Howard Webb akan Jadi Kepala Wasit Liga Premier
Howard Webb akan Jadi Kepala Wasit Liga Premier

Mantan wasit Liga Premier, Howard Webb, akan disahkan menjadi kepala wasit berikutnya dan menggantikan Mike Riley yang secara resmi mengumumkan kepergiannya.

Webb yang saat ini memiliki peran yang sama di Major League Soccer Amerika, masih terikat kontrak hingga Januari.

Di awal bulan Juni, terdapat kabar yang mengungkapkan bahwa klub-klub di kasta teratas Inggris tersebut menginginkan perubahan dalam pengaturan wasit yang memimpin setelah banyaknya kesalahan yang terjadi.

Dalam perubahan tersebut termasuk pengenalan dan penggunaan VAR di kompetisi kasta teratas Inggris, aturan rumit dan masih kurangnya akuntabilitas diantara para wasit.

Mike Riley kini telah meninggalkan posisinya sebagai manajer umum untuk Professional Game Match Officials Limited atau PGMOL mengatakan apabila sekarang adalah waktu bagi dirinya untuk keluar agar tim kepemimpinan yang baru dapat membangun pondasi yang kuat.

Diharapkan Howard Webb masuk dalam tim kepemimpinan baru tersebut dan kepergian Riley dianggap sebagai langkah maju bagi wasit di Inggris.

Meski begitu terdapat penggemar yang menentang penunjukkan Wasit berusia 53 tahun itu, mereka percaya apabila Webb adalah orang dari Manchester United dan dianggap dapat menimbukan bias dan ‘pilih kasih.

Namun sebuah laporan yang dirilis tahun 2014 lalu oleh Mirror menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara pertandingan pimpinan Webb atas MU dibandingkan pertandingan lainnya.

Manchester United memenangkan 29 dari 47 pertandingan yang dipimpin Webb, kalah 10 kali dan seri enam kali.

Kembalinya Howard Webb

Mike Riley (kiri) dan Howard Webb (kanan)
Mike Riley (kiri) dan Howard Webb (kanan)

Webb sebelumnya bekerja sebagai Performance Director di PGMOL setelah mengundurkan diri dari tugas wasitnya pada tahun 2014. Setelah masa tersebut, Webb menjadi direktur wasit pada Federasi Sepak Bola Arab Saudi, kemudian memutuskan pindah ke MLS pada tahun 2017.

Pada 2010, Webb menjadi wasit pertama yang mampu memimpin final Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama.

Nantinya tugas pertama Howard Webb adalah menyelesaikan keluhan yang muncul dari teknologi VAR, sebelumnya hal tersebut diawasi Mike Riley pada tahun 2019.

Richard Masters yang menjabat sebagai kepala eksekutif Liga Premier memuji Riley atas kontribusi dan komitmen untuk PGMOL selama ini. Masters juga mengungkapkan Riley telah bekerja keras dalam pengembangan ofisial pertandingan yang berkualitas serta penerapan VAR di Premier League tiga musim sebelumnya.