Pemain-pemain Timnas yang Cedera Demi Bela Merah Putih
Witan Sulaeman

Seperti yang kita tahu, banyak pemain sepak bola yang berakhir cedera di lapangan. Ini karena perjuangan keras mereka mampu meraih kesuksesan di ajang yang bergengsi.

Ya, cedera kerap menghantui para pemain ketika sedang menggiring bola. Itu pula yang dialami oleh pemain timnas Indonesia. Mereka rela berkorban demi membawa skuad garuda menuju kemenangan.

Para Pesepak Bola Indonesia yang Terluka Saat Membela Merah Putih

Mohammad Nasuha
Mohammad Nasuha di Piala AFF 2010

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada pesepak bolaIndonesia yang rela terluka demi merah putih. Diantaranya:

  1. Mohammad Nasuha

Pemain pertama adalah Mohammad Nasuha. Ia mengalami cedera ketika membela timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu. Kala itu, Indonesia melawan Filipina di leg pertama.

Muhammad Nasuha yang bermain sebagai full back berhasil bekerja dengan baik. Ia melakukan sejumlah aksi heroik yang memberikan hasil positif bagi timnya. Sayang seribu sayang, performa apiknya dirusak oleh serangan lawan.

Karenanya, Nasuha mengalami cedera di kepala. Meski terluka, pemain handal ini tetap menunjukkan sikap pantang menyerah. Ia terus bermain, meskipun dengan perban di kepalanya.

  1. Bagas Kaffa

Tidak berbeda jauh, Bagas Kaffa juga mengalami nasib yang sama seperti Mohammad Nasuha. Pemain muda ini mengalaminya ketika Indonesia melawan Thailand di Piala AFF U-19.

Kala itu Bagas terluka di pelipis setelah bertabrakan dengan rekan setimnya. Meski terluka, Bagas tetap main dan bersaing, tentunya dengan perban diatas kepalanya.

  1. Syahrian Abimanyu

Selanjutnya ada Syahrian Abimanyu yang sempat mengalami cedera serius hingga menghentikan karirnya pada November 2008 lalu. Tidak tanggung-tanggung, cedera yang dialami Syahrian adalah pecahnya ACL di lutut kanan.

Akibat cedera tersebut, pemain bola satu ini harus absen selama delapan bulan. Sangat disayangkan, kala itu ia baru saja melakoni debut bersama Madura United.

Setelah pulih, Abimanyu kembali bersinar di Madura United dan tampil baik sehingga ia dikontrak oleh Johor Darul Ta’zim dan sempat bermain di Liga Australia bersama Newcastle Jets.

  1. Hariono

Pemain timnas Indonesia yang rela cedera selanjutnya adalah Hariono. Pecinta bola pasti tahu, Hariono pernah cedera ketika membela timnas Indonesia melawan Palestina 2011 lalu.

Kala itu Hariono menampilkan permainan yang bagus. Bahkan ia mampu mencetak gol pada menit ke-65. Sangat disayangkan karena ia mengalami cedera ketika mencetak gol tersebut. Penyebabnya adalah tendangan keras dari pemain lawan hingga pelipisnya bocor.

  1. Witan Sulaeman

Di posisi selanjutnya ada Witan Sulaeman. Dirinya mengalami cedera ketika membela Timnas U-22 saat melawan Iran. Tidak bisa dipungkiri, dalam laga tersebut Witan mampu tampil apik sehingga kerap membahayakan pertahanan Iran.

Pada suatu kesempatan, pemain yang kini berada di FC Senica itu dilanggar keras oleh penjaga gawang Iran ketika ia bergerak cepat untuk menggiring bola ke gawang. Sangat disayangkan, Tekel keras dari kiper tersebut membuat Witan terjatuh dan merintih kesakitan.

  1. Zulham Zamrun

Pemain sayap yang pernah mewakili timnas Indonesia, Zulham Zamrun, juga mengalami cedera serius, tepatnya robek ligamen pada 2015. Akibat cedera tersebut, ia harus menepi selama satu tahun.

  1. Boaz Solossa

Terakhir, ada nama Boaz Solossa. Cedera yang terjadi cukup serius, dimana kakinya patah ketika membela timnas Indonesia melawan Hongkong pada 2017 lalu.

Kala itu, dalam laga persahabatan jelang Piala Asia 2007, Boaz Solossa mendapat pelanggaran keras dari pemain lawan. Parahnya, ia langsung mengalami patah kaki akibat serangan yang terjadi di menit ke-70.

Diatas adalah beberapa pemain yang pernah terluka demi mengharumkan nama Indonesia. Dengan kisah inspiratif ini, semoga persepakbolaan Indonesia terus mengalami perkembangan baik, dengan para pemain handal di dalamnya.