Legenda Fans Liverpool Harusnya Dukung Klub Bukan Pemain

nonleaguezone.com – Liverpool adalah salah satu klub sepak bola dunia yang namanya dielu-elukan oleh semua pecinta sepak bola. Mengingat, klub ini memiliki sepak terjang luar biasa di tengah lapang dengan hasil prestasi gilang gemilang. Tak hanya itu saja, Liverpool juga menjadi klub yang memiliki gaya permainan sendiri tak seperti klub lainnya.

Prestasi yang dicetak Liverpool selama 3 musim terakhir memang begitu mengagumkan. Berbagai trofi dunia telah ia dapatkan mulai dari Liga Champions, Piala Dunia Klub, hingga Liga Eropa berhasil dibawa ke markas mereka. Tak heran jika semakin banyak fans yang menyukai grup kenamaan dunia satu ini.

Performanya yang apik membuat para fans tergila-gila terutama rasa cintanya pada pemain-pemain hebat yang menyumbang gol-gol cantik bagi Liverpool. Hal tersebut adalah wajar terjadi. Namun, para fans The Reds justru berlomba-lomba untuk mendukung pemain Liverpool saja tanpa kepikiran untuk mendukung klubnya.

John Barnes, legenda Liverpool kemudian mengingatkan jika fans The Reds harusnya mendukung klub Liverpool bukan fokus ke subyek antar pemain. Ia juga menyarankan untuk para fans agar memuji dan mengagumi dengan cara yang tak berlebihan pada masing-masing pemain. Mengingat hal tersebut dapat menimbulkan kecemburuan dan kerusuhan dalam tim.

Ini Kata Legenda Liverpool Soal Fans The Reds

John Barnes yang telah arang melintang bermain bersama Liverpool mengingatkan jika yang benar adalah mengagumi klub, bukan pemain. Hal ini dikarenakan, pemain akan selalu datang dan pergi seiring dengan waktu yang berganti. Tak jarang juga diantara mereka ada yang berpindah ke klub rival Liverpool.

Perpindahan pemain yang diidolakan dari Liverpool ke grup lainnya akan membuat para fans Liverpool merasakan sakit hati yang dalam. Meskipun hal ini bukan sesuatu yang baru lagi bagi mereka. Pasalnya, mereka kerap kali merasakan kecewa saat pemain idaman pergi ke grup lainnya.

Sebut saja rasa kekecewaan saat kehilangan Fernano Torres, Philippe Coutinho, hingga Luis Suarez yang menyisakan kekecewaan teramat dalam. Belajar dari pengalaman tersebut, Barnes menyarankan kepada para fans untuk mengagumi pemain secara wajar. Khususnya untuk Sadio Mane, Virgil Van Dijk, Mohamed Salah, hingga para punggawa hebat Liverpool lainnya.

Kekhawatiran Barnes akan Kecintaan Terhadap Pemain

Tak hanya karena alasan rasa sakit hati saja, Barnes juga mengingatkan dukungan para fans yang tak berlebihan ini bertujuan untuk menjaga kondisi pemain dan tim. Mengingat kecintaan berlebihan membuat suasana permainan tim yang tak kondusif dan nyaman. Pasalnya, ada beberapa pemain yang nantinya besar kepala dan bersikap arogan dalam tim.

Seperti yang dikutip dari Goal pada Rabu (03/06/2020) Barnes mengatakan jika ia selalu mengingatkan kepada para fans untuk tak mendukung pemain namun, memberikan dukungan penuh pada klub. Mengingat seorang pemain tak bisa dipaksa untuk selalu bertahan di sebuah klub. Kecintaan berlebihan juga membuat pemain merasa lebih kuat dari klub.

Hal tersebut dapat berdampak pada kurangnya rasa bertanggung jawab pemain atas setiap penampilannya dalam pertandingan. Berbeda saat yang dipuja adalah klub, maka pemain akan terus merasa berperan, bertanggung jawab, dan loyal kepada klub. Hal ini akan membuat klub semakin kuat, tangguh, dan juga semakin solid.

Keyakinan Barnes di Bawah Asuhan Jurgen Klopp

Meski sempat dirundung rasa khawatir akan para fans The Reds, namun Barnes juga merasa tenang. Pasalnya, situasi terburuk di atas tak akan bisa terjadi selama Liverpool berada di bawah asuhan Jurgen Klopp. Hal tersebut dikarenakan kontrol Klopp yang tinggi kepada para pemain Liverpool.

Pemberian kontrol tersebut membuat pemain tak bisa bertindak melampaui batas dan aturan karena memiliki pemimpin teladan. Mengingat kontribusi Klopp dalam Liverpool tak perlu diragukan lagi. Klopp berhasil membawa Liverpool ke dalam masa kejayaan dengan memborong sederet trofi kenamaan dunia yang ditunggu sejak lama.

Kehadiran Klopp sebagai manajer Liverpool juga menjadi salah satu faktor penambahan kecintaan para fans terhadap The Reds. Perpaduan apik ini yang mampu membuat klub semakin tangguh dan tak puas diri dalam menghadapi kemenangan. Tak heran jika nama Liverpool aka selalu muncul dalam top klasemen.