Sebastian Haller Langsung Cetak 4 Gol di Debut UCL

Salah satu pemain Ajax Amsterdam, Sebastian Haller, pada malam tadi menjalani debutnya di Liga Champions. Tidak seperti kebanyakan pemain, Haller langsung mencetak 4 gol ke gawang Sporting Lisbon. Namun, Ajax dilarang untuk memakai jersey “Three Little Birds”

Seragam ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley telah menarik perhatian banyak orang. Jersey hitam dengan warna strip Merah, Hijau, dan Emas ini merupakan ilustrasi untuk menggambarkan Bob Marley, pencipta lagu Three Little Birds.

Jersey ini memiliki dampak yang sangat besar untuk dunia jersey karena memang, jersey ini sangat menarik. Juara liga Belanda ini bahkan menjual jersey ini secara eksklusif karena peminatnya yang sangat banyak serta semua elemen sangat menarik perhatian.

Namun sayangnya, ada satu hal yang membuat jersey ini memicu kontroversi. Hingga pada malam tadi, meskipun menjalani laga tandang, Ajax tidak diperbolehkan menggunakan jersey spesial tersebut. Namun di laga itu juga, Ajax berhasil unggul dengan skor 5-1 dari Lisbon.

Alasan UEFA Melarang Jersey Ketiga Ajax?

Ajax dan Adidas kini terpaksa harus sedikit mengubah desain mereka. Versi pertama sudah sangat menarik karena menampilkan tampilan yang elegan, sekaligus sangat menarik dengan warna merah, kuning, dan hijau dan dengan warna yang dominan adalah hitam.

Akan tetapi, di bagian bawah kerah belakang, ada logo 3 burung dengan warna yang sama juga dan ini memancing protes dari UEFA ke desain mereka. UEFA menganggap ini sebagai salah satu bentuk ekspresi, sementara tidak ada ekspresi yang boleh diletakkan di jersey.

Memang di peraturan peralatan bermain menurut UEFA, sesuatu itu dilarang jika di bagian zona kerah, ada sesuatu yang mengidentifikasikan ke produsen atau iklan. Memang aturan itu ada. Akan tetapi, Ajax tidak menganggap itu sebagai bentuk ekspresi apapun.

Ajax dan Adidas sudah menyepakati desain ini dan baru merilis di tahun ini. Namun sekarang, malah diperintahkan untuk mengganti desainnya secara minor. Padahal, simbol 3 burung itu memiliki arti lain dan cukup masuk akal juga untuk meletakkannya.

Logo 3 burung di bagian dekat leher itu bahkan merepresentasikan lagu Three Little Birds yang kini seakan telah menjadi lagu kebangsaan tim Ajax. Hampir di seluruh pertandingan, penonton akan selalu menyanyikan lagu tersebut.

Jersey ini baru saja diluncurkan pada bulan lalu dan telah berhasil mendapatkan banyak pujian. Dan ini menandakan bahwa Ajax tidak sembarangan dalam mengenalkan jerseynya. Hingga jersey ini bisa lebih laris 4 kali lipat dari jersey home maupun Away milik Ajax.

Ajax Menang 5-1 Dalam Laga Tandang

Liga Champions yang mulai tadi malam mengisahkan perjalanan Ajax yang cukup mulus. Bertandang ke stadion José Alvalade tidak membuat Ajax tampil bertahan. Bahkan salah satu pemain Ajax telah memasukkan 2 gol ke gawang Lisbon di 10 menit pertama.

Itu adalah Sebastian Haller, pemain 27 tahun yang pada tahun kemarin tidak dimasukkan namanya ke list pemain untuk liga Europa musim lalu karena lupa. Namun kini, ia berhasil menjadi salah satu striker paling tajam untuk Ajax yang berhasil mencetak 4 gol.

4 gol ini semua dilesatkan pada laga debutnya dia di Liga Champions. Gol juga ditambah oleh Steven Berghuis yang memantapkan skor menjadi 5-1. Dalam laga ini tentu saja sangat penting karena perjalanan Ajax masih jauh dan akan bertemu Dortmund dan Besiktas.

Liga Champions selalu menarik untuk ditunggu. Namun sayangnya, banyak yang harus kecewa setelah mengetahui jersey Ajax tidak dapat digunakan di Liga Champions. Untung saja kekecewaan itu dapat diobati dengan kemenangan 5-1 saat melawan Sporting Lisbon.