Jose Pinto (Barcelona)
Jose Pinto (Barcelona)
Setiap pemain sepakbola pasti ingin dimainkan dalam setiap laga. Namun, persaingan untuk menjadi 11 yang utama dalam tim sepakbola tidaklah mudah. Para pemain dalam satu tim akan saling bersaing demi mendapatkan tempat di tim utama mereka. Namun meski begitu peran pemain cadangan juga tidak bisa dianggap remeh. Mereka kadang menjadi protagonista dalam menentukan kesuksesan sebuah klub.
Dan Berikut ini deretan pemain cadangan dengan trofi yang tidak sedikit yang seperti yang dikutip dari situs Transfermarkt,com.

 

1. Henrique Hilario (Chelsea)
Henrique Hilario (Chelsea)
Henrique Hilario (Chelsea)
Didatangkan oleh Chelsea secara gratis dari klub Portugal, Nacional. Henrique Hilario diproyeksikan sebagai pelapis kiper utama Petr Cech. Selama 8 musim di Chelsea, pria yang kini jadi pelatih kiper Chelsea tersebut berhasil mempersembahkan 4 trofi bergengsi bagi Chelsea hanya dalam 20 laga.

 

2. Hans-jorg Butt (FC Bayern Munchen)
Hans-jorg Butt (FC Bayern Munchen)
Hans-jorg Butt (FC Bayern Munchen)
Pria yang kini berusia 45 tahun tersebut tercatat hanya empat musim membela FC Hollywood. Dalam kurun 4 musim tersebut Hans-Jorg Butt hanya bermain sebanyak 63 laga. Meski begitu Hans-Jorg Butt memberikan 4 trofi bergengsi bagi Bayern Munchen.

 

3. Djimi Traore (Liverpool)
Djimi Traore (Liverpool)
Djimi Traore (Liverpool)
Mungkin inilah pemain paling jarang di dengar oleh anda semua tak terkecuali pendukung Liverpool. Maklum saja selama membela Liverpool dari tahun 1998 sampai 2006 Djimi Traore hanya bermain 88 laga, meski begitu Djimi Traore membantu liverpool memenangkan 4 gelar.

 

4. Jose Pinto (Barcelona)
Jose Pinto (Barcelona)
Jose Pinto (Barcelona)
Dibawah bayang-bayang Victor Valdez yang tampil sempurna di bawah mistar membuat kehebatan Jose Pinto hanya menjadi cadangan mati di Barcelona. Diboyong secara gratis oleh Barcelona dari Celta Vigo, Jose Pinto hanya bermain sebanyak 34 laga bagi Barcelona, meski begitu Jose Pinto membantu Barcelona memenangi 14 trofi dalam kurun waktu 7 tahun.

 

5. David May (Manchester United)
David May (Manchester United)
David May (Manchester United)
Selama 9 musim membela panji Manchester United. David May hanya melakoni 85 laga, meski begitu 7 trophy berhasil dipersembahkannya bagi Manchester United.

 

6. Tomasz Kuszczak (Manchester United)
Tomasz Kuszczak (Manchester United)
Tomasz Kuszczak (Manchester United)
Bersaing dengan Edwin Van Der Sar bukan hal yang mudah, kalau tidak percaya tanyakan itu pada Tomasz Kuszczak. Selama 6 musim Tomasz Kuszczak berada di bawah bayang-banyang Van Der Sar dan dia hanya tampil sebanyak 32 laga. Meski begitu 10 gelar berhasil dia persembahkan untuk Setan Merah.

 

7. Thomas Vermaelen (Barcelona)
Thomas Vermaelen (Barcelona)
Thomas Vermaelen (Barcelona)
Didatangkan dari Arsenal sebagai pengganti Charles Puyol namun Thomas Vermaelen lebih sibuk dengan vederanya. Alhasil pria Belgia tersebut hanya melakoni 34 laga selama 5 tahun membela Barcelona. Namun 8 trofi berhasil dia persembahkan ke klub asal Cataluna tersebut.

 

8. Albert Celades (Barcelona dan Real Madrid)
Albert Celades (Barcelona dan Real Madrid)
Albert Celades (Barcelona dan Real Madrid)
Mungkin Albert Celades adalah cadangan mati paling beruntung di Dunia karena berhasil membela Barcelona dan Real Madrid. Selama 4 tahun membela Barcelona Albert Celades memberikan 6 gelar hanya dalam 72 laga. Sedangkan bersama Real Madrid selama 5 tahun Albert Celades hanya berlaga sebanyak 56 laga dan memberikan 4 gelar.

 

Walaupun mereka hanya sebagai pemain cadangan, tetapi mereka bisa dibilang sukses bersama klub yang mereka bela. Tapi kalau dipikir-pikir percuma saja banyak mendapatkan gelar tapi menjadi pemain cadangan. Itulah pada zaman sekarang banyak pemain sepakbola yang berani mengambil keputusan pergi atau hengkang jika tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain.

 

Bagaimana komentar anda. Jika anda jadi pesepakbola profesional apakah anda rela jadi cadangan namun bergelimang gelar.