5 Pelatih Dunia Yang Pernah Menangani Timnas Indonesia
Peter Withe

Pecinta bola harus tahu, pernah ada 5 pelatih dunia yang ternyata pernah bekerja sama dengan timnas Indonesia. Juru taktik papan atas ini melatih timnas karena di kala itu skuad garuda memang sedang jaya-jayanya, bahkan menjadi tim terkuat di Asia Tenggara.

Dari lima pelatih yang akan dibahas, beberapa diantaranya juga mempersembahkan piala untuk timnas Indonesia. Berikut adalah para pelatih dunia tersebut.

5 Pelatih Dunia yang Melatih di Indonesia

Ivan Toplak and Wiel Coerver
Ivan Toplak dan Wiel Coerver

Di masanya, timnas Indonesia pernah memiliki pelatih-pelatih handal dengan segudang prestasi. Berikut 5 pelatih tersebut diantaranya:

  1. Peter Withe 

Pelatih pertama adalah Peter Withe yang sebelumnya sukses menjadi pemain. Di eranya, ia pernah mengantarkan Aston Villa menjuarai Liga Champions pada tahun 1981-1982 dengan menumbangkan Bayern Munich dengan skor 1-0 di final.

Kerennya lagi, gol satu-satunya Aston Villa tersebut dicetak oleh Peter Withe. Tidak hanya sebagai pemain, karier kepelatihannya pun cukup baik. Ia membawa Thailand menjuarai Piala AFF di tahun 2000-2002.

Prestasi tersebut lah yang membuat Indonesia tertarik dan akhirnya bekerja sama di tahun 2004 sampai dengan 2007. Prestasi Peter bersama Indonesia adalah membawa skuat Indonesia masuk final Piala AFF tahun 2004.

  1. Wiel Coerver

Wiel Coerver pernah melatih timnas Indonesia di tahun 1975-1976. Sebelumnya, ia sempat melatih sejumlah klub Belanda, salah satunya adalah Feyenoord Rotterdam. Menjadi pelatih Feyenoord Lah, Wiel mampu meraih trofi Liga Belanda dan Liga Eropa di tahun 1973-1974.

Namun kiprahnya bersama Indonesia tidak bertahan lama, karena Wiel tidak bisa memberi banyak prestasi untuk skuad garuda. Ia hanya mampu membawa Timnas Indonesia menjadi finis ketiga pada Turnamen HUT Jakarta 1976.

  1. Wim Rijsbergen

Ketika masih menjadi pemain, Wim Rijsbergen dapat membantu Belanda menjadi runner-up di Piala Dunia 1974 dan 1978. Masih memiliki karir yang baik sebagai pemain, namun kepelatihan Wim Rijsbergen tidak secemerlang ketika menjadi pemain.

Adapun prestasi terbaiknya adalah ketika menjadi asisten Leo Beenhakker, dimana ia mampu membawa untuk pertama kalinya Trinidad & Tobago lolos ke Piala Dunia (2006).

Selain itu, ia juga pernah menjadi pelatih kepala tim yang sama di tahun 2006-2008, dan akhirnya menjadi pelatih timnas Indonesia pada tahun 2011.

Sangat disayangkan, karena Wim Rijsbergen gagal bersinar bersama timnas garuda. Sebab kala itu dualisme sedang mendera Indonesia, sehingga berpengaruh pada potensi squad garuda yang gagal dikeluarkan oleh Wim Rijsbergen.

  1. Antun Pogacnic

Antun Pogacnik adalah pelatih kelahiran Sarajevo, Bosnia-Herzegovina yang pernah mengukir sejarah dalam dunia per-bolaan.

Dimana ini pernah menangani sejumlah klub Eropa seperti Grasshoppers (Zurich) dan Partizan Belgrade (Serbia). Lalu karier bersama timnas Indonesia pernah terbentang selama 9 musim, yaitu sejak tahun 1954 hingga 1963.

Kala itu ia mampu membawa timnas Indonesia finis keempat di Asian Games tahun 1954, lalu perunggu di Asian Games 1958 bahkan lolos ke perempat final Olimpiade Melbourne tahun 1956.

Tidak hanya itu, ia juga beberapa kali membawa timnas Indonesia menjuarai turnamen di Malaysia, diantaranya Festival Merdeka pada tahun 1961-1962. Luar biasa!

  1. Ivan Toplak

Sekedar informasi, Ivan Toplak pernah menangani timnas Yugoslavia dari berbagai kelompok umur, bahkan beberapa diantaranya sudah senior. Tidak hanya itu, ternyata kepemimpinan Ivan Toplak mampu membawa tim nasional Yugoslavia U-23 meraih medali perunggu pada olimpiade 1984.

Sayangnya selama dua tahun menjadi pelatih timnas Indonesia, Ivan Toplak gagal memberikan trofi bagi tim merah putih ini. Prestasi terbaiknya hanya mampu membawa tim garuda finis keempat di SEA Games 1993.

Diatas adalah beberapa pelatih timnas Indonesia yang memiliki sejarah tersendiri. Hingga kini, prestasi yang pernah diraih bersama tentu menjadi sebuah kebanggaan untuk Tanah Air.