Rui Patricio Alami Cedera Kepala dalam Laga Kontra Liverpool

Nuno Espirito Santo, Pelatih Wolverhampton Wanderers (Wolves), mengungkapkan bagaimana kondisi terkini Rui Patricio setelah mengalami cedera parah. Kiper Wolves itu mengalami insiden tabrakan dalam laga lanjutan Liga Inggris melawan Liverpool. Rui bertabrakan dengan rekan satu timnya sendiri, yaitu Conor Coady.

Pertandingan antara Wolves dan Liverpool digelar di Stadion Molineux pada hari Senin (15/03) atau pada Selasa dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan Liverpool 1-0. Rui Patricio mengalami insiden pada menit ke-86 dan segera ditandu keluar lapangan.

Insiden tersebut bermula ketika Rui berusaha menutup pergerakan yang dilakukan penyerang Liverpool, yaitu Mohamed Salah. Salah sedang dalam posisi mengejar bola ketika itu dari dalam kotak penalti Wolves. Bukan hanya Rui, Conor Coady dari sisi berlawanan juga berusaha menghalau bola itu.

Dari posisi itu, tragedy tabrakan antara Coady dan Rui Patricio tidak dapat dihindari. Patricio tidak dapat menghindar dan harus dihantam lutut Coady. Seketika dia terkapar di atas lapangan dan harus ditandu keluar karena tidak dapat melanjutkan pertandingan dan digantikan di menit ke-90+1.

Wolves Lakukan Pergantian Pemain Keempat

John Ruddy menggantikan posisi Patricio setelah dia mengalami cedera serius. Beruntung, Wolves masih bisa melakukan pergantian pemain yang keempat kalinya untuk tetap memperkuat tim dengan formasi utuh. Seperti diketahui bersama, dalam Liga Inggris 2020-2021, setiap tim hanya diperbolehkan melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali dalam kurun waktu normal 90 menit.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa terdapat aturan khusus tentang pergantian pemain jika pemain tersebut terlibat cedera kepala seperti kasus yang dialami Wolves. Aturan ini mulai diterapkan karena adanya tragedy yang melibatkan pemain Wolves juga dalam pertandingan 29 November 2020 tahun lalu.

Saat itu, Raul Jimenez mengalami insiden tabrakan dengan David Luiz dari Arsenal. Hingga saat ini, Jimenez masih belum pulih sepenuhnya dari cedera itu. Bahkan dalam pertandingan di stadion Molineux kemarin, dia hanya bisa menyaksikan dari tribun. Jimenez harus menjalani operasi karena dia menderita retak pada tengkorak.

Pertandingan Sempat Dihentikan untuk Menangani Patricio

Pertandingan Senin kemarin sempat dihentikan sementara karena staf medis yang menangani Patricio memakan waktu selama kurang lebih 15 menit. Akibatnya, ofisial menambahkan waktu selama tujuh menit sebagai perpanjangan waktu. Nuno Espirito Santo mengungkapkan bagaimana kondisi penjaga gawang timnya setelah pertandingan selesai.

Sang pelatih mengungkapkan bahwa penjaga gawang asal Portugal itu dalam keadaan baik-baik saja. Dikutip dari BBC Sport, Nuno mengatakan jika Rui sadar dan masih bisa mengingat apa yang baru saja terjadi. Dengan kondisi yang cukup positif ini, dia akan baik-baik saja.

Banyak orang merasa sangat khawatir dengan gagar otak karena dianggap sebagai hal yang sangat serius. Risiko ini memang selalu menghantui dan bisa terjadi dalam pertandingan sepak bola. Pihak Wolves sendiri akan tetap memantau keadaan kipernya agar bisa memberi tindakan yang sesuai. Hal pasti saat ini dia berada dalam penanganan yang tepat.

Beberapa pihak cukup prihatin dengan kondisi Rui, termasuk Jurgen Klopp. Klopp mengungkapkan bahwa pihak mereka mendoakan hal terbaik untuk perkembangan pemulihan Rui Patricio. Hal ini memang merupakan situasi mengerikan bagi Wolves dan kiper kebanggaannya ini.

Ketika insiden itu terjadi, Jurgen Klopp mengaku tidak melihat hal tersebut terjadi. Klopp hanya mampu melihat dampak yang terjadi dengan jelas, tetapi bukan detik-detik sang kiper tumbang. Klopp menyaksikan gol itu terjadi, namun kemudian bendera naik selang beberapa waktu.

Klopp cukup terkejut setelah melihat kiper itu tersungkur di lapangan. Mengenai insiden ini, Jurgen Klop bersama timnya mendoakan yang terbaik bagi sang kiper. Semoga proses pemulihan berjalan dengan lancar dan semua kembali seperti semula dan tetap terkendali.