Meski Kalah, Liverpool Tetap Lolos ke Babak Selanjutnya Liga Champions

Liverpool memastikan langkah untuk lolos ke babak perdelapan final Liga Champions Eropa meskipun harus menelan kekalahan dari Inter Milan dengan skor 0 – 1. Hal tersebut disebabkan karena hasil agregat gol masih unggul liverpool dengan skor 2 – 1.

Sehingga, Inter Milan harus tereliminasi dari gelaran Liga Champions Eropa 2021/2022. Secara statistik pertandingan, kedua tim bermain sangat terbuka. Sehingga, keduanya memperoleh peluang cukup terbuka.

Bahkan, Liverpool memiliki peluang untuk mencetak gol andai sundulan Joel Matip tidak mengenai mistar gawang. Petaka bagi Inter Milan. Sebab, di menit ke 60, Manuel Lahoz menghukum Alexis Sanchez dengan kartu kuning kedua atau kartu merah setelah menerjang kaki Fabinho.

Dengan kemenangan yang diperoleh oleh Inter Milan, maka catatan apik dari Liverpool tentu terhenti. Ya, Liverpool memang belum pernah menelan kekalahan di Anfield Stadium sejak tahun lalu. Terakhir, Liverpool menelan kekalahan di kandang saat menjamu Fulham di lanjutan Liga Premier Inggris.

Highlight Jalannya Pertandingan Antara Liverpool Melawan Inter Milan

Simone Inzaghi tentu paham betul bahwa timnya membutuhkan tiga gol untuk lolos ke babak selanjutnya. Memang bukan misi yang mudah, namun Inzaghi tetap optimis bahwa anak asuhnya dapat memenangkan pertandingan.

Sejak awal, Inter Milan turun dengan kekuatan penuh yang bertumpu pada Alexis Sanchez dan Lautaro Martinez. Tentu saja, Simone Inzaghi menggunakan formasi 3 – 5 – 2 yang menjadi andalannya.

Sementara itu, Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool tentu telah mengantisipasi permainan dari Inter Milan. Klopp menggunakan formasi 4 – 3 – 3 yang menjadi andalannya. Hanya saja, dewi fortuna belum berpihak kepada Liverpool.

Tercatat, Liverpool berhasil mendapat 3 peluang emas yang mengenai mistar gawang. Ketiga peluang tersebut diperoleh Mohamed Salah dan Joel Matip. Petaka bagi Liverpool terjadi di menit ke 61.

Joel Matip melakukan kesalahan saat melakukan umpan. Bola berhasil diteruskan ke Lautaro Martinez. Pemain asal Argentina ini kemudian melepaskan tembakan first time ke gawang yang dijaga oleh Alisson Becker.

Skor berubah menjadi 0 – 1. Naas bagi Inter Milan. Dalam kondisi unggul, mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Alexis Sanches diganjar kartu kuning kedua oleh Manuel Lahoz karena mengganjal Fabinho.

Meskipun bermain dengan 10 orang, namun Inter Milan tetap menekan Liverpool untuk mencari gol penyama agregat. Akan tetapi, koordinasi permainan yang kurang rapi membuat Jordan Henderson dan kawan – kawan dapat meredam serangan La Beneamata.

Hingga akhir pertandingan, Liverpool gagal mencetak gol ke gawang Inter Milan. Skor akhir 0 – 1 untuk kemenangan Inter Milan. Meskipun menang, Liverpool tetap lolos ke babak perdelapan final Liga Champions Eropa di musim 2021/2022.

Hasil Statistik Pertandingan Antara Liverpool Melawan Inter Milan

Dilihat dari statistik pertandingan, tentu Liverpool sangat mendominasi permainan dibandingkan dengan Inter Milan. Tercatat, Liverpool berhasil melepaskan 12 tendangan dan 2 diantaranya mengarah ke gawang Inter Milan.

Sedangkan, Inter Milan berhasil mencatatkan 6 tendangan dan 3 diantaranya mengarah ke gawang. Dari segi persentase penguasaan bola, Liverpool sangat dominan dengan 63% dibandingkan dengan Inter Milan yang hanya menguasai 37% ball possession.

Hanya saja, serangan – serangan Liverpool dapat dengan mudah dipatahkan oleh Alessandro Bastoni dan kawan – kawan. Akibatnya, Liverpool mengalami kebuntuan. Akibatnya, Liverpool harus menelan kekalahan dengan skor 0 – 1.

Meskipun harus mengakui keunggulan Inter Milan, Liverpool tetap lolos ke babak selanjutnya karena unggul agregat gol. Memang, di leg pertama Liverpool sukses mempecundangi Inter Milan dengan skor 2 – 0. Alhasil, Liverpool tetap lolos ke perdelapan final dengan skor agregat 2 – 1.