MU Optimis Bakal Masuk 4 Besar pada Akhir Musim
MU Optimis Bakal Masuk 4 Besar pada Akhir Musim

Perburuan gelar juara Liga Inggris sudah hampir pasti akan dimenangkan oleh Liverpool. Pasalnya hingga pekan ke 29, Liverpool hanya pernah menelan sekali kalah dan sekali imbang dengan koleksi 82 poin. Ini membuat satu kelai kemenangan lagi Liverpool bisa mengunci gelar juara yang sudah lama dinantikan.

Kondisi ini membuat United sudah pasrah akan perburuan gelar dan hanya membidik zona Liga Champions pada musim mendatang. Kini United masih berada pada posisi 5 klasemen dan sangat berpeluang untuk menerobos pada 4 besar papan klasemen jika setiap laga dilakoni dengan maksimal.

Beberapa pemain juga optimis jika MU bisa mewujudkan harapan tersebut lantaran hingga kini United hanya berjarak 3 angka dari Chelsea di posisi 4. Praktis ini akan menjadi pertandingan yang menarik setelah dalam beberapa tahun terakhir United selalu menjadi bahan tertawaan setelah era Ferguson berakhir.

Berjuang di Posisi 5 Klasemen

Hingga pekan ke 29, United masih berada pada posisi 5 klasemen hasil dari 12 kemenangan, 9 hasil imbang dan sisanya 8 kali kalah. Dari hasil tersebut, United berhasil mengumpulkan 45 poin dan hanya berjarak 3 angka saja dari posisi 4, Chelsea.

Persaingan papan tengah memang masih sangat sengit lantaran tidak ada perbedaan angka yang cukup signifikan antar tim. Bahkan jarak antara posisi 4 yang dipegang oleh Chelsea hanya berjarak 9 poin saja dari peringkat 10 yang dipegang oleh Burnley. Ini jelas memberikan tekanan pada United.

Persaingan merebutkan zona Liga Champions akan lebih sengit karena hanya posisi 4 klasemen yang masih bisa dicapai dengan realistis. United jelas menginginkan bermain kembali di Liga Champions setelah beberapa musim hanya bisa bermain di zona liga malam jum’at karena turunnya performa United.

Keyakinan United untuk Meraih Posisi 4 Besar

Jarak yang hanya 3 poin dari Chelsea semakin menguatkan keyakinan beberapa pemain bahwa di akhir musim bisa mengudeta posisi 4 besar. Penyerang muda United, Rashford yakin bahwa di akhir musim posisi 4 besar bakal diambil alih oleh United karena jika dihitung, peluang tersebut masih ada.

Beberapa legenda United juga memiliki keyakinan yang sama. Scholes mengatakan bahwa saat ini United memiliki performa yang baik sehingga kemungkinan-kemungkinan tersebut masih tetap ada. Apalagi dengan tambahan pemain berbakat seperti Miguere yang memperkuat lini belakang maka gawang United akan tetap aman.

Bahkan Rio Ferdinand juga mengatakan hal yang sama dengan Shcoles. Meskipun pada musim ini menurutnya United kesulitan menjaga konsistensi, namun melihat permainan United akhir-akhir ini, tidak menutup kemungkinan bahwa di akhir musim posisi 4 besar bisa diambil alih jika tetap menjaga permainan.

MU Optimis Bakal Masuk 4 Besar pada Akhir Musim
MU Optimis Bakal Masuk 4 Besar pada Akhir Musim

Hasil dari Lima Laga Terakhir

Performa United sendiri dalam 5 laga terakhir di Liga Inggris menunjukkan konsistensi. Dari 5 laga tersebut United selalu memtik angka dengan 2 kali imbang dan 3 kali memetik poin penuh. Ini menunjukkan bahwa United sudah siap bersaing merebutkan posisi 4 besar dengan Chelsea.

Selain itu, kekompakan tim dalam meraih poin di setiap pertandingan juga menjadi senjata andalan United. Apalagi saat ini United memiliki beberapa pemain muda berbakat seperti Rashford. Sedangkan di lini belakang, Miguere menjadi tumpuan tim demi menghadang serang dari tim lawan.

Rashford juga kini sudah mengoleksi 14 gol dan berdiri sebagai jajaran top skor di Liga Inggris. Ketajaman Rashford diprediksi akan tetap diandalkan oleh Solkjaer guna menghadapi sisa laga musim ini. Selain itu, Solkjaer juga berencana menyiapkan taktik demi meraih poin penuh di semua laga sisa.

Sisa Laga Akhir Musim

Pada sisa laga mendatang, nyatanya United akan melakoni 2 laga penting, yaitu di pekan ke 30 dan 31. Pekan ke 30 akan mempertemukan United dengan Tottenham dimana keduanya hanya berjarak 4 poin saja. Bentrokan keduanya diprediksi akan sangat sengit mengingat Tottenham dilatih oleh Mourinho.

Sedangkan pada pekan ke 31, United akan melawan Sheffield dan diprediksi persaingan menuju zona Liga Champions akan lebih sengit. Apalagi mengingat keduanya hanya berjarak 2 angka saja di papan klasemen. Keduanya berpeluang besar bermain di Liga Champions musim depan, apalagi jika City benar terkena hukuman.