Rahasia Dapur Kesuksesan Liverpool di Liga Musim Ini

nonleaguezone.com – Liverpool adalah salah satu klub sepak bola ternama dunia dengan berbagai macam prestasi luar biasa. Sebut saja pada tahun 2018-2019, ia mampu menyabet trofi Piala Super Eropa serta Piala Dunia Klub. Tak tanggung-tanggung banyak prestasi yang dilibas dalam waktu bersamaan. Tentunya bukan hal mudah mendapatkan prestasi membanggakan itu semua.

Kesuksesan yang diperoleh oleh The Reds tahun ini tentunya karena ramuan apik sang pelatih Klopp. Namun, banyak juga yang berspekulasi jika kesuksesan Liverpool tahun ini dikarenakan kesuksesan dalam mengikuti resep milik Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson. Dua nama tersebut kiprahnya tak perlu lagi diragukan dalam dunia sepak bola.

Rahasia Penting Hasilkan Tim Hebat

Barnes, pemain Liverpool yang sudah arang melintang dalam lapangan hijau ini bahkan menyebutkan jika terdapat dua hal penting untuk menghasilkan tim tangguh dan hebat. Pertama, adalah memberikan kesempatan serta waktu kepada manajer atau pelatih dalam mengembangkan timnya. Sedangkan cara kedua dengan pemberian bantuan finansial dewan untuk mencari pemain berkualitas.

Cara tersebut bukan lagi menjadi rahasia publik. Pasalnya, dengan kerja keras manajer dalam mengolah tim akan dipastikan menghasilkan tim tangguh di lapangan. Contohnya saja Sir Alex Ferguson yang membutuhkan waktu cukup lama untuk menghasilkan kesuksesan Manchester United. Dia membutuhkan waktu 4 tahun untuk membawa Manchester United ke panggung kemenangan.

Hal yang sama juga harus dilakukan oleh Jurgen Klopp sang manager Liverpool. Tak hanya itu saja, Klopp juga mengolaborasikan manajemen tim dengan pembelian pemain-pemain tangguh dan hebat. Sebut saja Mohamed Salah, Alison Becker, hingga Virgil Van Djik yang siap memporakporandakan benteng pertahanan lawan.

Seperti yang disampakan oleh Barnes pada Senin (1/06/2020) jika dua cara tersebut adalah resep sukses milik Sir Alex Ferguson. Ferguson diberikan waktu penuh oleh Manchester United serta mendapatkan kepercayaan dan dukungan penuh dari tim dewan. Itulah sebabnya melalui tangannya mampu menghasilkan tim hebat kenamaan dunia.

Tak hanya lewat contoh Ferguson saja. Pasalnya, Mourinho pun telah membawa Chelsea sukses dengan dua rahasia tersebut. Seperti yang diketahui Mourinho sangat dihargai dengan trofi-trofi yang dihasilkan. Sebuah klub dapat sukses jika memberikan waktu penuh kepada manajer untuk mengolah sumber daya secara tepat demi membangun tim hebat.

Tak hanya itu saja, Barnes juga mengungkapkan jika pemain juga harus memahami peran penting manajer. Manajer adalah orang dengan tanggung jawab besar. Kekuatan pemain adalah tombak nyata sebuah klub. Tak heran banyak yang berasumsi jika pemain lebih penting daripada manajer dalam sebuah klub.

Rahasia Kesuksesan Liverpool Versi Jurgen Klopp

Tak dapat diragukan lagi karena Jurgen Klopp telah berhasil membawa Liverpool ke puncak kemenangan. Hal tersebut membuat Liverpool sebagai tim yang disegani di benua biru Eropa. Tak heran jika kemudian Klopp merasa senang. Namun, kemenangan sementara tersebut tak membuat Klopp melupakan impiannya untuk menjadikan Liverpool sebagai tim yang beridentitas.

Klopp menginginkan Liverpool dikenal oleh warga dunia berkat cara bermain yang ditunjukannya. Tak heran jika sejak awal permainan dengan Liverpool Klopp kerap menunjukkan cara bermain lengkap dengan filosofi bermain. Ia sendiri yakin dengan cara tersebut dapat membuat Liverpool semakin sukses bukan hanya sebatas angka saja.

Kini impian tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, Liverpool telah dikenal dengan cara bermain uniknya. Sebut saja dengan taktik Gegenpressing yang hanya dimiliki oleh Liverpool semata. Tak puas di situ saja, kerja keras Klopp juga telah membuahkan hasil berupa menaklukkan Liga Champions, Piala Dunia Klub, hingga Piala Super Eropa.

Klopp sendiri mengaku tak mempermasalahkan baju yang Liverpooll kenakan. Ia menyebutkan tim kesayangannya dapat disebut Liverpool jika melihat dengan cara bermain yang berbeda bukan atas baju identitas yang dikenakan semata. Itulah yang ia coba terapkan untuk membuat Liverpool sebagai tim kenamaan dan dikenal oleh warga dunia.

Kesuksesan Liverpool tentunya tak datang secara tiba-tiba. Ada usaha kerja keras yang terus diramu oleh Jurgen Klopp bersama pemain-pemain lainnya. Hingga akhirnya Liverpool dikenal sebagai tim tangguh dengan ciri khas gaya bermain dan gaya bertahan yang tak dimiliki oleh tim sepak bola lainnya di dunia.