Liga Sepak Bola Dunia Vs Corona
Liga Sepak Bola Dunia saat Pandemi Corona

Penyebaran COVID-19 tak hentinya memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia di seluruh belahan dunia. Selain perekonomian, pariwisata, mobilitas penduduk, Corona juga turut mempengaruhi dunia sepak bola. Dampaknya tidak hanya diderita negara terdeteksi virus ini namun mendampak secara global.

Sejak awal persebaran wabah ini kegiatan yang melibatkan banyak orang dan memicu kerumunan orang memang sangat dihindari. Sebut saja pertandingan antara dua klub bola besar yakni Juventus VS Inter Milan menjadi pertandingan pertama yang digelar tanpa penonton sebagai imbas pandemik yang satu ini.

Di sisi lain merebaknya wabah ini tak memiliki pengecualian. Beberapa orang pelatih klub sepak bola dunia dan pemainnya masuk ke dalam daftar pasien positif corona. Hal ini membuat manajemen klub bahkan FIFA mulai membuat berbagai kebijakan yang bersifat antisipatif dan solutif untuk diterapkan dan diatasi bersama.

Dari dalam keadaan klub sepak bola sendiri mulai muncul banyak permasalahan. Terlebih setelah melalui reschedule, penundaan, hingga pembatalan pertandingan dunia sepak bola yang biasanya gagah perkasa kini mulai lunglai. Solusi baru berupa perpanjangan musim juga kebijakan kontrak dan transfer pemain pun tengah digarap FIFA. Berikut telah dirangkum untuk anda.

Pertandingan Tanpa Penonton

Sebelum berhenti sejumlah pertandingan sepak bola juga ikut dilakukan tanpa penonton. Berbagai laga klub baik di Eropa, Amerika Latin, dan lainnya terpaksa harus dilakukan tanpa kehadiran penonton. Hal ini tentu bermaksud baik selain untuk menyelamatkan banyak orang juga para pemain yang menjadi aset klub-klub sepak bola.

Sebelumnya Daily Mirror mengungkapkan ada beberapa laga yang akan tetap digelar depan penggemar. Namun hingga kini keadaan yang memungkinkan itu tidak pernah terjadi. Bahkan beberapa laga di Amerika Latin seperti Brazil yang sebelumnya dilaksanakan secara normal kini berhenti total. Stadion tempat penyelenggaraan pertandingan pun dialih fungsikan sebagai tempat perawatan pasien corona.

Penghentian Pertandingan

Berdasarkan rangkuman yang didapat dari berbagai media bukan hanya liga besar sekelas Eropa yang dihentikan karena wabah ini. Persepak bolaan global diseluruh benua ramai-ramain dihentikan. Sebut saja Liga Inggris, Liga Champions, EUFA, Copa del Rey, sampai Copa Amerika juga ramai-ramai ditunda atau diberhentikan setelah sebelumnya hanya akan diundur beberapa waktu.

Pemberhentian menjadi solusi yang ditempuh sebab keadaan tak kunjung membaik dan tidak menemukan waktu yang pas untuk jadwal pergantian dekat-dekat ini.  Banyak pertandingan kini berstatus diundur tanpa batas waktu. Hal ini memang mau tidak mau mesti dilakukan walaupun sudah pasti akan berpengaruh pada kalender musim sepak bola

Liga Sepak Bola Dunia Vs Corona
Liga Sepak Bola Dunia saat Pandemi Corona

Karantina Sejumlah Pemain

Tidak berhenti sampai di pemberhentian pertandingan, wabah corona juga sudah menginfeksi beberapa tokoh persepak bolaan dunia. Mulai dari pelatih sepak bola hingga beberapa pemainnya pun masuk ke dalam daftar orang yang positif mengidap corona. Hal ini membuat klub sepak bola termaksud juga lainnya mengambil kebijakan mengkarantina pemainnya.

Sejumlah pasien positif corona terkonfirmasi merupakan pemain sepak bola. Pemain-pemain tersebut berasal Hannover, Arsenal, Chelsea, Valencia, Elche, Espanyol, Shandong Luneng, Juventus, Fiorentina, Sampodoria, dan Verona. Bahkan mantan presiden Real Madrid, Lorenzo Sanz dikabarkan meninggal dunia setelah terjangkit wabah yang satu ini.

Perpanjangan Musim

Setelah mengetahui beberapa pemain sepak bola dan banyak negara mulai sudah memiliki kasus pasien positif corona dengan jumlah yang tidak sedikit FIFA akan mengeluarkan kebijakan perpanjangan musim. Musim sepak bola 2020 yang direncanakan akan di mulai pada Juni sampai dengan September tahun ini akan diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan.

Kebijakan yang diambil ini bukan tanpa risiko. Perpanjangan musim berarti akan mengubah susunan kalender sepak bola musim selanjutnya. Berbagai liga di dunia yang tengah berjalan pun harus dihentikan secara total. Tidak sampai disitu perpanjangan musim juga akan berpengaruh pada para pemain di dalamnya karena kontrak terikat dalam batas waktu.

Menanggapi masa kontrak pemain apalagi pemain dengan kontrak yang akan habis pada 30 Juni 2020 FIFA mulai bersuara akan kebijakannya. Karena pandemik ini harus memperpanjang musim sepak bola, maka FIFA mengizinkan kontrak perpanjangan pemain. Namun hanya untuk pemain yang kontraknya akan habis pada bulan Juni depan.