FC Barcelona v CA Osasuna - La Liga

Liga Spanyol musim ini menjadi periode yang berat bagi Barcelona sehingga mereka harus tertatih-tatih menjalani sisa laga. Meski begitu, Blaugrana masih belum mau menyerah dan meyakini bila mereka bisa menjadi juara di akhir musim ini.

Delapan laga sudah dijalani skuad Ronald Koeman dengan perjuangan keras, tetapi hasil akhir untuk mereka masih di luar prediksi. Tim mereka baru memenangkan laga sebanyak tiga kali dari total pertandingan. Dua pertandingan berakhir imbang sedangkan tiga pertandingan berakhir dengan kekalahan.

Laga terbaru mereka dengan Atletico Madrid berakhir dengan kekalahan sehingga Lionel Messi bersama kawan satu timnya harus berada di posisi 12 klasemen sementara LaLiga. Barca memang masih memiliki optimisme tinggi, tetapi mereka sadar jika jalan yang perlu dilalui masih cukup panjang, terlebih dengan permasalahan di tim saat ini.

Permasalahan Cedera Pemain Mulai Membebani Barcelona

Ronald Koeman mulai menjadi manajer dan melatih skuad Barca di musim ini. Ronald didatangkan untuk mengganti posisi Quique Setien di Camp Nou. Barca memiliki harapan tinggi dengan kehadiran pelatih asal Belanda itu untuk memulihkan performa tim mengingat skuad Lionel Messi sudah babak belur musim lalu.

Harapan tinggi tersebut seakan dipatahkan dengan perjalanan Barca di musim ini karena nyatanya penampilan mereka terhitung kurang memuaskan. Perjalanan tim Blaugrana tidak semudah yang dibayangkan mengingat banyaknya permasalahan yang dihadapinya. Mulai dari permasalahan pemotongan gaji akibat dampak Covid-19 hingga kekacauan di tubuh Klub Blaugrana.

Permasalahan utama Barcelona adalah beberapa pemain sebagai ujung tombak klub mengalami cedera. Yang paling menyakitkan ketika Gerard Pique dan Sergi Roberto tidak akan bisa turun ke lapangan selama beberapa waktu. Kedua pemain ini mengalami cedera dalam pertandingan kontra Atletico Madrid.

Komposisi bek tengah Barca benar-benar kacau karena saat ini hanya Clament Lenglet yang masih mampu bertanding dengan tubuh fit. Pique menderita cedera ligament anterior di bagian lutut sebelah kanan sehingga posisinya di bek tengah harus digantikan oleh Frenkie de Jong.

Berbeda dengan Pique, Sergi Roberto mengalami cedera hamstring dan membuatnya harus beristirahat selama dua bulan untuk memulihkan keadaan. Sedangkan Pique harus absen paling tidak tiga sampai lima bulan lamanya. Akibatnya, Sergio Dest diandalkan untuk mengamankan posisi bek kanan menggantikan kedua pemain ini.

Barca akan kehilangan Ansu Fati selama empat bulan karena penyerang asal Spanyol itu baru usai menjalani operasi. Ansu Fati butuh waktu untuk memulihkan diri setelah operasi awal bulan lalu. Selain itu, Sergio Busquets turut absen dan tidak bisa turun ke lapangan melawan Atletico.

Performa Makin Buruk Hingga Masalah Finansial

Banyak pihak dikecewakan dengan penampilan Barcelona selama mengikuti beberapa pertandingan LaLiga musim ini. Daripada mendulang poin untuk meraih posisi tertinggi di klasemen, Lionel Messi dan kawan-kawan lebih sering kehilangan poin. Hingga kini, mereka hanya mampu mengumpulkan 11 poin dari 24 poin yang seharusnya bisa diraih musim ini.

Dengan perolehan poin itu, mereka tertinggal 12 poin dari Real Sociedad yang kini memimpin klasemen sementara. Real Sociedad bertengger nyaman di posisi puncak dengan 23 poin yang berhasil mereka kumpulkan dari 10 laga. Hasil ini menunjukkan bahwa Barcelona telah mengulang catatan buruk 29 tahun lalu.

Selain permasalahan performa tim, Barca memiliki beban berat karena tanggungan gaji yang perlu dibayarkan untuk semua anggotanya. Mereka harus berpikir keras untuk melakukan pengurangan gaji sebesar 190 juta euro. Satu solusi sudah disarankan oleh dewan, yaitu dengan memotong gaji selama beberapa minggu.

Akan tetapi, solusi terbaik belum juga disepakati. Permasalahan yang datang bertubi-tubi ini terjadi sebelum pelaksanaan pemilihan presiden pada bulan Januari. Barcelona kini sedang berada dalam kondisi krisis. Usaha manajemen Barcelona untuk meremajakan klubnya dengan mendatangkan Ronald Koeman nyatanya tidak berjalan mulus.

Sejak hari pertama kedatangannya, justru Barca dilanda beberapa masalah. Klub Barcelona tidak dapat menemukan kestabilan saat ini. Beberapa masalah, mulai dari krisis pemain akibat cedera hingga masalah finansial justru membuat performa tim mereka kurang maksimal di lapangan.

Skuad Ronald Koeman harus bekerja keras untuk bisa merangkak naik dari posisi 12 dengan menambah pundi-pundi poin di laga selanjutnya. Permasalahan-permasalahan ini dikhawatirkan akan membuat peluang mereka untuk mempertahankan La Pulga musim panas mendatang menjadi sirna.