LaLiga Tanpa Penonton, Ini Komentar Para Pemain Sepak Bola

nonleaguezone.com – Sempat mengalami penundaan akibat pandemi corona, kini jadwal baru LaLiga resmi diumumkan. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) kabarnya memutuskan Liga Spanyol ini akan kembali dimulai pada 12 Juni 2020 mendatang. Meski kondisi saat ini belum terlalu baik namun RFEF terus berupaya mencari solusi agar LaLiga segera bergulir kembali.

Salah satu cara yang disebut-sebut adalah rencana pelaksanaan LaLiga hingga 2021 tanpa penonton. Kebijakan itu digadang-gadang akan menjadi New Normal di LaLiga. New Normal terpaksa di ambil mengingat Spanyol termasuk dalam jajaran tertinggi negara dengan kematian terbesar akibat corona.

“New Normal” LaLiga itu tentu memancing berbagai pendapat dari pihak klub, pemain, maupun penonton sendiri. Bagi klub hal ini tentu akan berdampak bagi finansial, pasalnya pendapat klub sebagian besar didapat dari penjualan tiket pertandingan dan merchandise.

Bagi para pemain sepak bola, dukungan dari para suporter bisa sangat mempengaruhi atmosfer dilapangan. Menambah semangat para pemain dan memperbaiki mental dilapangan. Sedangkan bai para penonton sendiri, pertandingan sepak bola merupakan sarana hiburan yang sangat menyenangkan ditengah ketakutan akibat virus corona.

Apalah daya bagi (RFEF), LaLiga bukanlah bisnis belaka, ada banyak orang yang harus dilindung khususnya pemain sepak bola dan penonton sendiri. Kesadaran inipun disambut baik dari pemain-pemain sepak bola lainnya, berikut ungkapan mereka tentang hadirnya New Normal di LaLiga.

Adaptasi Kondisi New Normal, Kunci Sukses Juara LaLiga

Pendapat “New Normal LaLiga” pertama datang dari Toni Kroos. Pemain berusia 30 tahun itu menyambut baik kebijakan baru tersebut. Kroos beranggapan bahwa New Normal ini akan membawa tantangan dan pengalaman baru bagi semua pesepak bola dunia, termasuk Madrid.

Bagi Kroos, dukungan dari para suporter sangat penting, apalagi kini Madrid menempati posisi kedua di klasemen sementara LaLiga dengan 56 poin. Hanya beda tipis saja dari Barcelona yang memegang posisi pertama dengan 58 poin.

Sangat penting bagi semua pemain untuk banyak mengasah aspek fisik, feeling dengan bola dan kolaborasi tim, ungkap Kroos yang dilansir dari Harian Surat Kabar Spanyol, Marca. Terlebih bagi Madrid yang masih mempunyai sisa 11 pertandingan dan harus terus bersaing merebut juara satu dengan Barcelona.

Kroos yakin bahwa dengan 11 pertandingan yang tersisa bagi Madrid, peluang besar merebut kemenangan masih sangat mungkin didapatkan. Apalagi Madrid hanya sisa 2 poin dari Barcelona. Ia juga menambahkan bahwa ini kali pertamanya Mardrid bertanding tanpa penonton, demikian juga bagi semua pemain di LaLiga.

Pertandingan tertutup akan membawa perubahan besar bagi dunia sepak bola. Hingga  akhirnya tim yang paling bisa beradaptasi dengan New Normal LaLiga saja yang akan memenangkan pertandingan. Sebaliknya tim yang jatuh mentalnya dan tidak bisa beradaptasi akan merosot peringkatnya.

Benzema Serukan Suporter Untuk Tepat Mendukung dari Rumah Saja

Ungkapan Kroos tersebut tentu ada benarnya. Apa artinya pertandingan tanpa penonton dilapangan. Pasti akan terasa berbeda, namun saat inilah kualitas para pemain diuji.  Pendapat serupa datang dari Benzema, pemain penyerang di Madrid.

Real Madrid merupakan klub besar dengan suporter yang siap menyerang mental tim lawan didalam pertandingan. Selain itu Madrid juga akan kehilangan aura menyeramkan dari stadion Santiago Bernabeu karena harus menjalani renovasi di musim ini. Sehingga Madrid terpaksa menyingkir sementara di Stadion Alfredo di Stefano.

Meski demikian Madrid merupakan tim yang hebat. Namun dua hal yang pastinya berpengaruh besar bagi Madrid. Pasalnya tanpa disadari kedua hal tersebut merupakan sumber semangat positif yang biasanya pemain Madrid dapatkan.

Dikutip dari Sportkeeda, Benzema menyuarakan bahwa pertandingan musim ini tentu akan sangat berbeda sehingga Madrid selalu membutuhkan dukungan penuh dari suporter. Dukungan yang dimaksud tak serta merta memaksa para penonton hadir di lapangan.

Justru sebaliknya Benzema sangat berharap bahwa para fans dan penonton tetap memberikan mendukung penuh dengan menyaksikan pertandingan Madrid melalui live streaming dan tetap mendoakan kemenangan mereka.

Benzema juga mengungkapkan bahwa Madrid akan tetap memberikan performa yang terbaik agar dapat memenangkan laga musim ini. Sebab kemenangan sangat penting bagi fans, klub, dan pemain Madrid sendiri.