Hasil Kualifikasi Piala Euro Tahun 2020 Terbaru

Kualifikasi piala EURO 2020 sebagian sudah dilaksanakan sejak 2019, namun tertunda karena adanya wabah corona yang meluas di benua Eropa. Untuk kepentingan bersama maka UEFA mengumumkan bahwa EURO akan ditunda satu tahun yang akan datang.

Walaupun EURO yang ke 16 dan tepat 60 tahun ada, EURO tetap akan menggunakan nama 2020. Hal ini bertujuan agar esensinya tidak akan menghilang. Adapun tuan rumah sudah ditetapkan sejak tahun 2014, ada 12 negara yang digunakan untuk menyelenggarakan piala Eropa.

Piala Eropa ini diikuti oleh 55 tim nasional, dan pengundian babak grup atau pertama dilaksanakan pada tahun 2018 di Republik Irlandia. Adapun tahapan-tahapan kualifikasi piala Euro antara lain babak grup, play off, semi final dan grub final.

Adapun Negara yang akan menjadi tuan rumah antara lain Spanyol, Belanda, Italia, Inggris, Jerman, Azerbaijan, Hongaria, Denmark, Republik Irlandia, Rumania, Skotlandia dan Rusia. Adapun pemilihan tempat berdasarkan letak geografis tidak mengalami musim dingin yang berat dan keamanan atau politiknya.

Kualifikasi Piala Euro 2020 Setiap Babak Pertandingan

Tahapan yang perlu dilalui pada piala Euro ini adalah sebagai berikut untuk mendapat perolehan hasil kualifikasinya.

  1. Babak Grup

Babak awal kualifikasi adalah babak grub, 55 tim akan diundi menjadi 10 grup. Nomor undian berdasarkan peringkat tim dari liga UEFA pada tahun 2018-2019. Lima grup dalam setiap grup terdapat 5 tim dan 6 tim. Dua tim terbaik akan maju ke piala EURO 2020.

Pada babak grup tim A yang lolos adalah tim Inggris dan Ceko, tim B yang lolos ialah Portugal dan Ukraina, tim C Belanda dan Jerman, tim D Swiss dan Denmark, grub E Hongaria dan Kroasia.

Grub F yang lolos Spanyol dan Swedia, grub G ada Polandia dan Austria, grub H yaitu Prancis dan Turki, grub I yang lolos hasil kualifikasi piala Euro, Belgia dan Rusia, dan yang terakhir grub J yaitu Italia dan Finlandia

  1. Play off

Babak play of akan dilanjutkan setelah babak grup selesai guna menentukan 4 tim yang akan lolos ke babak final. Bentuk play off di sini akan dipilih dari peserta Liga Negara UEFA 2018-2019. Tim tersebut dibagi menjadi 4 jallur dengan 4 tim di dalamnya.

Kualifikasi Piala Euro babak play off akan memiliki 2 pertandingan semi final single leg dan final single leg. Pada babak ini tim dengan peringkat terbaik akan bertemu dengan peringkat 4, dan tim yang berada di peringkat 2 akan bertemu dengan tim peringkat 3.

  1. Babak final

Akibat dari virus Corona yang menyebar semakin luas di dunia khususnya benua Eropa maka piala EURO 2020 akan ditunda satu tahun lagi. Waktu penyelenggaraan EURO 2020 akan dijadwal pada bulan Juni dan Juli tahun 2021.

Tim nasional yang maju ke babak final Euro 2020 antara lain negara Italia, Rusia, Polandia, Spanyol, Ukraina, Turki, Prancis, Republik Ceko, Inggris, Swedia, Finlandia, Austria, Kroasia, Jerman, Belanda, Swiss, Portugal, Welas dan negara Denmark.

Hasil Kualifikasi Piala Euro Tahun 2020 Terbaru

Peringkat Keseluruhan Hasil Pengundian Turnamen Final UEFA 2020

Kualifikasi piala Euro secara keseluruhan Inggris berada di urutan pertama dilanjut Belgia dan Italia. Ketiganya mendapatkan point masing-masing 21. di nomor 4 ada Ukraina, selanjutnya Prancis, Jerman, Spanyol Kroasi, Polandia, Denmark, Rusia, Portugal, Turki, Belanda, Austria, Ceko, Swiss, Swedia, Finlandia dan Hongaria.

Selanjutnya ada Serbia, Irlandia Utara, Islandia, Republik Irlandia, Wales, Kosovo, Rumania, Slovenia, Yunani dan Skotlandia. Norwegia, Slowakia, Georgia, Albania, Armenia, Bulgaria, Makedonia Utara, Belarus, Luksemburg, Siprus sampai urutan 55 yaitu San Marino. Negara-negara dengan peringkat bawah tidak akan masuk ke babak final.

Adapun kriteria peringkat berdasarkan dari jumlah poin yang diperoleh selama pertandingan, selisih gol dan jumlah gol yang lebih unggul menentukan peringkat. Jika ada tim yang sudah menerapkan hal tersebut namun nilainya sama maka dilakukan pertandingan lagi. Jika hasil sama maka ditentukan dengan selisih goal grup.

Akibat dari pandemi corona yang meluas di dunia maka pertandingan EURO 2020 tertunda satu tahun lagi. Untuk hasil babak final masih harus menunggu satu tahun lagi meskipun hasil kualifikasi piala Euro tahun 2020 memang sudah ada.