Lionel Messi dan Pele, Kesamaan Dua Pemain Legenda Sepak Bola

Seperti yang sudah Anda ketahui jika menciptakan gol dalam pertandingan sepak bola merupakan salah satu dimana menjadi penentu akan kemampuan dari pemain tersebut sendiri. Seperti yang akan dibahas mengenai dua pemain legenda dunia persepakbolaan, Lionel Messi dan Pele. Dimana keduanya memang menjadi idola banyak orang.

Saat bermain imbang dengan lawannya Valencia, Lionel Messi berhasil menciptakan satu gol. Meskipun demikian, satu gol dari La Pulga tersebut juga berhasil menyamai skor yang cukup legendaris dari Pele. Barcelona main imbang 2-2 dengan Valencia di minggu ke-14 La Liga di Camp Nou Sabtu malam.

Untuk dua gol yang berhasil didapatkan Barca tersebut berasal dari Ronaldo Araujo dan juga Lionel Messi . Untuk dua skor yang diciptakan oleh Valencia sendiri dibuat melalui Maximiliano Gomez serta Mouctar Diakhaby. Gol yang di ciptakan oleh Messi sendiri berhasil membuat sebuah peningkatan prestasi yang menarik.

Hanya dengan satu skor yang dibuat oleh Messi dalam pertandingan tersebut, berhasil membawa dirinya masuk dalam catatan sejarah. Dirinya berhasil menyamai sebuah rekor koleksi gol yang paling banyak dalam satu klub dimana didalamnya ada Pele. Sekarang ini Messi membuat 643 gol untuk Barca.

Jumlah yang didapatkan Messi tersebut juga merupakan jumlah sama dengan gol dari pele selama bermain di Santos. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak penggemar sepak bola jika Messi dan pele, keduanya merupakan pemain paling hebat dan berbakat pernah ada. Bahkan ada beberapa kesamaan antara keduanya.

Kesamaan Antara Messi Dan Pele

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pertandingan melawan Valencia dengan skor imbang membuat Messi mampu menyamakan jumlah gol dengan Pele. Dimana Pele membuat gol 643 untuk santos dan Messi pada barca. Keduanya sama-sama mencetak skor paling banyak hanya untuk satu klub saja.

Selain itu kesamaan lainnya yakni saat tampil di Camp Nou. Dimana Messi berhasil menciptakan sebanyak 378 gol dan Pele yang bermain 3 kali di Camp Nou di tahun 1959 juga 1960 berhasil membuat 3 gol didalam tiga pertandingan. Ditahun 1963 Pele berhasil membuat skor lagi.

Sepanjang karirnya Pele terlihat memakai nomor punggung 10 di klub Santos dan New York Cosmos. Namun Messi memulai karir di olahraga sepak bola dengan menggunakan nomor punggung 30. Akan tetapi tidak lama kemudian menggantinya dengan nomor 19 dan kini menggunakan 10. Nomor punggung 10 pertama kalinya digunakan saat musim 2008/2009.

Kedua pemain terhebat tersebut juga mulai debut karirnya pada pertandingan persahabatan. Ditahun 1956, Pele debut resmi dengan Santos di usia ke-15 tahunnya. Untuk lawannya sendiri ialah Corinthians. Sementara Messi tampil pertama kali pada tim utama pertandingan persahabatan lawan FC Porto tahun 2003 (16 tahun).

Prestasi yang Sama Messi dan Pele

Dalam 786 pertandingan, tercatat Pele berhasil menciptakan sekitar 757 gol. Hal ini mengungkapkan jika rata-rata skor dalam pertandingan ialah sekitar 0.98. Namun untuk Messi mempunyai rata-rata menciptakan gol 0.79 setiap pertandingan. Bahkan keduanya juga sama-sama mendapatkan beberapa penghargaan pribadi dimana banyak memenangkan atlet individu.

Seperti pertama saat Golden Ball pada Piala Dunia dimana dimenangkan Pele. Pada tahun 2014 lalu, Messi berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Messi dan Pele juga dinobatkan dalam kategori sebagai The Most Important People of the Century dalam majalah time. Dimana pada tahun 1999 Brasil berada di puncak daftar.

Sementara itu Messi melakukan hal yang tidak berbeda di tahun 2012. Kesamaan lainnya ialah pada prestasi keduanya dimana sama-sama sebagai pencipta gol paling muda piala dunia. Mereka berdua juga pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Selain itu di Amerika Selatan keduanya berhasil mencetak gol paling banyak.