Pandemi dan Laga Liga Inggris Kembali ke Lapangan Hijau
Pandemi dan Laga Liga Inggris Kembali ke Lapangan Hijau

Kabar baik datang dari keputusan pemangku kepentingan dari Premier League. Dilansir melalui akun Twitter resmi dari Premier League, mereka mengumumkan akan melanjutkan pertandingan musim 2019/2020. Tanggal 17 Juni 2020 menjadi hasil kesepakatan bersama setelah diadakannya pertemuan darurat antara klub-klub dan pemangku kepentingan Premier League.

Hal tersebut mengingat perlunya mengutamakan keselamatan di tengah pandemi ini. Meski ini menjadi kabar yang baik, namun beberapa pemain ada yang menolak untuk kembali berlatih. N’Golo Kante, sang gelandang Chelsea menyebutkan alasan kesehatan menjadi salah satu kendalanya, ia khawatir semakin rentan terinfeksi Covid-19.

Penolakan juga datang dari Watford, dipimpin oleh sang kapten Troy Deeney, karena satu rekannya dan dua staf telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hal tersebut yang menyebabkan lambatnya Premier League dalam bergerak, dibandingkan dengan liga-liga lainnya.

Situasi tersebut tak berlangsung lama dan dapat diatasi. Para pemain kini telah bersedia terjun kembali ke lapangan hijau dengan menerapkan protokol yang ketat. Diharapkan para pemain tetap mengobarkan semangatnya. Konsekuensi dari terselenggaranya pertandingan musim ini yaitu dapat dipastikan pertandingan akan terselenggara tanpa adanya penonton.

Mouriho Tetap Siap Berlaga

Manager Tottenham Hotspur, Jose Mouriho menuturkan bahwa ia tetap meenghormati situasi yang ada. Ia menginginkan timnya tetap dalam keadaan yang sehat dan tidak menggelontorkan banyak uang dengan adanya situasi ini di dunia sepakbola.

Klub-klub di Liga Inggris sendiri pada musim panas lalu telah mengucurkan dana sebesar 1,4 miliar paunsterling yang digunakan untuk biaya transfer. Namun Mouriho menyatakan siap membawa klubnya kembali ke lapangan hijau untuk melanjutkan Liga Inggris.

Ia siap membenahi manajemen terkait kebutuhan ekonomi di masa pandemi ini. Menurutnya, kesuksesan di liga-liga sebelumnya seperti Bundesliga menambah keyakinannya untuk membawa sang klub merumput kembali.

Pandemi dan Laga Liga Inggris Kembali ke Lapangan Hijau
Pandemi dan Laga Liga Inggris Kembali ke Lapangan Hijau

Duel Laga yang Dinanti

Duel antara Aston Villa vs Sheffield dan Manchester City vs Arsenal akan menjadi pembuka liga pada Rabu, 17 Juni 2020 yang kemudian disusul dengan duel-duel laga selanjutnya. Dua laga tersebut sempat mengalami penundaan karena final Piala Liga.  Berikut ini adalah daftar pertandingan hingga minggu ke 33.

Minggu ke-28

17 Juni – Aston Villa vs Sheffield United

17 Juni – Manchester City vs Arsenal

Minggu ke-30

Aston Villa vs Chelsea

Bournemouth vs Crystal Palace

Brighton and Hove Albion vs Arsenal

Everton vs Liverpool

Manchester City vs Burnley

Newcastle United vs Sheffield United

Norwich City vs Southampton

Tottenham Hotspur vs Manchester United

Watford vs Leicester City

West Ham United vs Wolverhampton Wanderers

Minggu ke-31

Burnley vs Watford

Chelsea vs Manchester City

Leicester City vs Brighton and Hove Albion

Liverpool vs Crystal Palace

Manchester United vs Sheffield United

Newcastle United vs Aston Villa

Norwich City vs Everton

Southampton vs Arsenal

Tottenham Hotspur vs West Ham United

Wolverhampton Wanderers vs Bournemouth

Minggu ke-32

Arsenal vs Norwich City

Aston Villa vs Wolverhampton Wanderers

Bournemouth vs Newcastle United

Brighton and Hove Albion vs Manchester United

Crystal Palace vs Burnley

Everton vs Leicester City

Manchester City vs Liverpool

Sheffield United vs Tottenham Hotspur

Watford vs Southampton

West Ham United vs Chelsea

Minggu ke-33

Burnley vs Sheffield United

Chelsea vs Watford

Leicester City vs Crystal Palace

Liverpool vs Aston Villa

Manchester United vs Bournemouth

Newcastle United vs West Ham United

Norwich City vs Brighton and Hove Albion

Southampton vs Manchester City

Tottenham Hotspur vs Everton

Wolverhampton Wanderers vs Arsenal

Kabar keberlanjutan laga Premier League ini disambut baik oleh Liverpool yang cukup menantikannya. Pasalnya, The Reds ini hanya membutuhkan dua kesempatan menang lagi untuk menyandang gelar juara musim ini. Jelas para pemujanya akan ikut menantikan duel mereka.

Pada kalasemen sementara, Liverpool unggul di posisi teratas dengan 82 poin yang kemudian disusul oleh Manchester City sebanyak 57 poin, Leichester 53 poin, Chelsea di posisi keempat dengan 48 poin, dan di peringkat kelima diduduki oleh Manchester United dengan 45 poin.

Selain Liverpool yang sedang membusungkan dada, duel sengit antara Leicester City dan MU patut dinantikan. Mereka akan beradu memperebutkan posisi empat besar pada musim ini. Premier League berharap pertandingan dapat diselesaikan pada 2 Agustus 2020, sehingga jadwal akan sangat padat.