Ronaldo
Ronaldo

Kita tahu bahwa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua sosok pemain sepakbola terbaik dunia. Herna Crespo juga mengakui bahwa CR7 dan Messi adalah dia sosok yang amat berkualitas, meski demikian kedua pemain tersebut tetap tak bisa sepadan dengan Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Dalam kurun waktu 12 tahun terakhir kita sama tahu bahwa sosok Messi dan Ronaldo adalah sosok yang amat mendominasi dunia sepakbola. Baik bintang Barcelona maupun Juventus tersebut keduanya sejak 2008 saling bergantian posisi menjadi yang terbaik. Seluruh penggemar sepakbola seluruh dunia rasanya sepakat jika dikatakan Ronaldo dan Messi adalah ikon sepakbola dunia.

Salah satu tolak ukur pemain terbaik dunia adalah Ballon d’Or, jika melihat hal tersebut kita tahu bahwa sosok Ronaldo kini telah meraih gelar tersebut sebanyak 5 kali, dan Messi kini telah memiliki 6 gelar Ballon d’Or. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan pemain-pemain lainnya.

Disisi lain Ronaldo Luis Nazario de Lima yang sempat digadang-gadang pemain terbaik pada masanya justru hanya mengoleksi 2 gelar Ballon d’Or. Namun demikian Herman Crespo mengklaim bahwa hingga kini kualitas dari Ronaldo Brasil tersebut hingga kini belum ada yang mampu menandinginya.

Messi dan Ronaldo Memiliki Kesempatan Saling Beri Dorongan

Meskipun menjadi dua pemain terbaik dunia, namun Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi keduanya hingga kini belum pernah bermain di satu klub yang sama. Keadaan tersebut juga dinilai menjadi salah satu motivasi masing-masing untuk saling memberikan dorongan. Disisi lain Ronaldo Luis melakukan hal tersebut sendirian.

Pada masa itu Roanldo Luis Nazario de Lima tidak memiliki rival atau pemain lain yang mampu membuatnya termotivasi. Namun demikian, ia tetap menunjukan karir yang gemilang dan hal tersebutlah yang hingga saat ini belum mampu disamai oleh pemain yang masih aktif hingga saat ini.

“Bisa diaktakan bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mereka memiliki keberuntungan karena bisa saling mendorong, sehingga membuat satu sama lain memberikan kesempatan untuk jadi yang terbaik di sepanjang waktu, namun Ronaldo pada era saya tidak demikian” tutur mantan pemain yang pernah berseragam Chelsea tersebut.

“Kala itu mungkin bisa dikatakan bahwa kami memang tidak memberikannya motivasi, sehingga membuatnya terus menaikkan standartnya. Hingga kini tidak ada yang berhasil menyamai Ronaldo karena kemampuan pergerakannya yang indah, serta kreativitas miliknya yang membuat dirinya selalu mampu lolos dari bek. Semua itu tidak bisa disamai” tambahnya.

Ronaldo Bekerja Keras Namun Tidak Mampu Samai Fenomo

Crespo tidak memungkiri bahwa sosok Cristiano Ronaldo adalah sosok yang amat bekerja keras. Tentang gemilang karirnya saat ini juga jelas tidak diragukan lagi oleh mantan pemain Inter Milan tersebut. Meski demikian menurutnya hingga saat ini kerja keras CR7 belumlah mampu menandingi seorang Ronaldo Brasil.

“Saya merasa bahwa sosok Cristiano ronaldo hingga kini menciptakan karirnya dengan kerja keras yang amat besar. Namun demikian dirinya tidaklah memiliki kreativitas yang dimiliki oleh sosok II Fenomo dulu,” imbuh Crespo dalam kesempatan wawancara bersama Sky Sport Italia. Dan itulah sederet alasan mengapa CR7 dan Messi tak bisa samai Ronaldo Brasil.

Perjalanan Karir Ronaldo Brasil

Bagi Anda yang belum terlalu mengenal sosok Ronaldo Brasil dalam kesempatan ini kami akan membahas sedikit tentang sepak terjang karirnya. Ronaldo mulai mengawali karirnya pada musim 1993/1994, kala itu ia bergabung dengan Cruzeiro, namun ia hanya bertahan satu musim disini. Setelahnya ia berangkat ke Eropa dengan bergabung bersama PSV.

2 musim memperkuat PSV lalu ia direkrut oleh Barcelona, dan lagi-lagi keberadaanya di Barca juga tidak lama, ia hanya bertahan selama 1 musim saja. Hengkang dari Barcelona, Ronaldo di pinang oleh Inter Milan. Dari Milan Ronaldo merapat ke Real Madrid pada tahun 2002 sampai tahun 2007.

Pada musim selanjutnya Ronaldo kembali ke Serie A, bergabung dengan AC Milan, dan kemudian gantung sepatu di Corinthians. Sepanjang karirnya Ronaldo menunjukkan penampilan apik dan selalu memenangi gelar juara bersama klubnya, total ada 13 gelar juara dari klub yang dibelanya, dan ia juga berhasil mencapai 2 gelar juara Piala Dunia untuk Brasil.