Menengok Persiapan Timnas Indonesia Menjelang Piala Asia 2023
Menengok Persiapan Timnas Indonesia Menjelang Piala Asia 2023

Pada putaran ketiga kualifikasi untuk ajang Piala Asia tahun 2023, Tim Nasional Indonesia berada di grup A. Nantinya Timnas Indonesia tersebut akan bersaing dengan Nepal, Kuwait dan juga Yordania.

Di dalam laga perdana tersebut Tim Nasional Indonesia akan berhadapan langsung dengan Kuwait yang merupakan tuan rumah. Pertandingan ini akan dilangsungkan di stadion internasional Jabel Al-Achmad yang berada di Kota Kuwait.

Persiapan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sudah tiba di Kuwait pada tanggal 5 Juni 2022 lalu. Saat ini Timnas tersebut langsung melakukan sesi latihan agar bisa memulihkan kondisi badan setelah lelah menjalani perjalanan dari Indonesia. Namun setelah itu tensi latihan yang akan diberikan akan mulai ditingkatkan.

Hal tersebut memang dirasa perlu dilakukan agar nantinya anggota Timnas bisa beradaptasi secara cepat dengan cuaca panas di Kuwait. Cuaca di Kuwait sendiri sebenarnya memang hampir sama seperti di Negara Indonesia, hanya saja di sana memang sedikit lebih panas.

Dalam segi peringkat FIFA, Kuwait sebenarnya di sini mempunyai peringkat yang berada tak jauh, mereka menempati posisi ke 146 sedangkan Tim Nasional Indonesia sendiri menempati posisi ke 159.

Tapi meski begitu status sebagai tuan rumah akan sedikit menguntungkan bagi Kuwait. Karena di sini mereka nantinya bisa berlaga dengan dukungan penuh dari suporter negara sendiri. Namun meski begitu Timnas Indonesia harus tetap fokus dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa memenangkan babak kualifikasi tersebut.

Persiapan mental dan juga fisik merupakan dua hal yang harus dilakukan agar bisa bermain secara maksimal. Shin Tae-yong selaku pelatih Tim Nasional Indonesia menginginkan agar tim asuhannya tersebut mampu melakukan proses adaptasi dengan lebih cepat, terutama untuk kondisi cuaca yang ada di negara tersebut.

Saat ini timur tengah memasuki musim panas, sehingga suhu di negara tersebut ketika pagi hari sudah mencapai 40 derajat celcius. Sekalipun menghadapi suhu yang sangat panas ini serta kelelahan setelah perjalanan jauh, Timnas Indonesia masih harus menjalani program-program latihan yang diberikan oleh pelatih.

Dengan latihan tersebut tentu akan membuat fisik dan mental dari para pemain akan kembali pulih. Sehingga ketika pertandingan tiba anggota dari Timnas Indonesia sudah sangat siap untuk bertanding dan melawan musuh di ajang kualifikasi ini.

Piala Asia tahun 2023 ini merupakan ajang yang memang sangat dinanti, terlebih orang masyarakat Indonesia. Karena dengan mengikuti ajang tersebut, maka di sini Indonesia bisa menunjukkan kualitas Timnas yang dimiliki. Karena itulah, untuk menyambut ajang tersebut memang Indonesia sudah mempersiapkan para pemainnya dengan sebaik mungkin.

Berikut ini adalah jadwal grup A kualifikasi piala Asia tahun 2023

Tanggal 8 Juni 2022

  • Timnas Kuwait vs Timnas Indonesia
  • Kick-off: 23.15 WIB
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium

Tanggal 12 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Yordani
  • Kick-off: 02.15 WIB
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium

Tanggal 15 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Nepal
  • Kick-off: 02.15 WIB
  • Jaber Al-Ahmad International Stadium

Sedangkan susunan anggota Timnas Indonesia antara lain yaitu:

Kiper: Muhammad Adisatryo, Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna

Gelandang: Marc Klok, Lilipaly, Syahrian Abimanyu, Terens Puhiri, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Kambuaya, Saddil Ramdani

Bek: Rizky Ridho, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Koko Ari, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Edo Febriansah dan Fachruddin Aryanto

Penyerang: Muhammad Rafli, Dimas Drajad dan Irfan Jaya