Liverpool Juara Community Shield, Klopp Puji Darwin Nunez
Liverpool Juara Community Shield, Klopp Puji Darwin Nunez

Berhasil menjadi juara Community Shield 2022, membuat sang pelatih bahagia. Jurgen Klopp pun memuji Darwin Nunez yang punya andil besar bagi kemenangan mereka.

Meski baru bermain pada babak kedua, tetapi striker asal Uruguay tersebut menampilkan performa apik.

Didatangkan dari Benfica dengan rekor transfer sebesar 85 juta euro, Nunez tampil memukau dengan mencetak 1 gol pada pertandingan tersebut.

Selain itu, kehadiran Darwin Nunez pada babak kedua juga ikut berpengaruh saat Liverpool mendapatkan penalti yang berhasil diubah menjadi gol oleh Mohammed Salah.

Dikutip dari Sky Sports, Klopp mengatakan apabila hal tersebut sangat bagus, dirinya menganggap keadaan tim yang dilatihnya semakin baik seiring dengan berjalannya waktu.

“Kita hidup dimana hampir semua orang dinilai dari kesan pertamanya, yang mana itu tidak membantu siapapun, meski nyatanya hal tersebut terus-menerus terjadi.” tambah Klopp.

Menurut pelatih berusia 55 tahun itu, Darwin Nunez akan tetap mempunyai pengaruh yang luar biasa meski dirinya tidak mampu menyumbangkan gol pada laga itu.

“Saya kira ia akan tetap baik saja meski tak berhasil membuat gol, karena penalti yang terjadi merupakan hasil sundulannya,” kata Klopp.

Jalannya Babak Pertama

Firmino dan Salah pada laga Liverpool vs Manchester City
Firmino dan Salah pada laga Liverpool vs Manchester City

Walau pada awalnya dianggap sebagai underdog, Liverpool justru mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 atas Man City.

The Reds dianggap tak percaya diri, karena tidak memasang Darwin Nunez sejak babak pertama dan lebih memilih Roberto Firmino.

Berbeda dengan City, yang memainkan Erling Haaland sejak menit pertama bersama Riyad Mahrez dan Jack Grealish.

Tetapi Liverpool mampu membuat lebih banyak peluang pada awal pertandingan melalui trio Mo Salah, Trent Alexander-Arnold dan Luis Diaz.

Tim asuhan Klopp pun unggul lebih dahulu pada menit ke-21 setelah umpan dari Salah mampu dikonversi Alexander-Arnold menjadi gol.

Meski tertinggal 1 angka dari lawannya, The Citizens tetap menguasai bola walaupun kesulitan untuk memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan.

Pada menit ke34, Haaland melewatkan sebuah kesempatan emas yang hanya berbuah menjadi save bagi kiper The Reds.

Babak pertama ajang Community Shield 2022 itu ditutup dengan angka 1-0 bagi keunggulan Liverpool.

Babak Kedua Pertandingan

Liverpool juara Community Shield 2022
Liverpool juara Community Shield 2022

Memasuki 1 jam pertandingan berjalan, City mengganti Grealish dan Mahrez dengan Julian Alvarez dan Phil Foden. Keputusan Pep Guardiola itu membuahkan gol bagi skuad The Citizens pada menit ke-72.

Sayangnya Liverpool berhasil membalikkan keadaan pada saat laga tersisa 10 menit saja. Handball dari Ruben Dias membuat The Reds mendapatkan penalti yang berbuah gol karena jasa Salah.

Skor pertandingan makin sempurna bagi skuad asuhan Jurgen Klopp setelah Nunez berhasil menambah angka. Nunez menyundul umpan Mo Salah dari kotak penalti dan membuat Ederson terperdaya.

Kala wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga, Liverpool unggul dengan skor 3-1 atas Manchester City dan menjadi juata Community Shield 2022.