Kalahkan Persija 2-0, PSS Sleman Aman dari Ancaman Degradasi

Pertandingan antara Persija Jakarta melawan PSS Sleman pada Kamis (31/3/2022) sore membuat posisi PSS Sleman aman dari zona Degradasi. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Ngurah Rai tersebut sangat sengit, mengingat ini akan menjadi penentu bagi PSS Sleman.

Dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 itu, PSS Sleman berhasil unggul 2-0 atas Persija. Selain membuat PSS Sleman aman dari zona degradasi, pertandingan ini juga membuat Persija gagal untuk menduduki posisi ke tujuh.

Gagalnya Macan Kemayoran untuk memenangkan pertandingan, membuatnya harus tetap berada di posisi ke delapan. Sedangkan posisi PSS Sleman saat ini melesat ke peringkat 13 dengan 39 poin dari 34 pertandingan yang sudah dilakoni.

Keunggulan PSS Sleman sudah ditunjukkan mulai awal pertandingan berlangsung. Dimana mereka bermain agresif sejak menit pertama di bunyikan. Sedangkan Persija kerepotan menghadapi gempuran tersebut.

Ini tidak lepas dari banyaknya pemain muda yang mengisi posisi Persija di lapangan. Sebagian besar posisi pemain Macan Kemayoran di isi oleh pemain muda, sehingga kesulitan saat menghadapi klub Super Elang Jawa tersebut.

Babak Pertama PSS Sleman vs Persija

Saat peluit babak pertama didengarkan, tim yang dijuluki Super Elang Jawa tersebut mulai melesat dan menyerang Macan Kemayoran. Mereka dengan gesit dan agresif menekan pertahanan Persija Jakarta.

Beberapa kesempatan sempat membuahkan gol di kandang PSS Sleman. Hingga pada menit keempat Super Elang Jawa sudah unggul dan berhasil membobol gawang Adixi Lenzivio. Menit keempat babak pertama ini berhasil dieksekusi dengan baik oleh Dave Mustaine melalui titik putih.

Setelah berhasil unggul, klub yang dijuluki Super Elang Jawa ini mulai bermain santai dan menurunkan tingkat kecepatan serta serangan. Namun meki demikian, Macan Kemayoran masih belum bisa merebut bola dan menghasilkan gol.

Selain itu, meski mereka bermain santai kontrol bola masih berada pada Dave dan kawan-kawan. Mereka lebih banyak mengulur waktu dan bertahan daripada menyerang agresif seperti menit-menit awal babak pertama.

Selama babak pertama Persija Jakarta kesulitan membobol gawang Sleman, hingga babak pertama berakhir kedudukan tidak berubah. Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk PSS Sleman.

Babak Kedua PSS Sleman vs Persija

Setelah peluit panjang babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk Sleman, peluit pertama babak kedua dimulai. Berbeda dengan babak pertama, di babak kedua ini Persija berhasil menekan pertahanan Super Elang Jawa tersebut.

Mereka mulai berhasil mengontrol bola dan membuat tim lawan merasa tertekan, selain itu Macan Kemayoran juga berhasil menciptakan beberapa peluang emas untuk mencetak gol. Namun, beberapa peluang tersebut masih belum bisa dieksekusi dengan baik.

Sehingga skor masih tetap sama, Syahrian Abimanyu dan kawan-kawan belum bisa membubuhkan satu gol pun di gawang lawan. Hingga pada menit berikutnya, giliran PSS Sleman yang kembali menekan Persija Jakarta.

Persija Jakarta dipaksa untuk lebih banyak bermain-main di wilayah pertahanannya sendiri dan sulit untuk menembus wilayah lawan. Hingga pada menit ke-82 Super Elang Jawa berhasil mengoyak gawang Macan Kemayoran lagi.

PSS Sleman berhasil menambah point di menit ke-82 dari kaki Kim Jeffrey Kurniawan, Kurniawan berhasil mengeksekusi bola dengan baik, sehingga Adixi Lenzivio tidak berhasil menangkapnya. Skor menjadi 0-2 untuk PSS Sleman.

Hingga babak kedua berakhir tidak ada gol yang tercipta, selain itu Persija Jakarta juga tidak banyak membuat peluang bagus. Peluit panjang berakhir dengan kemenangan 0-2 untuk PSS Sleman.

Kemenangan ini membuat Super Elang Jawa secara resmi aman dari ancaman degradasi dan membuatnya berada di peringkat ke-13 klasemen sementara. Sedangkan Persija harus puas di posisi ke-8 klasemen.