Nacho
Nacho
Pelatih Tottenham, Mourinho sering dikritik karena tidak menaruh kepercayaan pada prospek muda tetapi ada beberapa pemain yang diberi debut profesional kepada pemain mudanya dan hasilnya cukup membanggakan. kali ini, penulis akan mengulas 14 pemain yang melakukan debut dibawah Mourinho dan masih aktif bermain di liga teratas Eropa dalam 1 dekade terakhir:

 

1. Scott McTominay
Scott McTominay
Scott McTominay
Mourinho memberi McTominay debut seniornya pada tahun 2017 dan bahkan meraih penghargaan bergengsi dengan menjuarai Piala Liga Eropa dan menebus kepercayaannya dengan mengantar Mourinho membawa pulang hadiah Pelatih Terbaik Tahun itu. “Jose luar biasa bagi saya,” kata McTominay kepada The Times pada 2019. “Anda menyukai apa yang Anda lakukan di lapangan dan bagaimana Anda berada di luar lapangan dan saya merasa Mourinho melihat sesuatu dalam diri saya yang tidak dimiliki orang lain, dan saya berterima kasih.” Dia terus tampil mengesankan sejak kepergian Mourinho, menjadi bagian penting dari lini tengah Ole Gunnar Solskjaer.

 

2. Axel Tuanzebe
Axel Tuanzebe
Axel Tuanzebe
Tuanzebe diberi debut oleh Mourinho dalam kemenangan 4-0 di Piala FA atas Wigan pada 2017. Setelah itu, membantu Aston Villa promosi ke Liga Premier saat dipinjamkan ke klub asal Midlands, bek tengah kembali ke Old Trafford pada awal musim 2019-20.

 

3. Andreas Christensen
Andreas Christensen
Andreas Christensen
Christensen membuat tiga penampilan di bawah Mourinho musim 2014-15, sebelum dikirim dengan status pinjaman ke Borussia Mönchengladbach. sang Bek akhirnya membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di Stamford Bridge di bawah Antonio Conte dan masih menjadi bagian dari skuad Frank Lampard saat ini.

 

4. Ruben Loftus-Cheek
Ruben Loftus-Cheek
Ruben Loftus-Cheek
Mourinho memberikan Loftus-Cheek debut senior Chelsea pada tahun 2014 dalam pertandingan Liga Champions melawan Sporting Lisbon tetapi setelah itu, sang gelandang hanya membuat delapan penampilan dibawah Mourinho. “Jose Mourinho menahannya,” ayah Loftus-Cheek mengatakan kepada Daily Mail pada 2017. Dia membuat 63 penampilan untuk klub setelah kepergian Mourinho, mendapatkan tempat di skuad Piala Dunia Inggris 2018 setelah masa peminjaman yang produktif di Crystal Palace, sebelum cedera tendon achilles menjelang akhir musim 2018-19.

 

5. Dominic Solanke
Dominic Solanke
Dominic Solanke
Striker hebat ini hanya membuat satu penampilan di bawah Mourinho, datang sebagai pemain pengganti saat Chelsea mengalahkan NK Maribor 6-0 pada 2014. Solanke bergabung dengan Liverpool pada akhir kontraknya, tetapi hanya membuat 27 penampilan untuk klub sebelum bergabung dengan Bournemouth pada tahun 2019.

 

6. Diego Llorente
Diego Llorente
Diego Llorente
Llorente diberikan debutnya di tim utama dalam pertandingan terakhir Mourinho sebagai pelatih Real Madrid pada 2013, bermain dari bangku cadangan dalam kemenangan 4-2 atas Osasuna. Bek tengah ini memiliki masa pinjaman di Rayo Vallecano dan Malaga sebelum bergabung dengan Real Sociedad dengan kontrak permanen pada 2017.

 

7. Omar Mascarell
Omar Mascarell
Omar Mascarell
Mascarell juga melakukan debutnya melawan Osasuna pada 2013 tetapi sejak itu ia mengukir karir di Jerman dengan Eintracht Frankfurt dan Schalke.

 

8. Fabinho
Fabinho
Fabinho
Fabinho melakukan debutnya di Real Madrid pada Mei 2013, bermain dari bangku cadangan dan mencatatkan gol keenam dalam kemenangan 6-2 di La Liga atas Malaga. Pemain berusia 26 tahun itu sekarang dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia, setelah bergabung dengan Liverpool dari Monako pada 2018.

 

9. Denis Cheryshev
Denis Cheryshev
Denis Cheryshev
Cheryshev memainkan debut tim utama Real Madrid dalam kemenangan 3-0 atas Alcoyano di Copa del Rey pada tahun 2012 dan itu satu-satunya pertandingan dibawah Mourinho. “Saya tahu bagaimana ia memperlakukan kami, para pemain yang lebih muda, dan ia melakukannya dengan sangat hormat sambil tidak membuat perbedaan di antara kami. “Pertama kali aku berbicara dengannya berhadap-hadapan, jantungku berdegup kencang sehingga kupikir itu akan keluar dari dadaku.” kata Cheryshev kepada VM Daily pada 2012. baru-baru ini Cheryshev menandatangani kontrak dengan Valencia.

 

10. Fernando Pacheo
Fernando Pacheo
Fernando Pacheo
Pemain yang berposisi Kiper tersebut masuk sebagai pemain pengganti menit akhir dalam kemenangan 5-1 Madrid melawan SD Ponferradina di Copa del Rey 2011-12 dan itu satu-satunya penampilannya dibawah Mourinho. Pacheo akhirnya meninggalkan klub pada tahun 2015 dan sejak itu membuat lebih dari 150 penampilan untuk Alaves.

 

11. Nacho
Nacho
Nacho
Nacho adalah pemain reguler untuk tim kedua Real Madrid dan dipanggil ke tim senior untuk pertama kalinya oleh Mourinho pada April 2011. Bek serbaguna sekarang telah membuat 199 penampilan untuk Madrid, memenangkan La Liga, Copa del Rey dan empat gelar Liga Champions.

 

12. Pablo Sarabia
Pablo Sarabia
Pablo Sarabia
Sarabia datang melalui sistem yunior di Madrid dan membuat satu penampilan 18 menit untuk tim utama, menggantikan Cristiano Ronaldo saat menang 4-0 atas Auxerre pada 2010. Pemain 27 tahun itu memiliki musim hebat dengan Getafe dan Sevilla sebelum bergabung dengan PSG pada 2019.

 

13. Antonio Adan
Antonio Adan
Antonio Adan
Adan membuat total 18 penampilan di tim utama Madrid tetapi dirilis tak lama setelah kepergian Mourinho pada 2013. Kiper Argentina kembali ke ibukota Spanyol lima tahun kemudian dan sekarang menjadi cadangan bagi Jan Oblak di Atletico Madrid.

 

14. Alvaro Morata
Alvaro Morata
Alvaro Morata
Morata membuat 18 penampilan untuk Madrid selama tiga tahun Mourinho bertugas dan dijual ke Juventus oleh Carlo Ancelotti pada 2014. “Mourinho memperlakukan kami dengan sangat baik dan merawat kami, menggunakan wortel dan tongkat,” kata Morata pada 2018. Setelah kembali ke Bernabeu dua tahun kemudian, sang striker menandatangani kontrak dengan Chelsea pada 2017 dan saat ini dipinjamkan ke Atletico Madrid.