Greisya/Apriyani Berikan Kado Medali Emas untuk Indonesia

Ganda putri Indonesia dalam cabang olahraga badminton Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mendapatkan medali di Olimpiade Tokyo. Hal tersebut tentu menjadi kado spesial bagi Indonesia di bulan Agustus ini.

Kemenangan dari dua putrid terbaik Indonesia ini tentu disambut antusias dan rasa syukur oleh seluruh rakyat Indonesia. Greysia dan Apriyani berhasil mengalahkan lawannya dari China, yaitu Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan dari partai final pada Senin, 2 Agustus 2021 pagi.

Prestasi terbaik ganda putrid Indonesia ini sebenarnya sudah terlihat dari kompetisi multicabang olahraga sekitar tahun 2016. Namun sayangnya hanya sampai perempat final ketika ada di Olimpiade Rio.

Medali emas yang diberikan Greysia dan Apriyani ini adalah kali pertama bagi Indonesia untuk Ganda Putri di Olimpiade Tokyo 2020. Jalannya permainan juga cukup sengit, namun pasangan hebat Greysia dan Apriyani mampu bermain dengan unggul.

Berjalan Sengit, Babak Pertama Pertandingan Ganda Putri

Jika dilihat pada pertandingan pertama, Greysia dan Apriyani sempat kehilangan di angka pertama. Tetapi mereka berhasil mengembalikan keadaan 2-1 setelah drop shot dari Greysia jatuh ke bidang permainan lawan.

Selain itu, keduanya juga pandai untuk menempatkan bola. Ketika sudah mendapatkan skor 5-1 sangat terlihat bahwa Greysia dan Apriyani pandai mencari tempat dimana bola akan dijatuhkan dan membuat skor bertambah.

Keunggulan pada babak pertama terus bertambah, skor mulai menjauh dan China berada di posisi belakang. Mereka mendapatkan angka 7-3. Tidak selalu berjalan mulus, pasangan ganda putri Indonesia ini juga sempat kehilangan beberapa poin di babak pertama.

Sehingga membuat angka menjadi berdekatan yaitu 8-7, selesih hanya satu poin saja. Greysia dan Apriyani terus memaksimalkan kemampuannya sehingga berhasil mengatasi dengan menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-8.

Kembali terkecoh, lawan membuat keduanya kehilangan kesempatan dan membuat skor menjadi imbang yaitu 11-11. Namun tidak lama, Greysia/Apriyani berhasil mendapatkan dua poin lagi dan bertambah menjadi 13-11.

Poin terus saja bertambah karena pasang ganda putrid dari China terus melakukan kesalahan. Bahkan Greysia /Apriyani ini mendapatkan poin 16-12.

Mendekati akhir perjalanan dari pertandingan, Greysia dan Apriyani justru kehilangan poin. Mereka harus membuat kedudukan poin berdekatan menjadi 19-18.

Momen ini tentu membuat semua merasa khawatir karena bisa jadi keadaan dibalik oleh lawan. Setelah menjalani pertarungan sengit cukup lama, akhirnya pada babak pertama berhasil dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 21-19.

Jalannya Pertandingan di Babak Kedua

Menuju babak kedua yang menjadi penentuan bagi tim ganda putri Indonesia. Pada babak kedua juga terjadi reli panjang, namun smes dari Apriyani berhasil memberikan skor kepada Indonesia 1-0.

Kedudukan sempat berubah, China juga menghasilkan poin dan membuatnya menjadi imbang 1-1. Namun tidak lama kemudian menjadi 3-1 setelah kesalahan yang dilakukan oleh tim ganda putri China.

Berjalannya waktu poin terus saja ditambah oleh Greysia dan Apriyani. Setelah jeda dengan skor 12-8, timnas ganda putri Indonesia ini semakin unggul dengan menambah poin menjadi 17-9. Beberapa saat Greysia dan Apriyani sempat kehilangan poin.

Tetapi pada babak terakhir, mereka bisa unggul dengan poin 21-15. Hasil kemenangan akhir ini didapatkan ketika out dari lawan. Kemenangan dari Greysia dan Apriyani dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini menghasilkan medali emas untuk Indonesia.

Perjalanan panjang yang dialami keduanya tentu membuahkan hasil manis. Medali emas yang didapatkan pada 2 Agustus 2021 ini membuat mereka memberikan kado terindah bagi Indonesia yang 15 hari berulang tahun.