Hasil Pertandingan Liga Spanyol, Atletico Kalahkan Barcelona 1-0

Laga pekan kesepuluh Liga Spanyol pada hari Minggu (22/11) berhasil dimenangkan Atletico yang sedang menghadapi Barcelona. Laga yang berlangsung di Wanda Metropolitani ini menyuguhkan hasil skor 1-0 dari serangan balik Rojiblancos secara kilat. Akibat aksi gegabah Ter Stegen, tendangan tersebut justru menembus gawang milikinya.

Aksi dari kiper Marc-Andre Ter Stegen ketika berusaha untuk menangani serangan lawan ini dianggap sebagai aksi sok tahu. Blunder dari sang kiper berakibat fatal pada hasil pertandingan tersebut karena timnya harus menerima kekalahan di kandang Atletico Madrid.

Barcelona kalah dan gol tunggal dari Yannick Carrasco membuat mereka harus pulang tanpa skor. Padahal, Barcelona baru saja mengalami kekalahan ketika menghadapi Real Madrid. Tentu hasil pada laga hari Minggu kemarin lagi-lagi menambah catatan buruk Lionel Messi dan kawan-kawan.

Gol di Detik-Detik Terakhir Babak Pertama

Babak pertama pada pertandingan Liga Spanyol kemarin di Wanda Metropolitani ini ditutup oleh sebuah gol sebelum memasuki detik-detik terakhir. Bola panjang dari Angel Correa melesat ke arah Yannick Carrasco ketika dirinya sedang berada di batas garis tengah lapangan.

Bola tersebut diterima dengan mulus oleh sang winger asal Belgia itu dan langsung diolah di tengah lapangan. Baru satu detik, kemudian kiper asal Jerman tiba-tiba muncul ke arah Carrasco. Marc-Andre Ter Stegen sudah melihat tendangan bola panjang tersebut dan menanti kesempatan untuk maju.

Niat tersebut dilakukan untuk menghalangi dan memblok Carrasco sebelum winger Belgia itu mendekati gawangnya. Akan tetapi, aksi sang kiper ternyata gagal dan ini terlihat dari gerakan ketika mencoba mencegat lawan. Kelihaian Yannick Carrasco berhasil menyelamatkan bola dan meloloskannya lewat kolong kaki sang kiper.

Bola yang berhasil diamankan kemudian digiring menuju gawang Barca dan ditendang secara akurat ke arah gawang kosong tanpa penjagaan. Lionel Messi mungkin akan sangat tidak menyukai sikap gegabah dari kipernya yang memutuskan untuk maju terlalu awal. Hal senada juga akan dilakukan Ronald Koeman sebagai Manajer Barca.

Gol tunggal yang berhasil dicetak sebelum babak pertama berakhir akan membuat posisi Atletico lebih aman. Hal ini disebabkan karena gol tersebut akan sulit untuk dibalas di babak kedua dengan lini belakang Atletico yang cukup kuat.

Babak kedua seharusnya dimanfaatkan Barca untuk membalas gol dari lawan, tetapi nyatanya hal ini sulit dilakukan. Satu peluang muncul ketika sundulan dari Clement Lenglet di menit ke-58 berhasil ditangkap Jan Oblak meski sudah dilakukan tepat di depan gawang.

Barca menurunkan Philippe Coutinho untuk meningkatkan serangan. Akan tetapi, usaha yang dilakukan ini masih belum membuahkan hasil. Sundulan kedua dari Griezmann untuk Barcelona di menit ke-82 belum mampu membuat Oblak kewalahan. Hingga laga berakhir, belum ada gol tambahan untuk Barca dan Atletico.

Hasil Statistik dan Klasemen dari Pertandingan Atletico dan Barcelona

Barca terlihat mendominasi di bagian tengah lapangan dengan penguasaan bola sebesar 55 persen. Hal ini membuat pertandingan Atletico kontra Barcelona berjalan kurang seimbang. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada segi serangan karena kedua tim bisa dikatakan seimbang.

Skuad Diego Simeone berhasil menghasilkan dua shots on target dan satu di antaranya mencetak gol. Selain itu, empat serangan yang dihasilkan skuad Atletico meleset. Barcelona hanya melepaskan empat serangan on target, namun sayangnya tidak ada serangan yang menjadi gol. Tiga serangan dari Barca lainnya terhitung off target.

Atletico Madrid berhasil mendapat tiga poin dalam laga kontra Barcelona. Tentu hal ini membuat mereka senang mengingat inilah kemenangan pertama Diego Simeone dari kesempatan 18 kali head-to-head melawan Barcelona. Berkat tiga poin tambahan tersebtu, Rojiblancos berhasil menempati urutan kedua dalam klasemen.

Mereka memiliki kesamaan poin dengan Real Sociedad, tetapi hanya berbeda karena kalah selisih gol. Hasil pertandingan pada laga hari Minggu kemarin menjadi sebuah penentu. Kemenangan atas Barca adalah hasil berharga bagi Atletico dalam memburu trofi LaLiga musim ini.

Di musim ini, posisi Real Madrid dan Barca sama-sama sedang tidak diuntungkan karena mengalami kesulitan. Real Madrid baru saja melakukan pertandingan kontra Villarreal beberapa jam sebelumnya dengan hasil 1-1 dan membuat mereka berada di posisi keempat.

Real Madrid hanya mengoleksi 17 poin, sedangkan Barca berada di posisi kesepuluh dengan 11 poin. Memasuki setengah musim, pertandingan sudah dipastikan semakin ketat dan penuh semangat. Terlebih dengan persaingan merebut gelar juara Liga Spanyol oleh beberapa klub terbaik.