Sejarah Premier League
Sejarah PRemier League

Siapa sih yang tidak tahu Liga Premier Inggris atau English Premier League? Liga ini sudah menginjak musim yang ke-27 pada musim 2018-2019. Liga ini adalah liga yang mempunyai fans paling banyak di dunia terutama di era Milenium.

Liga ini menjadi patokan bagaimana sepakbola harusnya berlangsung. Cepat, fisik, kompetitif, dan amat sangat menghibur, itulah yang menjadikan Liga Inggris ini menjadi tontonan sepakbola yang paling menarik di dunia dan menginspirasi banyak pecinta maupun pelaku sepakbola.

Tentu untuk menjadi seperti sekarang ini, Liga Premier Inggris juga melewati banyak sekali hal di dalam perjalanannya, banyak juga sejarah-sejarah dan pengaruh yang membuat kompetisi ini menjadi seru dan menarik. Nah, ini dia 5 sejarah unik dari Liga Premier Inggris.

1.Football League adalah nama sebelum Liga Premier

Football League Logo
Football League

Inggris sudah bermain sepakbola sejak lama. Bahkan kini Liga Premier Inggris sudah berjalan sekitar 25 tahun semenjak kick-off pertama kalo pada tahun 15 Agustus 1992. Namun ternyata La Liga sudah ada sejak tahun 1929. Nah, jadi mana nih yang lebih tua??

Sebelum Liga Premier ternyata Inggris sudah mempunyai liga yang sudah berdiri sejak tahun 1888. Namanya adalah Football League. Sedangkan piramida liganya dimulai dari divisi satu sampai divisi empat, dimana semua klub Inggris berpartisipasi.

Football League ini dibentuk sebulan setelah Final FA Cup tanggal 2 Maret 1888. Salah satu orang yang berperan penting dalam pembentukan Football League tersebut adalah Direktur Aston Villa, William McGregor.

Saat itu William McGregor mengatakan pada semua klub dan mencari sebuah sistem dimana mereka bisa memutuskan jadwal pertandingan dan memiliki beberapa kemiripan dengan olahraga lain pada umumnya.

2. Perubahan pada sistem

Bencana Hillsborough, 15 April 1989
Bencana Hillsborough, 15 April 1989

Walaupun dunia persepakbolaan Inggris mendapatkan kesuksesan besar, namun Football League mempunyai banyak sekali masalah pada akhir tahun 1980-an. Kualitas persepakbolaan Inggris saat itu sangat buruk, oleh karena itu perlu adanya perubahan.

Saat itu, banyak sekali fans sepakbola yang menderita karena hooliganisme dan vandalisme, selain itu juga kualitas stadion yang amat sangat jelek, dan sempat terjadi bencana Hillsborough serta larangan kompetisi selama lima tahun gara-grara bencana di Stadion Heysel 1985.

Secara pendapatan dan kehadiran penonton, Liga Inggris kalah jauh dengan Spanyol dan Italia. Lalu 10 klub divisi utama mengancam untuk memisahkan diri dan membentuk Super Liga, tapi hal tersebut batal karena adanya kesepakatan dengan Sky Sports.

Itulah sebabnya Premier League dibuat.

3. Sky Sports berpengaruh besar

Sky Sports
Sky Sports

Sky Sports mengalahkan ITV ketika mereka berdua berebut hak siar Premier League. Sky Sports menawarkan uang sebesar 304 Poundsterling (sekitar 5 Trilyun) yang mau menjadi Premier League. Walaupun saat itu Sky Sports tergolong TV yang baru saja berdiri, taktik Sky Sports tergolong mujarab.

Sky Sports menjadi mitra resmi Premier League sejak Premier League berdiri, bahkan kabarnya kesepakatannya kini mencapai 5 Milyar Poundsterling untuk tahun 2016-2019.

4. Tak ada Premier League tanpa FA

FA Premier League
FA Premier League

Saat itu klub top Inggris ingin melepaskan diri dari Football League agar lebih bisa menikmati popularitas, namun mereka terhalang karena mereka tidak akan punya kredibilitas tanpa dukungan liga yang sudah tua.

Di saat itulah viceo-chairman Arsenal, David Dein, melihat cara baru dengan mendekati FA untuk meminta dukungan dari mereka.

Saat itu memang hubungan FA dengan Football League tidak baik. Dein membujuk FA agar mendukung mereka dengan membuat liga baru. Rencana tersebut ternyata berjalan dengan sangat baik, FA pun merasa ini cara yang pas untuk meruntuhkan status liga sebelumnya dan FA akhirnya setuju dengan liga baru yang menggunakan nama mereka.

5. Liga tidak selalu 20 tim

Chelsea FC Memenangkan Premier League
Chelsea FC Memenangkan Premier League

Banyak orang mengira Premier League selalu diikuti oleh 20 tim dengan 38 pertandingan di setiap musim, namun ternyata tidak demikian. Musim perdana Premier League diikuti 22 klub.

Pada musim 1995/1996, sistem tersebut dirubah menjadi 20 klub karena desakan FIFA. Karena aturan baru tersebutlah maka empat klub dari divisi utama terdegradasi dan hanya dua yang dipromosikan.

Lalu pada musim 2007/2008 FIFA ingin mengurangi jumlahnya lagi. Ia ingin hanya ada 18 klub, namun Premier League menolaknya dan tetap bertahan pada 20 tim.

Info Berita PIALA EURO 2020, disini
Pasaran Bola TERUPDATE, disini