tidak akan memberikan prestasi berarti justru berulang kali membuktikan dirinya.

Ia memberikan performa memukau setelah menjadi pemain pinjaman di Union Berlin pada 2019/2020 dan tim jerman itu memperpanjang kontraknya dengan nilai 6,5 juta pondsterling atau setara dengan 118 Miliar Rupiah.

Hal tersebut rupanya menjadi keputusan yang tepat dimana Awoniyi mencatatkan 20 gol dalam 43 pertandingan dalam semua kompteisi yang ia mainkan selama musim itu.

Fabrizio Romano, seorang jurnalis melaporkan bahwa Taiwo Awoniyi akan dilamar oleh Nottingham Forest dalam perburuannya atas striker berbakat.

Setelah mengalahkan Huddersfield Town pada final playoff, Tim asuhan Steve Cooper itu ingin menambah pemain yang dapat memperkuat skuad mereka.

Dilaporkan oleh The Telegraph, manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa ia adalah pengagum berat Awoniyi. Menurutnya Awoniyi dapat memberikan dampak besar pada Premier League. Ia hanya kurang diberi waktu untuk bertanding saja.

Awal Kedatangan Awoniyi

Taiwo Awoniyi semasa di Union Berlin
Taiwo Awoniyi semasa di Union Berlin

Taiwo Awoniyi awalnya adalah pemain yang sering dipinjaman dan berpindah-pindah tim mulai dari FSV Frankfurt, NEC, Gent, Mouscron, Mainz dan pada akhirnya Union Berlin.

Awoniyi direkrut oleh Union Berlin pada musim panas lalu dan mulai menunjukkan kemampuan fantastisnya setelah menghabiskan musim sebelumnya dengan status pinjaman.

Ia juga menunjukkan kualitas dirinya dengan mengumpulkan empat caps dan satu gol. Awoniyi telah membuat empat penampilan untuk Super Eagles sejak melakukan debutnya pada 2021.

Awoniyi adalah salah satu rencana dari pelatih Cooper atas Nottingham Forest. Mereka dikonfirmasi merayakan rencana jangka panjang itu dengan pesta kecil dan mendoakan yang terbaik untuk klub.

Selain Awoniyi, Neco Williams dari Liverpool juga masuk kedalam daftar incaran Nottingham Forest. Disisi lain mereka mungkin kehilangan Djed Spence serta rekan satu tim Awoniyi di Mainz, Moussia Niakhate yang nampaknya sudah mencapai kesepakatan.

Dean Henderson dari Manchester United juga dilaporkan menjadi salah satu incaran Cooper setelah Brice Samba meninggalkan klub untuk bergabung bersama Lens. Henderson diberitakan ingin pergi dari Old Trafford setelah gagal masuk ke tim utama MU.

Tidak diragukan lagi bahwa penggemar Forest akan merayakan transfer tersebut. disisi lain Anfield juga akan mendapatkan keuntungan atas Romano yang telah mengkonfirmasi adanya klausul pelepasan dalam kesepakatan tersebut.

Liverpool sendiri menegosiasikan klausul sebesar 10 persen dalam kepindahan Awoniyi ke Union Berlin sehingga mereka akan menerima 1,7 juta Poundsterling sebagai bentuk keuntungan.

Hal tersebut membuat The Reds mendapatkan keuntungan sebesar 7,8 juta Poundsterling atas kepergian striker yang tidak pernah bermain di klub tersebut.