Kevin de Bruyne Resmi Dapatkan Lisensi Kepelatihan UEFA A
Kevin de Bruyne Resmi Dapatkan Lisensi Kepelatihan UEFA A

Kevin de Bruyne sudah semakin dekat menjadi seorang pelatih yang mengelola klub di masa depan. Bintang Belgia itu dilaporkan sudah memiliki lisensi kepelatihan UEFA A. Maestro lini tengah Belgia dan Man City itu dinilai cukup layak menjadi pelatih.

3 bintang Man City menjalani langkah awal untuk menjadi pelatih menyusul karir sepak bola yang semakin di masa puncak. Trio Man City ini dinilai akan menjadi pelatih dalam waktu dekat. Pep Guardiola juga bisa dibilang menjadi motivasi mereka.

Efek dari pelatih Catalan ini membuat mantan pemain dan kolega-nya memiliki keinginan jadi pelatih. Dengan kesuksesan Mikel Arteta di Arsenal, Xavi di Barcelona, Kompany, Theiry Hendry, dan banyak lagi mantan rekannya, ada kaitan dengan Pep.

Kini, Kevin de Bruyne, Ikay Gundogan, dan Fernandinho telah menjadi 3 pemain city dengan umur yang berbeda, dan telah mengikuti jejak Pep di Etihad Stadium. Kalau berbicara soal de Bruyne, sang pemain memang sangat layak di dunia kepelatihan juga.

Lisensi Kepelatihan Ini Membuat de Bruyne Bisa Melatih Klub Papan Atas 

Kevin De Bruyne dan Pep Guardiola
Kevin De Bruyne dan Pep Guardiola

Kevin de Bruyne baru saja mendapat gelar diploma di bidang kepelatihan, dan melewati batas syarat lisensi UEFA A. FA Belgia sebelumnya memiliki proyek yang cukup unik pada 2019 lalu dengan 19 pemain, termasuk de Bruyne, dikerahkan untuk mendapat lisensi.

Lisensi A dan B itu disediakan pada saat tugas internasional mereka. Tetapi dilaporkan pada hari Selasa semalam, hanya 10 orang yang mendapat lisensi UEFA A, dan salah satunya adalah De Bruyne. Dan badge pelatih ini memiliki kesempatan latih klub besar lain.

Banyak yang mengatakan kalau pada musim ini, De Bruyne akan menjalani karir pelatihnya di sesi akademi Manchester City muda, yaitu MC U16. Apalagi lisensi A ini hanya di bawah grade UEFA Pro, seperti yang dimiliki oleh para pelatih top, termasuk Pep Guardiola.

Pada 2019 lalu, Kris Van Der Haegan, direktur edukasi kepelatihan Asosiasi Sepak Bola Royal Belgia mengatakan ke Training Ground Guru kalau era emas timnas Belgia akan ditambah dengan masa mengabdi sebagai pelatih, dan 19 pemain timnas itu terpilih.

Mereka adalah Boyota, Martens, Mignolet, Praet, Sels, Trossard, Tielemans, Vertonghen, dan Witsel. Dia mengatakan kalau ini hanya untuk pemain yang mencatat 50 laga di skuad Belgia, dan setelahnya baru bertambah, termasuk juga Kevin de Bruyne pada 2019.

Persiapan ini dilakukan asosiasi sepak bola Belgia karena masa emas timnas itu akan segera berakhir. Nama-nama besar seperti Lukaku, Hazard, de Bruyne, dan lainnya sudah di masa akhir karir di timnas. Sehingga persiapan menjadikannya pelatih dinilai strategis.

De Bruyne Cukup Pantas Menjadi Seorang Pelatih

Kevin De Bruyne
Kevin De Bruyne

Dari nama lain, Kevin de Bruyne menjadi yang paling banyak dibicarakan. Karirnya di Manchester City telah sangat luar biasa, dan dalam 5 tahun terakhir, Kevin de Bruyne selalu memiliki peran sentral di Man City, dan telah berhasil mendapatkan 4 gelar domestik Inggris.

Pada musim ini, de Bruyne mencetak 15 gol dan membuatnya mendapatkan gelar sebagai pemain terbaik Premier League 2021-22, mengalahkan Mohamed Salah. Selain itu, de Bruyne juga meraih gelar dari banyak media sebagai pemain paling berpengaruh musim ini.

Kevin de Bruyne menjadi salah satu pemain yang bisa menjadi penerus Pep Guardiola di klub Man City. Dia pada musim ini akan mulai sesi kepelatihan di Man City U16 setelah berhasil raih lisensi UEFA Grade A. Namun, performa de Bruyne memang membuatnya layak.