Gabriel Jesus, Pelukis Mural yang Jadi Bintang Sepakbola
Gabriel Jesus, Pelukis Mural yang Jadi Bintang Sepakbola

Delapan tahun yang lalu, Gabriel Jesus hanyalah seorang remaja yang gemar melukis mural di jalanan tempat ia tinggal di Sao Paulo. Kala itu, Brasil sedang mempersiapkan diri untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Gabriel Jesus masih berumur 17 tahun saat ia terpotret sedang melukis jalanan di distrik Jardim Peri, Sao Paulo.

Dedikasinya pada sepakbola dimulai saat ia berada di klub kota Tremembe, Pequeninos do Meio Ambiente. Setiap Sabtu, dirinya harus berjalan kaki sejauh 12 kilometer agar bisa berlatih karena tidak mampu membayar bus.

Mungkin, perjalanan selama satu setengah jam itu membuatnya menjadi pemain yang dikenal sebagai pekerja keras dan tidak kenal lelah.

Pemain baru Arsenal itu hanya dibesarkan oleh ibunya karena ayahnya meninggal tidak lama setelah dirinya lahir.

Kabarnya, sang ibu harus melakukan tiga pekerjaan agar bisa menghidupi keempat anaknya. Perjuangan ibunya itu tidak pernah dilupakan, terbukti setiap kali Jesus mencetak gol, dirinya selalu melakukan selebrasi menelepon untuk menghormati sang ibu.

Perjalanan Karier Gabriel Jesus

Mural gambar Gabriel Jesus di kampung halamannya
Mural gambar Gabriel Jesus di kampung halamannya

Di tahun 2013, Gabriel Jesus dikontrak Sociedade Esportiva Palmeiras. Pada kejuaraan negara bagian U-17 di tahun 2014, dirinya mampu mencetak gol sebanyak 37 kali dalam 22 pertandingan, saat itulah dirinya menjadi bintang bagi klub Palmeiras.

Setelah itu, Jesus masuk kedalam tim utama Palmeiras pada tahun 2015, tampil dalam 37 pertandingan di semua kompetisi dan mencatatkan 7 gol.

Di tahun berikutnya, ia mampu mencetak 21 gol dalam 46 pertandingan. Karena penampilannya yang impresif itu, Palmeiras berhasil meraih gelar liga pertama mereka dalam 22 tahun.

Gabriel Jesus bergabung dengan Manchester City pada tahun 2016 dengan nilai 30 juta pounds. Debutnya bersama The Citizens dimulai pada Januari 2017, dalam 11 penampilan pertamanya, Jesus mampu memberikan 7 gol.

Di musim berikutnya, Jesus berhasil memenangkan trofi juara Premier League pertamanya. Bersaing dengan Sergio Aguero sebagai penyerang tengah, pemain Brasil itu telah mencetak 45 gol dalam 100 kali penampilannya.

Sempat gagal bersama Brasil pada Piala Dunia 2018, Gabriel Jesus membayarnya dengan tampil brilian kala melawan Watford di Premier League 2018.

Sebagai pengakuan atas semua pencapaian kariernya selama ini, penduduk kampung halamannya melukis mural bergambar wajah Gabriel Jesus.

Kepindahan Jesus ke Arsenal

Gabriel Jesus pindah ke Arsenal
Gabriel Jesus pindah ke Arsenal

Meski berhasil menjuarai Liga Inggris dua kali berturut-turut, ternyata tidak membuat sejumlah pemain Manchester City ingin bertahan.

Beberapa pemain bahkan sudah membuat kesepakatan dengan klub lain. Begitu pula dengan Jesus, dirinya dilaporkan sudah menyepakati kepindahannya ke Arsenal dengan gaji hampir dua kali lipat saat ia berada di Man City.