Jelang EURO Tahun Depan, Timnas Italia Akan Tampil Beda

Timnas Italia menjadi salah satu peserta Piala EURO tahun depan yang cukup diperhitungkan. Pasalnya tim asuhan Roberto Mancini ini sedang dalam performa terbaiknya. Ini semua berkat penampilan pemain muda Italian yang cukup apik hingga menorehkan kemenangan secara beruntun sebanyak 11 di fase grup J.

Italia memang keok pasca gagal masuk Piala Dunia tahun 2018. Namun, agaknya ini justru menjadi pelecut semangat hingga penampilan tim ini semakin maksimal. Ditambah banyaknya pemain muda berbakat Italia yang cukup potensial.

Jelang EURO Tahun Depan, Timnas Italia Akan Tampil Beda

Sehingga Mancini pun berani mengambil statement jika Italia bakal memiliki penampilan beda di EURO 2021 yang akan datang. Pandemi corona memang belum usai dan entah sampai kapan. Terbukti di beberapa negara di benua biru termasuk Italia terus berjuang menghentikan virus mematikan ini.
Dampak cukup signifikan dari virus ini pun harus memaksa Piala EURO dan turnamen lainnya berhenti atau ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Sehingga UEFA juga telah mengambil keputusan jika EURO bakal dihelat tahun depan tepatnya pada musim panas 2021.

Pro kontra terkait penundaan Piala EURO ini pun bermunculan. Namun, bagi Timnas Italia agaknya justru memberikan keuntungan. Pasalnya persiapan untuk menyambut piala akbar tersebut bisa semakin matang.
Wajah Beda Skuat Italia yang Dijanjikan Roberto ManciniBeberapa bulan lalu tepatnya Maret 2020, Mancini manager tim Italia turut ikut berkomentar terkait penundaan Piala EURO. Piala yang sejatinya digelar pada 12 Juni 2020 nantinya terpaksa ditunda hingga tahyn depan.

Hal ini tak lepas dari merebaknya virus corona di beberapa negara di dunia termasuk kawasan benua Eropa. Mancini sapaan akrab manager kawakan ini mengatakan jika penundaan Piala EURO secara tidak langsung berpengaruh pada Timnas Italia.

Namun, pengaruhnya cukup baik sehingga berdampak positif bagi skuat Italia yang ikut berlaga di turnamen bergengsi tersebut. Mancini bahkan menjanjikan Italia bakal tampil beda dengan skuat yang ada. Ditundanya Piala EURO menurut pengakuan Mancini bakal berpengaruh pada performa para pemain Italia.

Skill pemain bisa lebih matang terlebih ketika menghadapi musim panas mendatang. Seperti halnya Nicolo Zaniolo, pemain dengan skill unik ini jelas kemampuannya mengolah si kulit bundar akan lebih terasah dan berpengalaman. Selain Zaniolo, ada pemain Italia lain yang justru merasa beruntung dengan ditundanya Piala EURO dialah Stefano Sensi. Stefano Sensi merupakan pemain andalan klub Inter Milan di bawah asuhan Antonio Conte. Semakin banyak waktu persiapan bagi Sensi ini adalah kesempatan untuknya bisa masuk dalam skuat inti di Timnas Italia jelang EURO mendatang.

Optimisme Italia Raih Trofi Piala EURO 2021

Ditundanya piala EURO 2020 tak menurunkan rasa optimis pelatih Roberto Mancini. Pelatih yang kini mengawal skuat Italia ini tetap pada tujuan awalnya yakni merebut gelar juara Piala EURO. Target juara ini membuat skuat Italia ingin fokus dengan berbagai persiapan agar bisa memberikan penampilan maksimal ketika turnamen digelar.

Menurut Mancini baik tahun ini maupun tahun mentang tetap saja gelar juara bakal Timnas Italia rebut. Agaknya rasa optimisme Mancini ini bukanlah isapan jempol belaka. Ini terbukti dengan kemenangan beruntun yang menutup fase grup J. Kemenangan ini bisa menjadi modal awal yang bagus untuk siap ketika dihadapkan pada turnamen empat tahunan nanti. Terlebih kini Italia memiliki beberapa pemain bagus dengan skill di atas rata-rata. Ditambah dengan kemampuan para pemain muda yang tak bisa dipandang sebelah mata.
Jika ada tambahan waktu persiapan tentu performa mereka bakal maksimal apalagi Italia bakal melakoni laga di Piala EURO melawan tim yang juga berpotensi juara. Selain membidik gelar juara pada perhelatan Piala EURO 2021, Roberto Mancini juga memiliki target lain.

Pria berusia sekitar 55 tahun ini mengaku ingin membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2022. Agaknya ini sebagai balasan atas kegagalan skuat Italia masuk sebagai peserta Piala Dunia 2018 yang tentunya mengundang banyak pertanyaan besar.

Dan inilah kesempatan emas Italia yang harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin. Kegagalan tahun lalu sudah seharusnya menjadi pemantik demi keberhasilan mendatang. Inilah yang menjadi harapan Italia yang optimis dengan skill pemainnya yang cukup mentereng. Ditambah dengan hadirnya punggawa pemain muda di skuat Timnas Italia untuk EURO 2021.