PSG Kebanjiran Sponsor Berkat Hadirkan Lionel Messi

Terhitung baru lima bulan Lionel Messi berada di Paris Saint Germain (PSG) dan belum begitu tampak efek yang luar biasa di lapangan. Akan tetapi, untuk PSG kehadiran sang bintang asal Argentina tersebut ternyata mendatangkan banyak sekali keuntungan.

Lionel Messi pun tergolong masih belum memberikan kontribusi yang luar biasa bagi PSG. Ia baru saja berhasil mencetak enam gol dan lima assist selama 16 kali laga untuk klubnya.

Namun, berbeda halnya di luar lapangan, mega bintang yang didatangkan dari Barcelona tersebut mampu membantu PSG mendapatkan 8 sponsor baru serta beberapa kontrak kerja sama sponsor lanjutan.

Bisa disimpulkan bahwa PSG pun sudah mulai memperoleh hasil ketika sukses merekrut Lionel Messi yang berlangsung selama musim panas lalu. Dana yang digelontorkan sebanyak 80 juta untuk kontrak dengan pemain setiap tahunnya.

‘’Peningkatan pendapatan yang kami peroleh selama 2021 sangatlah signifikan. Ini pun akan lebih dari 10 persen dan lebih banyak dari tahun sebelumnya,’’ jelas Marc Amstrong selaku Direktur Sponsorship PSG, kepada EFE.

‘’Lionel Messi tengah berada di puncak permainan terbaiknya selama Copa Amerika 2021 lalu, dan dia juga telah memperlihatkan performa bagus pada Liga Champions. Tetapi, ia tidak berjalan sendirian, namun bersamaan dengan Achraf Hakimi, Kylian Mbappe, serta Gianluigi Donnarumma,’’ tambahnya lagi.

PSG Memeroleh 8 Sponsor Baru

Jika berbicara tentang pendapatan di tahun 2020 lalu, PSG memeroleh sebanyak 235 juta euro dari penghasilan komersial, yang mana mewakili sebanyak 54 persen dari total pendapatan yang mereka raih. Angka tersebut mengalami kenaikan lagi di tahun 2021.

Semenjak perekrutan Lionel Messi pada 10 Agustus 2021, ada delapan mitra baru yang datang dan mencapai kesepakatan bersama PSG. Salah satunya adalah DIOR dan juga crypto.com.

Nike juga bakalan terus menyediakan berbagai macam perlengkapan untuk PSG hingga tahun 2032 dengan nilai sekitar 75 juta euro tiap tahunnya. Sementara itu, Coca Cola pun baru saja memperbaharui kerja sama sampai tahun 2024 mendatang, hal ini pun serupa dengan sejumlah sponsor lainnya.

‘’Pendapatan kami di tahun 2021 ini mengalami kenaikan yang signifikan, Angkanya pun lebih dari 10 persen bila dibandingkan dengan tahun 2020 lalu,’’ ungkap Direktur Sponsor PSG Marc Armstrong dilansir dari Marca.

‘’Lionel Messo dalam permainan terbaiknya terlihat sejak Copa Amerika dan ia pun telah menunjukkan performa terbaiknya selama Liga Champions. Tetapi, pastinya ia tidak sendirian, ada Achraf Hakimi, Kylian Mbappe, serta Gianluigi Donnarumma.’’

Followers akun sosial media PSG pun justru mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Semenjak kedatangan Lionel Messi, pengikut di akun sosial media PSG tercatat bertambah sebanyak 15 juta.

Sepanjang tahun 2021 pun, PSG sukses menjual lebih dari 1 juta jersey. Lionel Messi diprediksikan memiliki kontribusi pada kenaikan pendapatan PSG sebesar 30 hingga 40 persen.

Peningkatan Penjualan Jersey dan Sosial Media

PSG tengah mengalami peningkatan jumlah followers di akun sosial media sebanyak 15 juta pengikut semenjak kedatangan Lionel Messi. Hak siar untuk Ligue 1 juga tampak meningkat, sudah dijuak lebih murah dibandingkan sebelum kedatangan sang mega bintang tersebut.

Menurut sumber pasar yang telah dikonsultasikan oleh EFE, PSG pun mampu menjual lebih dari satu juta jersey untuk tahun 2021 lho, jumlah tersebut ternyata melebihi penjualan di tahun – tahun sebelumnya. Bahkan, diperkirakan sang pemain asal Argentina tersebut turut berkontribusi sebesar 30 sampai 40 untuk kenaikan pendapatan bagi PSG.