Joan Mir , Emilia Romagna MotoGP. 18 September 2020

Gelar juara MotoGP musim 2020 lalu berhasil didapatkan oleh rider Suzuki Ecstar, Joan Mir yang berhasil menaiki podium juara sebanyak 7 kali selama season berjalan. Kemenangan ini sangat membanggakan pihak Suzuki sebab akhirnya pembalap mereka berhasil menduduki kasta tertinggi.

Akan tetapi, bagi Joan Mir kemenangan tersebut belumlah lengkap. Karena dirinya berhasil juara tanpa bisa berhadapan dengan rider yang selama beberapa season terakhir menjadi langganan menduduki peringkat teratas, yaitu Marc Marquez. Ketiadaan Baby Alien memang membuat persaingan perebutan gelar juara kurang seru.

Hal ini dikarenakan pada awal musim 2020, Marquez mengalami cidera parah pada balapan perdana MotoGP sehingga membuatnya absen hingga akhir musim. Absennya rider asal Spanyol ini membuat peta kekuatan pada MotoGP berubah dan menyebabkan banyak kejutan terjadi di season 2020.

Joan Mir Ingin Bertarung dengan Marc Marquez

Cidera yang dialami oleh Marc Marquez disayangkan oleh banyak pihak, termasuk oleh Joan Mir. Rider berusia 23 tahun ini sangat menyayangkan dirinya tidak bisa berhadapan langsung dengan pembalap terbaik Honda tersebut. Bahkan merasa gelar juara dunia yang didapatkannya tidaklah sempurna.

Bagi rider Suzuki Ecstar tersebut, kemenangannya barulah terasa lengkap apabila telah bersaing dengan sang peraih 6 gelar dunia MotoGP. Bisa berhadapan langsung dengan Marquez akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Joan Mir, apalagi jika dapat mengalahkan rider Honda Repsol tersebut.

Namun, kondisi lengan Baby Alien yang hingga saat ini belum pulih total membuat publik bertanya-tanya apakah sang juara akan kembali berlaga atau absen di musim 2021. Berbeda dengan publik, Joan Mir cukup yakin jika Marquez akan kembali berlaga di season tahun ini.

Tidak hanya keyakinan, tapi juga harapan Joan Mir untuk bertanding dengan sang penguasa ajang balapan motor paling prestisius di dunia tersebut. Sehingga dirinya benar-benar menguatkan keyakinan bahwa Honda Repsol akan kembali diperkuat oleh Baby Alien pada season 2021.

Belum Ada Kepastian dari Pihak Honda

Namun, keyakinan dan harapan sang juara dunia MotoGP 2020 tersebut belum dapat dipastikan oleh pihak Honda Repsol. Sebab hingga saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai apakah Marc Marquez akan turun memperkuat tim Honda atau tidak.

Kondisi tangan yang diakibatkan cidera pada awal musim tahun 2020 yang belum pulih 100% membuat belum adanya keputusan. Kondisi tubuh Marquez sendiri dikatakan tidak dalam kondisi prima sehingga belum dapat dinyatakan turun pada season 2021.

Cidera patah tulang lengan kanan yang dialami Marquez dalam balapan tersebut mengharuskannya menjalani dua kali operasi dan menjalani masa perawatan intensif dan waktu pemulihan panjang. Bahkan sepanjang season 2020 belum cukup untuk mengembalikannya ke kondisi prima.

Hingga kini publik masih menunggu apakah Marquez akan turun ke sirkuit pada balapan perdana atau tidak. Meskipun demikian, Joan Mir tetap optimis akan berhadapan dengan Marquez di arena balap, sebab seniornya tersebut adalah orang ambisius dan hebat. Walaupun belum pulih total, tetap akan kembali berlaga.

Menilai dari sifat baby alien yang ambisius hal ini memang mungkin saja terjadi. Apalagi masih ada capaian ingin diraih rider asal Spayol tersebut di gelaran MotoGP, seperti melampaui sang legenda MotoGP, Giacomo Agostini dengan meraih tujuh gelar lagi dalam ajang MotoGP.

Untuk kepastian apakah akan ada nama Marc Marquez dalam daftar pembalap yang mengikuti balapan MotoGP musim 2021, masih menunggu rilis resmi dari pihak Honda Repsol. Namun, satu yang pasti Joan Mir sudah tidak sabar ingin berhadap dengan peraih 6 gelar juara MotoGP tersebut.