Ini Dia 5 Fakta Thomas Doll, Pelatih Baru Persija Jakarta
Thomas Doll

Seperti yang kita tahu, tim berjuluk Macan Kemayoran, Persija Jakarta baru saja resmi mengenalkan Thomas Doll sebagai pelatih baru demi persiapan di Liga 1 2022-2023.

Kabar tersebut diumumkan melalui akun Instagram resmi Persija Jakarta. Dalam unggahannya, Persija mengucapkan selamat kepada pelatih asal Jerman tersebut.

5 Fakta Menarik Pelatih Baru Persija Jakarta, Thomas Doll

Thomas Doll
Thomas Doll

Berangkat dari hal ini, kami akan membahas 5 fakta seputar Thomas Doll. Apa saja itu? Berikut 5 fakta menarik sang pelatih macan kemayoran:

  1. Bawa Jerman Lolos ke Piala Eropa 1992

Tidak jauh berbeda dengan pelatih lainnya, Thomas Doll juga mengawali karir sebagai pemain sepak bola. Klub pertama yang ia naungi adalah Hansa Rostock, yang ia lakoni sejak 1986.

Selain Hansa Rostock, Thomas juga sudah kesana kemari di sejumlah klub di luar Jerman. Mulai dari Lazio dan Bari, dua tim asal Italia. Belum lagi keberadaannya yang didapuk sebagai gelandang tengah juga kerap mengisi timnas Jerman di era 90-an.

Prestasi terbaiknya adalah mampu mengantarkan Der Panzer (julukan timnas Jerman) ke Final Piala Eropa tahun 1992. Meski begitu, ia gagal menorehkan juara, setelah ditaklukan oleh Denmark 0-2 di laga pamungkas. Hingga tahun 2001, Thomas Doll memutuskan untuk gantung sepatu.

  1. Berjaya di Hungaria

Meski lahir dan berkarir di Jerman, sebenarnya Thomas pernah sukses di Hungaria. Setelah meninggalkan Al Hilal di tahun 2012, Ia mencoba peruntungannya di club Hungaria bersama Ferencvarosi TC tahun 2013.

Datang sebagai warga Jerman, siapa yang menyangka Thomas berhasil sukses di negara orang. Ia berhasil mempersembahkan 4 trofi untuk Ferencvarosi TC.

Kemenangan tersebut berasal dari Liga Hungaria (2015-2016) dan tiga Piala Hungaria yang diraih secara beruntun di musim 2015-2017.

  1. Pernah Melatih Borussia Dortmund

Di awal karirnya sebagai pelatih, Thomas Doll masih merambah ke beberapa klub local dahulu. Setelah tiga tahun bersama tim senior Hamburger SV, baru dirinya dipercaya menangani Borussia Dortmund di tahun 2007.

Namun, ia tidak bertahan lama di Signal Iduna Park. Dimana eksistensinya hanya bertahan satu tahun. Melatih Borussia Dortmund, ia tidak berhasil memberikan gelar kepada tim raksasa Jerman tersebut.

  1. Kalahkan Timnas Indonesia

Sebelum resmi menjadi pelatih Persija, rupanya Thomas Doll sempat menginjakkan kaki di ibu kota. Ya, dirinya pernah datang ke Indonesia sebagai pelatih Borussia Dortmund pada pertandingan pramusim 2007, melawan tim Indonesia Selection di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kala itu, tim yang dibawa Thomas berhasil menang. Dimana Borussia Dortmund berhasil mencetak skor 1-0 melalui tendangan penalti oleh Mladen Petric di menit ke-43. Sekarang ini, ia akan kembali ke ibu kota dengan status baru sebagai pelatih persija.

  1. Juara Piala Intertoto 2005

Setelah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2001, pemain asal Jerman ini mulai merambah karier kepelatihan. Adapun tim pertama yang ia tangani adalah Hamburger SV U-19 di tahun yang sama. Mengejutkan, karir kepelatihannya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hingga 2004 ia dipercaya menangani tim utama Hamburger SV. Baru satu tahun melatih senior Hamburger SV, ia menunjukan banyak peningkatan. Tepatnya pada tahun 2005, Hamburger SV berhasil meraih gelar Piala Intertoto.

Kala itu, timnya berhasil mengalahkan Valencia di final, setelah melalui dua leg pertandingan. Dimana ia dan timnya berhasil mencetak skor 1-0 pada leg pertama, lalu di leg kedua, pertandingan berakhir seri 0-0. Tentu saja tim asuhan Thomas Doll menang agregat dengan skor 1-0.

Ya, diatas adalah beberapa fakta menarik seorang Thomas Doll. Pastinya masyarakat tidak sabar untuk melihat potensi baru dari Persija Jakarta, dengan Thomas sebagai juru taktiknya.